Obat-obatan dan Perlengkapan Saat Gavin Mengalami Cacar Air

Thursday, March 08, 2018

imunisasi cacar

Assalamu'alaikum,
Tiga bulan lalu, bulan Desember 2017 Gavin terkena sakit cacar air. Usianya 6 tahun, kelas 1 SD. Saya agak kaget, tidak mengira Gavin mengalaminya secepat ini. Padahal lumrah anak-anak mengalaminya di usia tersebut. Apalagi saya sendiri juga terkena cacar air saat kelas 1 SD.

Seminggu sebelum cacar airnya mulai muncul, Gavin mengalami bruntusan di punggung dan perut. Saya pikir biang keringat karena Gavin sempat biang keringat beberapa kali waktu balita. Ternyata bukan, melainkan ciri-ciri awal cacar air.

Kemudian, di hari pertama bintik cacar mulai terlihat (H1) letaknya di perut dan punggung. Jumlahnya masih hitungan jari dan tidak disertai demam. Waktu itu kami sekeluarga sedang di Purwokerto, hendak kembali ke Jakarta menggunakan kereta api sehabis menghadiri acara pernikahan sepupu.

Situasinya bikin panik. Membawa Gavin yang sedang sakit dengan waktu tempuh 5 jam perjalanan, suhu ruangan di dalam kereta yang dingin sekali, dan badan Gavin mulai anget. Sesampainya di stasiun Jatinegara kami
langsung menuju RS Premier Jatinegara. Memeriksakan Gavin ke dokter umum untuk memastikan serta melakukan penanganan dengan segera.
Ternyata benar, bintik merah di badan Gavin adalah cacar air. Dokter meresepkan salep, bedak salycil dan anti virus. Dokter bilang cacar air adalah jenis penyakit "self healing". Tidak ada obat bayi dan anak khusus cacar air. Yang paling utama dilakukan dalam menangani anak sakit cacar air adalah perawatan terhadap lentingan cacarnya agar tidak pecah dan berbekas di kulit.

Bu dokter meminta saya kembali lagi keesokan harinya untuk menemui dokter spesialis anak agar mendapatkan diagnosa yang lebih detail. Esoknya saya kembali lagi ke rumah sakit. Dan dokter anak pun memberitahukan hal yang sama bahwa benar Gavin mengalami cacar air. Berikut catatan saya mengenai cacar air dari penjelasan dokter.

Penjelasan tentang cacar air oleh dokter spesialis anak:
- Penyakit cacar air disebabkan oleh infeksi virus "varisela zoster"
- Pada umumnya manusia hanya 1x dalam seumur hidup mengalami cacar air
- Imunisasi cacar dapat diberikan kepada anak sebagai imunisasi pelengkap
- Lama penyembuhan umumnya sekitar 1-2 minggu
- Pasien akan mengalami rasa gatal pada kulit
- Hindarkan anak untuk menggaruk lentingan cacar
- Penyakit cacar air tidak disertai demam
- Biasanya anak akan mengalami penurunan daya tahan tubuh
- Jaga anak agar selalu berada di dalam rumah
- Pisahkan ruang tidur anak dengan anggota keluarga lainnya
- Pisahkan tempat menjemur handuk anak dengan handuk anggota keluarga lainnya
- Diperbolehkan mandi
- Diperbolehkan menambahkan cairan antiseptik pada air mandi
- Keringkan anak dengan cara menepuk-nepuk lembut tubuh sehabis mandi 

Setelah menemui dokter spesialis anak, saya mendapat tambahan salep untuk lentingan cacar air yang 'sudah pecah' dan obat racikan pengurang rasa gatal. Secara lengkap daftar obat-obatan selama Gavin cacar air adalah:
1. Acyclovir 5%
    Acyclovir adalah salep untuk bintil cacar air yang masih utuh

2. Fusycom
    Fusycom adalah salep untuk bintil cacar air yang pecah

3. Bedak Salycil
    Bedak tabur untuk mengeringkan cacar dan membantu mengurangi rasa gatal

4. Isoprinosine syrup
    adalah obat sirup anti virus

5. Puyer racikan pengurang rasa gatal

tips cacar air

Pasien cacar air diperbolehkan mandi. Untuk itu saya pun tetap memandikan Gavin 2 kali sehari menggunakan air hangat dan memberikan cairan antiseptik pada air mandinya. Saya juga banyak menerima saran dari teman-teman dalam menangani sakit cacar air seperti cream bayi untuk kulit maupun olesan tradisional. Diantaranya untuk menambahkan air mandi dengan baking soda yang berguna untuk mempercepat pengeringan cacar.

Perlengkapan pribadi lainnya yang saya siapkan untuk perawatan cacar air Gavin adalah:
1. Imboost Force Syrup
    Vitamin penambah daya tahan tubuh
2. Spray antiseptic pembersih tangan Antis
    Semprotan antiseptik agar tangan selalu higienis
3. Sabun cair Dettol antibakteri
4. Betadine cair antiseptic
    Cairan antiseptic yang dituang pada air mandi
5. Baking soda
    Untuk membantu cacar air lebih cepat kering

tips cacar air

Bintil cacar air Gavin keluar sedikit di H1 dan H2 kemudian semakin banyak dan menyebar di tubuh pada H3. Secara lengkap catatan observasi saya terhadap cacar air Gavin adalah sebagai berikut:
tips merawat cacar air
Catatan observasi selama Gavin cacar air

Informasi dari dokter bahwa penyakit cacar air tidak disertai demam. Namun lain halnya yang terjadi pada Gavin. Ternyata saat itu Gavin juga terkena radang tenggorokan, inilah yang menjadi penyebab demamnya. Mohon maaf catatan saya mengenai cacar air di atas tidak lengkap.

Puncak munculnya bintil cacar adalah hari ketiga (H3). Berbentuk bulat, merah matang dan berair. Pada H5 lentingan cacar sudah mulai mengering.  Masa penyembuhan cacar air Gavin kurang lebih 1 minggu. Selama 10 hari Gavin saya kurung di dalam rumah. Area tubuh yang paling banyak terdapat bintil cacar adalah perut dan punggung. Alhamdulillah di bagian tubuh terbuka seperti muka, kaki dan tangan Gavin lentingan cacar hanya muncul sedikit.

Salep Acyclovir digunakan terutama sehabis mandi untuk bagian leher, muka, lengan dan bagian tubuh yang bintil cacarnya sedikit. Bedak salycil diusapkan untuk perut dan punggung. Balurkan bedak salycil sering-sering agar cacar cepat mengering. Saya selalu menjaga tangan saya higienis saat mengoleskan salep kepada Gavin. Oleh karena itu saya menyiapkan spray antis. Khawatir kalau tidak menjaga kebersihan akan menimbulkan infeksi lain.

Semoga bermanfaat. Wassalam.

Kebijakan:
Tulisan ini adalah semata pengalaman pribadi. Hal-hal yang berkaitan dengan informasi medis juga merupakan catatan pribadi. Bukan referensi medis yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Penulis hanya berbagi pengalaman. Segala informasi bukan dimaksudkan untuk mengganti saran para ahli seperti dokter dan apoteker.

Love,
deravee

twitter dan instagram>>> @deravee

You Might Also Like

17 comments

  1. Cacar air dan campak sama gak mba Dewi?
    Keponakanku seminggu lalu kena campak. Sekaligus berdua kakak beradik.
    Cirinya sih hampir sama. Ada lentingan berisi cairan.
    Tapi keponakanku keluarnya gak banyak. Katanya mamanya sih karena dikasi minum air kelapa muda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mba Glen. Kayanya klo campak lentingannya lebih kecil dan rapat, suka terlihat kaya ruam.. gavin juga aku minumin air kelapa hijau mba, klo kata kelg supaya cepet keluar semua cacarnya

      Delete
  2. wah kalau anak sakit itu bikin takut ya, apalagi kalau pakai panas tubuhnya

    ReplyDelete
  3. wah lengkap banget mbak, saya save ya mbak...makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... semoga bermanfaat mba wid.. makasi kunjungannya

      Delete
  4. anak2 blm pernah kena cacar.. buat persiapan tulisannya, jadi nggak kaget nantinya. Makasih mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. semoga bermanfaat mba Ucig.
      .. semoga sehat2 ya anak2

      Delete
  5. lagi musim nih kayaknya cacar gini, anakku timbul bintik2 merah aku kira cacar, hampir mirip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ni mba...lagi musim disini..temen2nya juga pada kena

      Delete
  6. Kalo aku seumur umur belum pernah kena cacar mba. Apa ada yang salah yah? Hehe. Jadi takut nih besok-besok kena cacar. 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah belum ya...setau aku kalau pas anak2 belum kena, pas dewasa nanti kena. ngga tau juga ya kalau ada yang nggak kena sama sekali hehe

      Delete
  7. Aku baru tau baking soda bisa bantu cacar air lbh cepet kerit (dicatet). Aku malah blm pernah kena cacar air sampai raya umur 1thn, ntah kena dari mana, daaaan tentunya jg Raya ketularan.. untungnya benjolan raya cuman dikit, dan anaknya alhamdulillah ngga rewel. Semoga Gavin sehat2 terus yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... mamaci mamih Raya... wah kenanya pas dewasa yaa..trus baru raya kena. Iya ternyata ga semua cacar air itu kenanya banyak yaa... semoga sehat2 juga buat Raya n dedee

      Delete
  8. Jadi boleh mandi ya, dan airnya boleh juga dikasih cairan antiseptik, makasih ya, Mbak, sharenya...

    ReplyDelete
  9. Detail baget Mba, sampe bikin jurnal observasi segala. Anak saya juga pernah kena cacar, daftar obat2annya mirip kayak gitu juga Mba

    ReplyDelete
  10. Untuk puyer racikan pengurang rasa gatal itu racikannya gimana ya mba?

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe