Cari Workshop atau Pelatihan Singkat? Cek 3 Akun Instagram Ini

Monday, October 17, 2022

 

kursus gratis jakarta

Assalamu'alaikum,

Hai Keluarga Indonesia, waktu Gavin mulai masuk SD, waktu rasanya jadi panjang banget. Nggak ada yang rusuh di rumah alias sepi karena Gavin masuk sekolah sejak pagi hingga setelah Dzuhur. Gabut ya? Dibilang gabut ya nggak juga sih. Wong selesainya Papi dan Gavin berangkat, rumah pasti acak-acakan, cucian piring dan baju numpuk, belum lagi harus masak. Eeh curhat. Ya begitulah, Subhanallah memang kesibukan seorang ibu rumah tangga. Nggak ada habisnya kalau diturutin. Itu pun saya juga dibantu oleh seorang asisten rumah tangga yang datang harian.

 

Nah, kejenuhan-kejenuhan pun mulai berdatangan, seperti paket di awal bulan, datangnya berturut-turut. Seperti yang saya bilang tadi, membereskan pekerjaan rumah tidak ada garis finish-nya. Saya berpikir, sayang sekali, saya masih ingin produktif untuk hal lain.

 

Mulai deh saya mencoba explore di instagram untuk mencari kursus-kursus singkat. Saat itu saya memang lebih condong untuk mencari kegiatan berupa pelatihan suatu keahlian selain kegiatan olahraga. Kemudian saya pun menemukan beberapa penyedia kursus masak, yang sudah saya buat juga artikelnya di blog ini. 

 

Baca juga: Daftar Tempat Kursus Masak Seputar Bekasi dan Jakarta Timur

 

Selain akun kursus masak, Alhamdulillah saya mendarat di beberapa akun penyedia berbagai pelatihan. Pelatihannya ada yang berupa offline maupun online. Satu pelatihan dalam satu atau dua hari dan dilaksanakan dalam beberapa jam.

 

Beberapa pelatihan memberikan kriteria tertentu sebagai syarat mendaftar sebagai peserta. Penemuan saya ini jauh terjadi sebelum pandemi, kalau sekarang sih, sudah banyak sekali ya yang menawarkan online workshop. Keren, semakin mudah dan terjangkau untuk menimba ilmu. Yuk lanjut disimak ya...

 

 

Daftar Akun Instagram Penyelenggara Workshop/Pelatihan singkat:

1. Jakarta Creative Hub 

Jakarta Creative Hub sebetulnya merupakan "Ruang Kerja Bersama atau Co-Working Space" yaitu ruang publik yang bisa digunakan siapa saja untuk bekerja selayaknya bekerja di kantor. Memiliki nama akun instagram @jakartacreativehub, JCH merupakan fasilitas milik pemerintah provinsi DKI Jakarta, yang berada di bawah naungan Dinas PPKUKM (Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah). 


Sebagai co-working space, Jakarta Creative Hub memiliki fasilitas berupa ruang kelas, ruang kantor bersama, ruang pelatihan, perpustakaan, ruang meeting dan juga kafe. Siapa saja boleh memanfaatkan JCH sebagai kantor sesuai aturan yang berlaku. Selain pemanfaatan kantor untuk publik, lalu JCH mengadakan berbagai workshop.  

kursus gratis jakarta

Workshop yang diadakan selalu di-publish secara rutin di instagram mereka ya. Teman-teman wajib rajin-rajin mengunjunginya. Semua informasi yang diberikan sangat jelas dan menarik. Pelatihan apa saja yang disediakan? Mulai dari craft atau kerajinan tangan, seputar fashion, digital marketing, design, public speaking dan banyak lainnya. 

Untuk persyaratan peserta, mohon teman-teman cek masing-masing. Pada catatan saya, sebagian workshop hanya dibuka untuk peserta dengan KTP DKI Jakarta saja. Pelatihannya diberikan secara gratis atau bebas biaya. Pokoknya banyak workshop yang seru-seru deh. Lokasi JCH berada di Grha Niaga Thamrin 1st Floor, Jl. Kebon Melati 5 No. 20, Jakarta Pusat.

jakarta creative hub

2. Mau Belajar Apa

Akun berikutnya adalah @maubelajarapa. Saya suka sekali tampilan IG-nya. Bagus, kualitas gambarnya HD (High Definition). Pelatihan yang disediakan juga beragam, online dan offline. Untuk pelatihan tatap muka langsung, umumnya memiliki lokasi yang berbeda serta bertempat di Jakarta. Pelatihan yang diadakan merupakan kerja sama antara Mau Belajar Apa dengan Sekolah atau Perkumpulan terkait. 

Kursus yang diberikan umumnya dikenakan biaya, mulai dari 50 ribu rupiah hingga beberapa ratus ribu. Besaran biaya tidak dicantumkan pada postingan. Admin akan memberitahukannya melalui DM (Direct Message) atau teman-teman bisa juga klik link yang tersemat pada story instagram. Link akan mengarah ke website www.maubelajarapa.com

mau belajar apa

mau belajar apa

Pada website tertera daftar lengkap kursus, lokasi serta biaya masing-masing. Berikut daftar kursus yang akan dan baru saja dilaksanakan:

- How to Build Your Own Self-care Kit (IG Live, 15 Okt 22)

- Melt & Pour Soap-Making Workshop (14 Okt 22)

- Mini Korean Bouquet Workshop (15 Okt 22)

- Cardio Dance Class (16 Okt 22)

- Fold, Take Away and Dine Dumpling Workshop (22 Okt 22)

- Zumba Class (22 Okt 22)

Aduh, menarik semuanya ya dan tentunya akan menambah ilmu, pengalaman serta kolega bagi para peserta. 

 

3. Tempo Institute

tips menulis

Menyalin dari instagramnya, Tempo Institute: Cara cerdas naik kelas, tempat pengembangan ilmu jurnalistik, komunikasi dan media pilihan Anda. Memiliki nama akun @tempo.institute. 

Akun yang satu ini memang mengkhususkan pada pengembangan keahlian menulis. Banyak sekali pelatihan seputar dunia jurnalistik, fotografi yang berkaitan dengan jurnalistik, ilmu SEO, konten kreatif, penulisan laporan dan lain-lain. Pada feed-nya, tidak hanya memberikan informasi seputar pelatihan tetapi juga banyak tips menarik tentang pengetahuan menulis.  Pelatihan yang diberikan umumnya online, ada yang gratis maupun berbayar. Pantengin saja timeline-nya agar tidak ketinggalan info serta tips kece yang diberikan.

 pelatihan jurnalistik murah

*      *      *

Demikian ketiga akun instagram penyedia workshop yang dapat saya bagikan. Semoga teman-teman pun dapat mengikutinya ya dan menemukan hobi yang sesuai dengan passion kalian. Terutama bagi teman-teman yang memiliki waktu luang. Bagus banget untuk mengisinya dengan kegiatan positif seperti ini. Insya Allah akan banyak sekali manfaat yang bisa didapat, seperti membuka wawasan baru, mendapatkan teman-teman baru, mengumpulkan berbagi ide inspiratif. Wah pokoknya jangan dilewatkan kesempatannya. Oke, udah dulu ya, sampai jumpa lagi dan semoga bermanfaat. Wassalam.


Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170322212620-277-202121/mengintip-jakarta-creative-hub

instagram: 

@jakartacreativehub, @maubelajarapa, @tempo.institute


Love,

deravee

You Might Also Like

0 comments

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe