IDE MENU SAYURAN - PART I

Wednesday, August 10, 2022

 

MASAKAN RUMAHAN

Assalamu'alaikum,

Hai Keluarga Indonesia, hai mama, hai ibu, hai bunda... Masak apa hari ini? Pusing ya mikirin harus masak apa lagi setiap hari. Masak pusing, nggak masak makin pusing (^.^)". Di postingan kali ini, aku mau berbagi menu sayuran yang pernah aku masak. Resepnya sekedar aja ya, resep mah standar, itu-itu aja khan...

SAYUR SOP

1. Sayur Sop

Pertama mari kita hadirkan, sayur paling famous adalah Sayur Sop! Sayur Sop/Sup, sayur ibu-ibu sejuta umat, biasanya dalam satu minggu, pasti masuk dalam daftar masakan aku. Sop yang umum aku masak adalah sup ayam. Cara masaknya dengan merebus potongan ayam untuk dijadikan kaldu, setelah itu masak bahan-bahan yang telah disiapkan beserta bumbunya. 

Buat ibu baru yang masih bingung masak sop isinya apa aja. Gampang... tinggal ke tukang sayur aja trus bilang, "Bang, beli sop-sopan 1 bungkus", lalu si abang sayur akan memberikan kamu paket lengkap berisi bahan sayur sop dalam kantong kresek. Sayur sop ini juga sayur yang paling bebas dimodifikasi isiannya. Bisa ditambahkan bakso, jamur atau sosis.

Note:

Bumbu sayur sop:

Tumisan bawang putih

Pala (sedikit saja)

Lada bubuk

Daun bawang dan bawang goreng

tumis kangkung
Wok Pan yang digunakan: Tefal Natura 24cm, Sutil silikon no brand

2. Tumis Kangkung

Tumis Kangkung, salah satu sayuran favoritku. Makannya enak pake tangan, pakai nasi panas, ikan goreng atau ikan bakar dan sambal terasi, hmmm... maknyuuss. Cara masaknya bagaimana? Pertama tumis dulu bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai rawit, tumis hingga harum dengan minyak yang menutupi semua bagian bumbu-bumbu. 

Setelah itu masukkan irisan panjang tomat, masukkan kangkung yang sudah disiangi, aduk rata, tambahkan air secukupnya dan saus tiram. Nah, tumis kangkung bisa juga divariasi dengan tambahan tauco, sluurrpp, bakal makin sedap.

tumis wortel brokoli
Wok Pan: Lock and lock 24cm

3. Cah Brokoli Ayam

Si Brokoli adalah jenis sayuran yang sangat jarang aku masak. Penampakannya pun agak kurang meyakinkan ya, Insya Allah lain kali aku buat yang lebih cakep. Konon infonya Brokoli itu bagus untuk kesehatan tubuh, bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung dan mencegah kanker. Acung jempol juga buat mama-mama yang anaknya doyan brokoli. Karena jujur aku sendiri butuh perjuangan untuk menelan brokoli.

Nah aku jelasin isi Cah Brokoli di atas ya. Isinya adalah irisan brokoli, irisan wortel dan potongan daging ayam kecil-kecil. Untuk bumbunya tumis bawang putih dengan saus tiram, tambahkan lada bubuk secukupnya. Variasi masakan Brokoli lainnya bisa juga dimasak dengan kuah kaldu ayam, ditambah wortel dan jamur kuping.

*      *      *

Sekian untuk Ide Menu Sayuran bagian kesatu. Ini adalah postingan receh-receh aja ya. Yang pingin tanya resepnya, boleh banget DM aku di Instagram @deravee. Lanjut yuk ke  

B A G I A N   II.

Semoga bermanfaat. Wassalam.

 

Love,

deravee

You Might Also Like

0 comments

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe