Rekomendasi Makanan Halal di Beijing

Saturday, November 09, 2019


Assalamu'alaikum,
Hai keluarga Indonesia... Sudahkah mengunjungi Negeri Tirai Bambu? Biasanya calon wisatawan terutama bagi yang muslim langsung mempertanyakan perihal 'apakah ada makanan halal di sana?' 

Kekhawatiran yang sama juga saya rasakan awal hendak menetap di ibukota Republik Rakyat Tiongkok ini. Rupanya saya memang tidak kenal betul dengan kota Beijing. Seiring berjalannya waktu, kecemasan itu akhirnya menguap. Karena mencari makanan halal di Beijing tidak lagi merupakan hal yang aneh. 

Makanan halal sudah banyak saya jumpai di ibukota Cina ini. Informasi ini tentu tidak sekaligus saya ketahui begitu saja. Menjadi pendatang di negri manapun kita berada, harus aktif mencari berbagai informasi penting. Biasanya saya sempatkan untuk menelusuri daerah-daerah di sekitar tempat tinggal dan benar sekali, ada saja tempat-tempat halal yang dapat ditemukan. Senang sekali rasanya.

Saya juga banyak terbantu dengan bertanya pada teman-teman mahasiswa Indonesia di sini. Mereka banyak sekali loh, he he he.. Kalau ada pembaca di sini yang akan bertugas di Beijing atau melanjutkan kuliah, jangan takut merasa sendirian ya ^^ *ini saya banget waktu awal sampai*. 


Makan siang di lantai bawah Qingzhenlaowei

REKOMENDASI MAKANAN HALAL DI BEIJING
Rekomendasi makanan halal bagi yang akan merantau di kapital Cina tentu tidak hanya memerlukan info seputar rumah makan tetapi juga informasi tentang di mana dapat berbelanja daging halal atau produk-produk halal. Ternyata memang tidak sesulit yang saya bayangkan sebelumnya. Alhamdulillah ya...

1). Restoran Halal di Beijing
Pengalaman pertama menemukan restoran halal saya curahkan di cerita "3 Restoran Halal di Beijing"  yang mana bahagianya waktu itu bagaikan habis menang door prize family gathering. Menjadi kejutan untuk diri sendiri. 

Peta penjelajahan saya mayoritas di Distrik Chaoyang... karena saya tinggal di daerah tersebut. Tetapi beberapa restoran yang akan saya sebutkan rupanya sudah terkenal, sehingga umumnya resto-resto ini juga memiliki cabang pada distrik lain. Sehingga tidak terlalu susah untuk ditemukan. 

Saya selalu menikmati setiap kedatangan di tempat makanan halal ini, karena tempatnya kece-kece. Sama sih seperti umumnya tempat makan atau toko apa saja di Beijing. Selalu bagus dan menarik. Soal ruangan saja sudah bikin betah, belum lagi makanannya. 

Hidangan istimewa yang selalu berkesan di setiap resto adalah saladnya. Aneka salad segar dengan ragam kreasi penyajian dalam porsi luar biasa selalu menjadi hidangan pembuka yang dinanti-nanti.

Makanannya bagaimana? Menunya sangat beraneka ragam, rasanya enak dan porsinya jumbo juga dengan penyajian yang cantik-cantik... Bisa dibayangkan seperti apa ngga? selalu dikelilingi hal-hal bagus, memanjakan mata dan penuh kesan, pasti sulit dilupakan... *kayak kamu.  

Beberapa restoran halal di Beijing:
1. Western Mahua
Resto halal yang "siapa aja tau" namanya "Western Mahua". Pokoknya standar mau cari tempat makan halal jika mengajak tamu atau teman datang ke Beijing, di sini tempatnya. Menu utamanya adalah mie rebus berisi daging yang potongannya besar-besar. Aih.. laper deh. Menu nasi juga ada. Saya pernah berkunjung ke Western Mahua di Dongzhimen. Terdapat juga di Silk Market. 




2. Xinjiang Crescent Moon Uighur 
Lokasinya di 16 Dongsi 6th Alley, Dongsi, Dongcheng Qu

Nampak dari luar restorannya besar dan mewah. Dengan dekor ala-ala Arabian. Saya baru sebatas cita-cita mau janjian makan di sini sama teman-teman. Belum terlaksana juga. Gavin dan papi yang sudah pernah. Resto Xinjiang termasuk juga rumah makan halal yang sepertinya punya cabang di tempat lain. Dan umumnya teman-teman Beijing mengetahui resto ini.



3. Hongbinlou
Restoran halal dengan menu utama Bebek Peking. Cabangnya juga ada di tempat lain. Saya pernah makan di daerah Chaoyang di gedung sebelah Utown Mal. Pengunjung akan disajikan menu spesial bebek dengan pelayanan istimewa. Ruangan yang mewah dengan lampu-lampu gantung berkilau. Must try ;) 





4. Qingzhenlaowei
Namanya agak susah ya. Lokasinya dekat dengan Ritan Park. Tetapi restorannya sungguh unik. Dengan ruangan 2 lantai, tetapi bukan naik ke atas melainkan turun ke bawah. Waktu itu saya makan ramai-ramai bersama para sahabat di lantai bawah. Menu yang disajikan diantaranya salad sayuran segar, puding berbentuk ikan, tumis terong saus tiram, dimsum ceker, daging, pindang ikan dan lain-lain dengan cita rasa khas kuliner Cina tetapi cocok dengan lidah kami orang Indonesia. 





5. Ning Xia Taste
Restoran halal dari propinsi Ning Xia Tiongkok. Lokasinya di dalam Fullink Plaza di Chaoyang. Selalu ramai dipadati pengunjung. Menu khas yang kami cicipi adalah sate dan beberapa menu daging. 



6. Kedai Lanzhou Lamien di Chaoyang
Posisinya berada di perempatan jalan di belakang tempat tinggal kami, Guangyao Apartment. Hanya kedai sederhana dengan varian menu yang bermacam-macam. Sayang saya belum sempat mencicipinya. 


7. Dong Lai Shun
Restoran ini terkenal dengan menu "hot pot"nya. Berada di pusat wisata kuliner Wangfujing. Cukup terkenal juga menjadi salah satu tujuan wisata halal. 

8. Kantin halal kampus
Waktu main ke kampus Beijing Normal University, saya sempat diajak Oxye, teman mahasiswa di kampus tersebut untuk mencicipi makanan di kantin. Wah senang ya, di kampus ini terdapat juga kedai makanan halal. Jadi sangat memudahkan sekali bagi mahasiswa muslim. Kantinnya bersih, rapi, makanannya enak tapi murah. Kantin rasa restoran. Alhamdulillah.

3 Restoran Halal lainnya dapat dibaca di sini.

2). Toko/pasar daging Halal
1. Halal store Nan Xia Po mosque
Awal saya berbelanja bahan masakan, ayam dan daging adalah di sebuah toko halal. Posisinya bersebelahan dengan masjid Nan Xia Po. Rupanya sangat umum sekali, jika ada masjid, maka di sekitarnya terdapat hunian muslim, toko ataupun rumah makan halal. Alhamdulillah, disinilah saya pertama kali berbelanja ayam juga daging serta frozen food halal. Di Yabao Lu, Chaoyang. 



2. Sanyuanli
San Yuan Li adalah pasar yang terkenal di kalangan para turis pendatang. Di pasar ini terdapat produk-produk impor dari berbagai negara. Di sini juga saya menemukan Indomie, kecap ABC juga kerupuk udang produk Indonesia. 

Pasar ini juga menjual bahan pokok sehari-hari, sayur, buah-buahan, lauk pauk, ayam, ikan dan daging. Setelah pindah ke apartemen baru saya rutin berbelanja daging sapi dan ayam di sini. Khusus di toko dengan logo halal yang terpampang besar di atasnya. 


3. Warung sekolah
Terdapat toko jajanan di sekolah Gavin yaitu di Pakistan School. Toko atau warungnya menjajakan banyak sekali makanan ringan maupun makanan olahan. Ada mie instan halal, sate maupun nugget halal. 

3). Produk halal
Jika yang saya paparkan di alinea di atas lebih dominan seputar info bahan masakan sehari-hari, bagaimana dengan produk kemasan halal? Rutinitas saya groceries biasanya di Wal Mart. Sayangnya di sini tidak menyediakan produk halal.

Saya mendapatkan informasi dari teman ternyata produk halal seperti bakso, sosis, makanan siap saji, kue dan snack halal tersedia di Carefour. Tertera logo halal dalam huruf Mandarin pada kemasannya. Saya sesekali juga berbelanja di supermarket Jing Ke Long. Beberapa produk susu dan yoghurt halal tersedia di sini. 




Selain restoran umum, untuk makanan seputar fast food outlet seperti KFC, McDonalds, Burger King, saya belum mendapatkan informasi mengenai outlet halalnya di Beijing. Sedangkan di kota lain di Tiongkok yaitu Wuxi katanya sudah ada KFC halal dan lainnya. Semoga bermanfaat ya.

Sekarang cuaca di Beijing sudah dingin sekali. Sudah musim gugur dan sebentar lagi memasuki winter dan temperatur udara akan semakin merosot. Makan Lanzhou Lamien berisi daging hmm... nikmat sekali tentunya. Yuk jangan ragu untuk ke Beijing. Bila ingin berkunjung di musim dingin, baca persiapannya di "5 Tantangan Menghadapi Musim Dingin di Beijing" 

Bagaimana pengalaman teman-teman kulineran halal saat traveling? Bagi-bagi ya di kolom komentar. Terima kasih. Wassalam.

Love,
deravee

~ follow twitter & instagram @deravee 

You Might Also Like

21 comments

  1. Woww.. semoga saya ada rejeki atau dapet giveaway tiket ke beijing ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Amin YRA... iyaa.. semoga Allah.mengabulkan, ada kesempatan traveling halal ke cina

      Delete
  2. dari dulu aku suka sama negara ini, sejarah peradabannya keren. pengen suatu saat ke sana. ternyata ada tempat makanan halal yang bagus bagus juga ya mbak.. jadi semakin pengen ke sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. ternyata bagus2 restoran halalnya.. pelayannya juga ramah2, makanannya istimewa.. smoga kapan2 berkunjung ke Beijing ya mba.. makasi udah mampir :)

      Delete
  3. Wah mbak, lihat foto-fotonya jadi lapar hehe. Semoga saya berkesempatan bisa ke sana langsung mencicipi semua restoran yang direkomendasikan ini. Ternyata cukup banyak restoran yang menyediakan menu halal sehingga lebih leluasa makan di luar. TFS.

    ReplyDelete
  4. Walaupun belum tahu kapan bisa kesana, senggaknya dapat informasi nih rekomendasi resto dan makanan halal di Beijing. Thankyou mba ^^

    ReplyDelete
  5. aku save dulu.2x ke beijing aku ga nemu sih makanan halal. Tp memang aku ga terlalu ngotot utk cari yg halal kalo sdg traveling ke negara2 yg mayoritas bukan muslim. Prinsipku, yg ptg bukan babi aja :D. masalah cara sembelih , penyimpanan dan alat masak, yo wis laah yaaa :p. tp kalo memang bisa nemu yg halal, ya udh pasti aku pilih yg itu mba.. kmrn transit di beijing aku jg makan bebek peking deket hotel. tp sayangnya memang ga pake logo halal. Tapi memang enaaaak yaaa bebek peking ituuuu. my goodness aku ga bisa lupain rasanyaaa hahahah. pgn lagi

    ReplyDelete
  6. Aaah...auto-ngiler 🤤. Masuk bucket-list nih (cuma list doang 🤭)

    ReplyDelete
  7. kapan yaa bisa ke Beijing....

    ReplyDelete
  8. emm jadi pengennn. kapan ya ke beijing ? hihihihi

    ReplyDelete
  9. Kapannn ya aku sampe ke beijing��

    ReplyDelete
  10. Salah satu whishlist nih jalan-jalan ke China, semoga kesampean ya. Sekarang lihat2 resto halal nya aja dulu buat persiapan. Btw nggak semua resto logo halal nya keliatan jelas ya?

    ReplyDelete
  11. Cina sama kayak Singapura gak sih, termasuk yang gercep menyambut turis-turis asing, termasuk yang dari negara muslim kayak kita. Gak heran fasilitas halal di sana, walo gak banyak, tapi di kota-kota titik wisata terpenting udah dibanyakin. Semacam halal tourism jatohnya.

    ReplyDelete
  12. Wuaah keren banget Mbak, aku belum pernah ke China mainland.. termasuk ke Beijing. Ternyata banyak yah pilihan restoran dan produk halalnya. Meanwhile, kadang di negeri sendiri kesadaran buat makan di restoran halal masih kurang :)

    ReplyDelete
  13. Nemu, sih, tapi harganya mahal buat aku yang yuan nya pas-pasan waktu itu. Hehehe... Jadinya makan yang asal bukan babi aja.

    ReplyDelete
  14. Luar biasa ulasannya.. nambah info buat yg mau kesana.. terus nulis info yg bermanfaat ya

    ReplyDelete
  15. Wah, bagus banget nih infonya untuk teman-teman muslim.

    Saya juga membaca kalau resto atau tempat menjual makanan halal di negara dengan mayoritas non-muslim ini semakin banyak. Kayaknya memang menjual makanan halal di negara mayoritas non-muslim ini salah satu bisnis yang menjanjikan juga deh :)

    ReplyDelete
  16. Wah, informasi penting nih. Saya belum pernah ke China, jadi nggak punya bayangan tentang keadaan di sana. Btw, kalau susah dapat foto rumah makannya, boleh dong tulisan hanzi-nya ditaruh di sebelah nama restoran. Kan kalau kebetulan berkunjung ke Beijing, orang bisa mencocokkan tulisan di sini dan tulisan di atas pintu. Kalau tulisan pinyin, suka nggak membantu pas mencari lokasinya di lapangan.

    ReplyDelete
  17. oke nih rekomendasi makanan halalnya kalau kalau suatu saat ke Beijing.

    ReplyDelete
  18. Wah banyakbanget ternyata pilihan makanan halal di Beijing ya
    Jadi gak perlu was-was lagi kalau berkunjung ke sana
    Rasanya gimana mbak? Cocok sama lidah kita orang Indonesiakah?

    ReplyDelete
  19. Waalaikum salam kak,
    wah makasih banyak banget infonya nih kak. Kebetulan aku belum kesana yaa mana tau kesanakan jadi aku udah tau nih heheh

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe