Review IDN APP, Tingkatkan Kebiasaan Membaca Berita dengan Aplikasi Keren Kekinian

Wednesday, June 21, 2023

 

review aplikasi idn app

Assalamu'alaikum,

Hai Keluarga Indonesia, kembali bersama saya, Dewi membawakan "Sari Berita Penting", he he becanda. Siapa nih yang inget sama jargon tersebut, ketahuan deh angkatannya. Kalimat tadi biasa dibawakan penyiar di Radio Republik Indonesia atau RRI. RRI adalah jaringan radio tertua di Indonesia serta berstatus sebagai lembaga penyiaran publik (sumber: Wikipedia). Ceritanya nostalgia sedikit ke masa lalu.

Sebuah berita selain dari media radio bisa juga kita dapatkan melalui televisi, media cetak seperti koran dan majalah, atau internet lewat telepon selular (ponsel/hp) dan gawai lainnya. Dengan kemajuan teknologi, istilah sekarang membaca berita sudah dalam genggaman. Tinggal membuka ponsel dan klik aplikasi baca berita, berbagai informasi pun terpampang. Yup, semudah itu berkat perkembangan zaman. 

Jika di jaman kakek-nenek kita mendengarkan siaran Warta Berita RRI menjadi kegiatan rutin di pagi hari, dan di jaman orang tua kita khas dengan stereotip bapak membaca koran sambil minum kopi setiap pagi, kini hal-hal tersebut sebagian telah menjadi kenangan. 

Saat ini di zaman millenial adalah era digitalisasi, maka membaca berita sudah praktis melalui ponsel atau gawai. Semoga kebiasaan yang sama dapat terus dilestarikan. Lalu bagaimana caranya supaya dapat membaca berita di ponsel kita? Yaitu dengan mengunduh aplikasi untuk baca berita, salah satunya adalah aplikasi IDN APP.

IDN APP

IDN App merupakan aplikasi baca berita dan informasi hiburan milik perusahaan online media IDN Media.


Review Aplikasi IDN APP

Nah, agar teman-teman mengenal lebih jauh aplikasi IDN App, yuk simak baik-baik ulasannya. Sebelumnya jangan lupa diunduh dulu, aplikasi IDN App versi terbaru yang tersedia di:

Google Play untuk Android

App Store untuk iOS

aplikasi berita keren
Logo IDN App

Setelah diunduh, aplikasi IDN App akan muncul di layar ponsel. Berikut tampilan aplikasi IDN App pada halaman muka ponsel saya. Terdapat pada baris kedua, ikon kedua dari kanan.


Selanjutnya klik pada ikon IDN App untuk mulai membaca berita, maka akan muncul interface (antarmuka) aplikasi sebagai berikut:

idn times

aplikasi berita terkini

1. IDN APP: MENU UTAMA

Pada antarmuka akan terlihat menu-menu seperti di atas. Dimulai dari kepala aplikasi, saya menyebutnya sebagai MENU UTAMA. Ternyata aplikasi IDN App tidak hanya memuat menu untuk membaca berita, Menu Utama akan terbagi menjadi 3 bagian yaitu:

- Berita

- IDN Live

- Quiz

Pada bagian kedua setelah Berita adalah menu IDN Live. Wah, ada menu live, menu apa sih ini? Ternyata IDN Live merupakan menu untuk menonton. Melalui menu ini pengguna aplikasi IDN App dapat menonton siaran langsung dari para streamer yang sedang tayang. Hmm, sepertinya cuma IDN App aplikasi berita yang memiliki menu Live Streaming, keren banget! Menu ketiga adalah QUIZ. Jadi selain membaca berita, teman-teman bisa juga mencoba berbagai quiz di aplikasi, banyak yang seru-seru loh, pas banget buat kamu yang ingin melepas penat.   

2. IDN APP: SUB MENU

Di bawah menu utama, terdapat Sub Menu yang memiliki berbagai kategori. Sub menu ini saya artikan sebagai jalan pintas menuju berita-berita yang sedang trending. Terdapat 3 Sub Menu tetap yang terdiri dari: Terbaru, Trending dan viral. Lalu sub menu lainnya menurut tangkapan layar aplikasi IDN App di ponsel saya per tanggal 8 Juni 2023 adalah Piala Dunia U 20 2023, Singapore Open 2023, daftar film bioskop, yang merupakan tag berita yang sedang populer saat itu.

 

review aplikasi IDN times

Bagian selanjutnya adalah, 

3. IDN APP: BADAN APLIKASI

YANG TERDIRI DARI:

- Banner berita

- Kolom Berita

 

4. IDN APP: TASK BAR 

Terakhir adalah Task Bar. Merupakan tombol navigasi yang menuju pada,

- Home

- Explore

- +

- Notification 

- Profile

*********

Review: Menu Utama IDN APP

Seperti yang saya sebutkan tadi, pada bagian paling atas aplikasi terdapat 3 bagian. Pertama menu "Berita", tampilannya merujuk pada gambar interface di atas. Selanjutnya tampilan menu IDN Live dan Quiz adalah seperti ini:

review idn app dewi ratih purnama

aplikasi berita terkini

Aplikasi Live Streaming dan Website Live Streaming

Canggih sekali dalam aplikasi IDN App jika membuka menu IDN Live, maka akan tampil beberapa saluran yang diisi oleh para streamer dengan tema-tema seperti memasak, e-sports, hiburan dan lain-lain. Saluran Live Stream IDN Media juga dapat diakses via Website Live Streaming

Platform Live Stream yang diakses melalui website akan memberikan tampilan yang lebih optimal, antarmuka website didesain dengan latar hitam dan ruang yang lebih leluasa untuk mengeksplorasi tayangan live streaming seperti di bawah ini:

REVIEW WEBSITE live streaming idn app

Website Live Streaming dapat diakses melalui halaman - https://www.idn.app/

Tampilan Live Stream melalui website memiliki antarmuka seperti di atas. Pada baris paling atas adalah visual saluran yang sedang tayang, dan bagian berikutnya adalah saluran-saluran lainnya yang dapat ditonton, baik yang sedang tayang maupun podcast terjadwal. Informasi waktu tayang akan ditampilkan jika pengguna mengkliknya. 

Selancar terus ke bawah, maka akan terdapat menu yang menampilkan Rekomendsi Streamer. Melalui platform Live Stream, penonton dan streamer dapat menjalin interaksi secara langsung seperti dapat bercakap-cakap melalui chat box, memberikan pertanyaan dan saling berdiskusi. 

Penonton juga dapat memberikan dukungannya dengan cara memberi gift. Gift merupakan hadiah virtual yang dapat dikirimkan saat podcast berlangsung. Masing-masing hadiah memiliki nilai poin tersendiri. Bagi para streamer, hadiah yang terkumpul nantinya dapat ditukarkan menjadi pundi-pundi rupiah. 

idn app
Pilihan Gift yang dapat diberikan penonton Live Stream

QUIZ

Quiz adalah bagian ketiga pada Menu Utama aplikasi IDN App. Beragam Quiz seru akan tampil saat pembaca membuka menu ini, salah satunya adalah quiz "Apakah Kamu Cocok Masuk Asrama Gryfindor?". Maunya sih cocok ya, biar bareng sama Harry Potter!

 

Review: Sub Menu Aplikasi IDN APP

Terbaru, Trending dan viral

Oke, bagian kepala sudah saya kupas, lanjut lagi ke baris menu berikutnya yaitu Sub Menu. Tampilan dari ketiga Sub Menu tetap yaitu Terbaru, Trending dan viral (tangkapan layar per tanggal 8 Juni 2023) adalah seperti di bawah ini:

review aplikasi keren idn app

Dapat dilihat sesuai gambar di atas, gambar paling kiri adalah antarmuka saat membuka aplikasi IDN App dan merupakan tampilan dari Sub Menu Terbaru. Di mana pembaca dapat langsung melihat Berita Terbaru yang menjadi headline di aplikasi. 

Gambar tengah adalah tampilan Sub Menu Trending, tampilannya berupa baris-baris judul berita tanpa visual. Pembaca dapat terus menggeser sampai bawah untuk membaca berita yang diinginkan. Kemudian untuk gambar paling kanan, adalah tampilan Sub Menu viral, dengan tata letak berita mirip seperti Sub Menu Terbaru dan menyajikan kumpulan berita yang sedang viral.

 

Review: Kolom Berita Aplikasi IDN APP

review idn app, aplikasi berita terkini

Bagian ketiga yaitu badan aplikasi, yang memiliki 2 bagian.

1) Banner Berita merupakan visual atau poster dari berita-berita utama yang dapat pembaca lihat dengan ukuran yang cukup besar, dapat digeser ke kiri atau ke kanan dan terdapat sejumlah empat visual mengenai berita utama yang disajikan. 

2) Kolom Berita semacam bagian inti di mana pengguna dapat membaca berita-berita dengan urutan terbaru. Akan terpampang barisan judul berita dengan thumbnail (visual berita berukuran lebih kecil).

Jika pembaca terus menggeser ke bawah, kolom berita akan memiliki sub kategori lagi berupa:

Trending dan Tag Terpopuler, dengan tampilan seperti di bawah ini:

revie aplikasi IDN app


Membaca Berita

Baiklah, dari tadi saya sudah mengajak teman-teman untuk melihat lebih dalam fitur-fitur pada aplikasi IDN App. Nah, jangan sampai kelupaan dong untuk membaca beritanya. Seperti apa sih jika pembaca mengklik salah satu berita, maka akan tampil seperti ini:

review idn app
 

Pada satu berita yang tersaji, tampak seperti gambar di atas, akan memiliki visual berita, kemudian kategori berita, lalu judul dan isi berita serta pada bagian bawah terdapat tombol navigasi untuk kembali ke "home", tombol share, untuk membagikan berita dan ikon Whatsapp, untuk membagikan berita langsung ke aplikasi percakapan Whatsapp.

Kategori Berita 

Untuk setiap berita yang ditampilkan akan memiliki kategori atau tag sesuai isi berita. Di antara kategori yang terdapat di aplikasi IDN App adalah sebagai berikut:

- News                             - Parenting

-Travel                             - Kesehatan

- Relationship                  - Fashion

- Life                                 - Bisnis

- Otomotif                        - Tech

- Food                              - Science

- Sports

- Viral

- Beauty


Pilihan Media

Setiap berita yang tersaji di IDN App merupakan kumpulan berita dari berbagai publisher di bawah IDN Media, baik IDN Times, PopMama, PopBela, IDN Times Jatim, IDN Times Bali dan lain sebagainya.

idn app

 

Review: Task Bar dan Community - IDN APP

Yuk kita lanjut lagi ya... sampai di atas saya sudah tercengang-cengang dengan kelengkapan dari IDN App, ternyata oh ternyata, masih ada lagi yang seru-seru di IDN App. Selanjutnya saya akan mengulas deret paling bawah yang berupa berbagai navigasi yang saya sebut dengan Task Bar.

 
idn app discord community

aplikasi baca berita idn

menjadi kreator di idn app

Berbeda lagi dengan fitur-fitur membaca berita di atas, Task Bar seakan memberikan tantangan kepada pembaca dengan berbagai fiturnya sendiri. Mulai dari tampil sebagai live streamer, mengikuti even menulis atau menerbitkan sebuah artikel. Menu tersebut akan tampil jika pembaca menekan tombol bertanda tambah (+). 

Jika menjadi kreator menulis, teman-teman pun tidak perlu khawatir menghadapi kesulitan karena aplikasi IDN App sudah menyediakan artikel-artikel panduan dalam menulis, luar biasa.

Hayo, siapa nih teman-teman yang sudah menghasilkan banyak poin? Semakin aktif menjadi kontributor, semakin banyak poin yang didapat, akan semakin besar juga jumlah rupiah yang dapat ditukar. 

Pada Menu Explore - trueID, bahkan pembaca dapat menikmati film gratis. Bayangkan, nonton gratis di aplikasi berita, satu kata, canggih! 

Task Bar: Notification dan Profile

Navigasi selanjutnya pada Task Bar adalah Notification dan Profile. Pembaca dapat masuk dan mendaftar untuk membuat akun di aplikasi IDN App melalui ikon orang yaitu pada menu Profile. Nah, bagi teman-teman yang belum memiliki aplikasi IDN App, yuk unduh dulu sekarang, lalu cantumkan kode referral saya berikut ini: dew-dvmnqzuufdzh14o

Jika sudah memiliki akun maka pembaca dapat turut aktif dalam kegiatan di dalam aplikasi IDN App, termasuk untuk membagikan kode referral yang dimiliki dan mendapatkan poin. Pengaturannya dapat teman-teman ikuti dengan membuka menu Profile. Jangan lupa juga untuk melengkapi data profil dengan mengklik pada lambang gigi di sebelah kanan atas.  Tombol navigasi berikitnya yaitu ikon lonceng adalah Notification,  berfungsi untuk memuat informasi dari aktivitas yang dilakukan.

Display Aplikasi

Di dalam menu Profile juga memuat bagian Pengaturan. Pengaturan memuat menu dashboard, profil, mode gelap/terang. 

Dengan mengatur mode layar, pembaca dapat memilih tampilan aplikasi dengan latar putih atau latar hitam. Caranya mudah sekali, tinggal mengklik Mode Gelap pada "off/on". Mode gelap biasanya dipilih jika pembaca ingin tampilan yang lebih nyaman di mata. Jika Mode Gelap sudah ON, maka tampilan membaca berita pun akan berlatar warna hitam seperti pada gambar di bawah ini:

dewi ratih purnama
 

Tingkatkan Kebiasaan Membaca Berita dengan Aplikasi Keren Kekinian

Setelah memberikan ulasan terhadap aplikasi IDN App, saya sangat dibuat kagum. Apalagi kalau bukan menyebutnya sebagai aplikasi baca berita yang keren dan kekinian

Tema Warna Merah Putih

Pada tampilan "terang", aplikasi IDN App memiliki tema berwarna merah putih. Latar berwarna putih, judul berwarna hitam dan aksesoris judul berwarna merah. Warna merah memberikan kesan berani dan mampu melakukan gebrakan, berlatar putih menjadikan tampilannya jelas dan bersih. Aplikasi IDN App memiliki fitur yang lengkap tidak hanya sebagai media yang memuat informasi tetapi juga platform untuk berkarya.

Saya sangat menikmati membaca berita di aplikasi IDN App, baik membaca tema news maupun tema lifestyle, setiap berita yang disampaikan memiliki kesan easy to read, lalu pembaca pun akan terbawa hanyut pada pilihan-pilihan berita selanjutnya. 

Kenyamanan membaca berita di aplikasi IDN App juga didukung dengan tombol navigasi yang mudah digunakan, visual yang menarik serta kecepatan aplikasi untuk mengakses semua menu. 

IDN Media bercita-cita untuk terus tumbuh dengan visi untuk membuat produk yang dapat memberikan dampak positif ke banyak orang, terutama anak muda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa. Melalui aplikasi IDN App kini membaca berita semakin praktis melalui gawai, versi terbaru aplikasi IDN App yang sangat kekinian, cocok dengan anak muda yang berjiwa inovatif dan penuh semangat untuk maju. Semoga aplikasi IDN App dapat semakin menumbuhkan kebiasaan membaca berita bagi Gen Z dan Millenial di Indonesia.

Manfaat Membaca Berita

Manfaat membaca berita sendiri menurut saya sangat berdampak positif. Membaca berita tidak hanya untuk menambah wawasan tetapi juga dibutuhkan dalam pergaulan, berkaitan dengan rutinitas sehari-hari juga kebutuhan akan suatu informasi tertentu. 

Bagaimana berita dapat berhubungan dengan keseharian kita? Contohnya berita mengenai gunung berapi, di mana dengan adanya informasi tersebut, warga yang berada dalam radius yang terdampak aktivitas gunung itu dapat melakukan tindakan penyelamatan. 

review aplikasi IDN APP
Berita Rute Pengalihan Lalu Lintas di aplikasi IDN App

Berita mengenai rekayasa lalu lintas saat adanya perbaikan jalan akan sangat bermanfaat bagi mereka yang akan berangkat kerja atau pergi ke sekolah atau berita mengenai informasi yang terkait peraturan bepergian seperti saat terjadi pandemi Covid-19, tentu akan menjadi sangat penting. 

Berita-berita yang tersaji dalam aplikasi IDN App sangat beragam. Dari mulai berita pemerintahan dan nasional hingga mencakup berbagai gaya hidup dan hiburan para millenial. Coba saja cek, butuh rekomendasi drama Korea yang seru? ada donk. Referensi tempat liburan asyik, gosip artis, referensi outfit, wah pokoknya lengkap deh. 

Oya, tak lupa berita si pemersatu bangsa, apalagi kalau bukan sepak bola. Pastinya pembaca dapat selalu mengikuti perkembangan dunia sepak bola maupun cabang olah raga lainnya pada topik sports. Buat para orang tua, aplikasi IDN App juga menyajikan berita seputar parenting, makanan dan kesehatan.

Explore Berita

Ohya, jika teman-teman ingin mencari berita pada topik khusus, lakukan langkah ini, klik pada navigasi Explore lalu pada kolom paling atas akan tampak tulisan samar "Cari bacaan di IDN". Ketikkan kata kunci maka akan muncul kumpulan berita terkait, Quiz hingga akun member yang cocok dengan pencarian. 

Nah, saya kadang menggunakannya jika sedang mencari inspirasi menu atau resep masakan. Seperti berikut ini, saya mengetikkan kata kunci "ayam" dan hasilnya sebagai berikut. 

Berita:

1. Resep Oseng Kepala Ayam Pedas, Lauk Makan Siang yang Bikin Melek (21-06-2023)

2. Resep Mie Ayam Abang Gerobak ala Rumahan, Minyak Bawangnya Nampol (21-6-2023)

3. Resep Ayam Goreng Bawang Putih ala Anak Kos, Harumnya Meresahkan (21-06-2023)

Sampai muncul Quiz "Caramu Makan Bubur Ayam Ungkapkan Sifat Aslimu", ha ha seru banget.

asyiknya membaca berita di IDN APP


Membawa Perubahan

Seiring dengan visi IDN Media, aplikasi terbaru IDN App dengan fitur-fiturnya memberikan kesempatan pengguna aktif menuliskan artikel dan menyuarakan pemikirannya ataupun berdiskusi dan berpendapat melalui siaran Live Stream. Teman-teman juga dapat membagikan berita-berita penting atau menarik kepada rekan dan kerabat melalui tombol share, sehingga berita dapat semakin tersebar luas.

Bagaimana kebiasaan membaca beritamu?

Saya sendiri selalu mengajak diri saya untuk sering membuka aplikasi berita, hal ini dapat dilakukan di pagi hari, di saat menunggu, saat senggang ataupun saat santai di malam hari. Keseharian kita pastinya tak luput dengan ponsel atau gawai lainnya, agar aktivitas selancar di ponsel seimbang, jangan lupa untuk membuka aplikasi IDN App

Semoga bermanfaat, terima kasih. Wassalam.

Referensi:

Aplikasi IDN App

https://id.wikipedia.org/wiki/Radio_Republik_Indonesia

https://id.m.wikipedia.org/wiki/IDN_Media

https://www.youtube.com/watch?v=XrLVOIy80ks&t=58s

https://www.idntimes.com/life/inspiration/agustin/idn-media-membangun-media-masa-depan-yang-nyaman-untuk-anak-muda

Love,

deravee

You Might Also Like

18 comments

  1. Cussss donlot euy

    ReplyDelete
  2. Kalau begini jadi semangat dan meningkat kebiasaan membaca kita ya karena sudah ada IDN App, aplikasi baca berita yang keren dan kekinian.

    ReplyDelete
  3. Semua menu dan fitur terbaik akan mempermudah user untuk mengakses berita terkini dan terpopuler juga berita-berita yang sering diakses oleh pengguna aplikasi IDN App. Tampilannya nyaman banget serta gak banyak iklan. Aplikasi IDN App terbaik.

    ReplyDelete
  4. Fitur-fitur di IDN App ini sungguh memudahkan baik writer maupun reader. Aplikasi berita yang nggak ada iklan, tampilannya nggak bikin sakit mata. Tinggal scroll2 doang kita bisa baca dengan nyaman.

    ReplyDelete
  5. Secara keseluruhan banyak menu dan fitur di IDN ya .. asyiknya, ada sesi interaktifnya juga .... bisa nonton berita live dan bisa berinteraksi dengan streamer-streamer.

    ReplyDelete
  6. Wih ada fitur streaming nya ya dan penonton bisa kasih gift. Beda juga platform berita ini. Kalau banyak informasi berita memang sudah biasa ya

    ReplyDelete
  7. sy jg sdh install idn app mba. fitur2nya menarik, ada live streamingnya pula

    ReplyDelete
  8. IDN ini memang sudah diakui sebagai salah satu media nasional yang kerena untuk kaum Milenial

    ReplyDelete
  9. wihooooo hanya dgn satu app kita bisa ngapaaiiinn aja yhaa
    keren nihhhh sungguh2 multiguna yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa yaa mba... Speakat ini, satu aplikasi tapi sejuta cerita 😍ga bakal ketinggalan berita nih sebagai emak-emak kudet

      Delete
  10. Membaca berita di IDN itu memang nyaman. Tidak terlalu banyak iklan sehingga tidak membuat mata lelah. Selain itu struktur artiklenya pun enak dibaca.

    ReplyDelete
  11. IDN App memang paling lengkap, dan memudahkan ibu ibu gen z bisa baca berita lengkap. Aku juga udah download dan pakai sehari hari dengan IDN App

    ReplyDelete
  12. wah banyak ya fitur dari IDN app ini yang bisa membantu kita mendapatkan informasi terbaru

    ReplyDelete
  13. emang IDN APP ini aplikasi paling seru buat baca berita kekinian ya mbak
    Banyak fitur fitur menarik

    ReplyDelete
  14. Aktivitas baca berita ini memang sedang saya upayakan subur lagi, Kak. Dulu sempat agak bingung biar update terus, tetapi nggak nemu aplikasi yang mudah diakses. Alhamdulillah, dapat rekomendasi IDN App ini.

    ReplyDelete
  15. Baca berita apa saja lebih mudah dengan IDN App ya mba. Praktis dibawa kemana saja

    ReplyDelete
  16. iya bener, lebih enak baca berita melalui apps ya ternyata ya, lebih simple. boleh juga nih IDN apps ini :D

    ReplyDelete
  17. Daya tarik estetika dari pool coping tidak dapat diremehkan. Tersedia dalam berbagai warna dan gaya, memungkinkan pemilik rumah untuk menyesuaikan tampilan kolam mereka agar sesuai dengan selera pribadi dan desain keseluruhan ruang luar mereka.


    source : https://serapool.com/en/pool-coping

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe