Ide Menu Sayuran - Part III

Friday, August 19, 2022

 

masakan rumahan

 Assalamu'alaikum, 

Hai Keluarga Indonesia, kembali lagi ke dapur, lanjut ya ke Ide Menu Sayuran bagian ketiga. 


sayur bayam

1. Sayur Bayam

Tim yang dalam seminggu pasti ada masak sayur bayem, mana suaranyaa? Sini sini yuk merapat. Pokoknya dalam seminggu, sayur bayem masuk dalam jajaran sayur yang pasti ada. Sama kaya sayur sop dan sayur asem. Aku kalo masak sayur bayem, cukup satu iket, maklum personilnya paket hemat alias sedikit. Nah, sayur bayem ini juga termasuk sayur yang bisa dimodifikasi macem-macem loh, ada yang ditambahin sama wortel, tomat, jagung muda, cabai merah iris atau telur puyuh rebus. Bumbu sayur bayem ala aku cuma pakai irisan bawang merah aja, kemudian tambahkan garam dan gula. 

Baca juga: Ide Menu Sayuran - Part I

 

sayur asem

2. Sayur Asem

Sebenarnya aku lumayan sering masak sayur asem, tapi pas lagi cari-cari fotonya, nggak ketemu yang mumpuni. Nah gambar di atas foto masak tadi malem, versi irit banget. Satu bungkus sayur asem dari tukang sayuran, aku ambil hanya sepertiga bagian. Soalnya takut nggak habis, masaknya hanya untuk makan malam. 

Masak sayur asem tuh cukup menantang. Menantang buat yang baru jadi ibu rumah tangga, kalau pas sebelum nikahnya belum terbiasa masak. Aku banget ini. Soalnya dulu selalu Mama yang masak. Pas sudah berkeluarga, waduh, ini mulainya dari mana. 

Dalam satu bungkus plastik sayur asem yang dijual oleh tukang sayur terdiri dari, labu siam utuh, sebonggol nangka muda, kacang panjang, daun melinjo, sedikit jagung, cabai hijau besar, melinjo, daun salam, laos dan juga buah asam. Jiahh pusing, harus diapain. Setelah belajar, baru deh paham. Intinya semua disiangi dengan ukuran yang ideal se-ideal masa depan kamu. Seperti labu dipotong kotak-kotak kecil, nangka dipotong menjadi beberapa bagian dan lain-lain. 

Lalu memasaknya direbus mulai dari sayur yang kepadatannya paling keras yaitu buah melinjo dan labu siam hingga yang paling lembut yaitu daun melinjo, dimasukkan paling akhir. Bumbu sayur asem ala aku adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, boleh dihaluskan atau cukup diiris, tambahkan asam, laos, terasi bakar, gula jawa serta garam. 



Tumis Buncis


tumis kacang panjang
Tumis Kacang Panjang

3. Tumis Buncis dan Tumis Kacang Panjang

Bagian terakhir aku gabung saja ya. Tumis buncis maupun tumis kacang panjang, keduanya sama-sama sayur yang mudah didapat bahannya sehari-hari. Untuk bumbunya juga sama, irisan bawang merah, bawang putih dan cabai merah yang ditumis dengan minyak, pastikan saat menumis, semua bumbu rata terendam minyak dan diaduk hingga harum, tetapi jangan sampai gosong. 

Selanjutnya masukkan bahan sayuran dan bumbu-bumbu pelengkap, tambahkan air secukupnya, dan berikan irisan tomat. Perbedaan kedua sayur di atas, tumis kacang panjang diberikan tambahan tempe dan tumis buncis diberikan tambahan jagung muda. 

*   *   *

Baca juga: Ide Menu Sayuran - Part II

Selesai sudah hingga part ketiga. Pada dasarnya bumbu-bumbu yang digunakan tidak jauh dari bawang merah, bawang putih dan cabai ya. Masak asalkan sudah menyediakan bahannya, Insya Allah tidak terlalu susah. Kalau bahannya pun belum siap sedia di rumah, bisa bikin makin mumet lagi mikirin mau masak apa. Lebih baik berbelanja dahulu satu hari sebelumnya. Semangat masak ibu-ibu, selamat mencoba para mamah-mamah muda ;). Semoga bermanfaat. Wassalam.


Love,

deravee

You Might Also Like

0 comments

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe