Bagaimana sih Home Treatment Anak Flu? Betul Nggak Begini?

Wednesday, August 31, 2016

Sekarang dari panas bisa tiba-tiba hujan, dan juga sebaliknya. Cuacanya penuh teka-teki, tapi kalo aku dihatimu bukan teka-teki kaan???  *Apa sih Mi...  awas dipatuk Rembo!*

Back to the track...

Dengan cuaca yang nggak menentu, menjadikan para orang tua khawatir, termasuk saya, karena cuaca ekstrem membuat anak rentan terkena penyakit, contohnya sakit flu. Seperti Gavin yang saat ini sedang batuk pilek. Apabila kondisinya masih memungkinkan, saya selalu mengusahakan untuk memberikan Gavin home treatment/perawatan rumah terlebih dahulu sebelum membawanya ke dokter.

Para bunda yang buah hatinya sedang kurang sehat juga harus menjaga asupan nutrisi anak agar cairan tubuh dan gizinya tetap seimbang yaitu dengan memberi makanan dan minuman yang cukup. Juga dapat melakukan home treatment untuk mengatasi flu sebagai berikut:


Tips Home Treatment untuk Meredakan Flu pada Anak:
1. Membuat Terapi Uap
Caranya, isi baskom dengan air panas lalu beri beberapa tetes minyak kayu putih. Letakkan pada sudut kamar. Uap hangat beraroma kayu putih ini akan menyebar ke seluruh ruangan dan membantu melancarkan pernafasan dari hidung mampet. Sehingga si kecil dapat tidur lebih nyenyak dan cukup beristirahat. Selain itu juga dapat membantu mengencerkan dahak.

2. Berendam Air Hangat
Saat Gavin batuk pilek, saya akan memandikannya dengan air hangat dan menyuruhnya berendam. Setelah Gavin sabunan, shampoo-an dan sikat gigi hingga bersih, saya meminta Gavin untuk masuk ke dalam bak mandi plastik berisi air hangat untuk berendam sekitar 10 sampai 15 menit. Mandi air hangat akan dapat membantu mencegahnya terpapar bakteri lain di saat kondisi tubuh sedang kurang vit. Juga membantu mencairkan ingus dan dahaknya agar lebih mudah dikeluarkan.

3. Mengoleskan Vapor Rubs (untuk anak 2 tahun ke atas)
Tips dari teman saya, Mama @gelarandini, dengan mengoleskan vapor rubs atau balsam hangat untuk flu pada telapak dan jari-jari kaki dapat membantu proses penyembuhan. Karena pori-pori terbesar pada tubuh manusia terdapat pada telapak kaki, oleh sebab itu reaksi hangat dari balsam dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Hal ini akan membantu melegakan pernafasan. Cara yang lebih efektif dalam menggunakan vapor rubs untuk mengusir flu adalah mengoleskan vapor rubs pada telapak kaki lalu menutup kaki anak dengan kaos kaki di saat ia tidur.

4. Membuatkan Sup Ayam
Berbagai sumber mengatakan, salah satu obat alami pada flu adalah sup ayam. Kaldu yang terdapat didalamnya sangat baik untuk melawan virus/bakteri penyebab flu. Sayur-sayuran yang ada pada sup juga membantu meningkatkan stamina tubuh.

5. Memberikan Citrex Upin & Ipin
Senang sekali sekarang ada suplemen makanan anak dengan karakter Upin & Ipin. Si kembar pintar ini sih sudah akrab sekali sama Gavin. Jadi ia langsung semangat ketika saya memberikan tablet rasa Blackcurrant untuk dihisap olehnya. Karena Citrex Upin & Ipin adalah vitamin dengan banyak manfaat, salah satunya membantu penyembuhan common cold atau flu, pas untuk Gavin yang sedang batuk dan pilek.

Baca  Juga: Ide  Bermain: Cap  Tangan  ala  Upin  Ipin

Citrex Upin Ipin

vitamin anak


Citrex Upin & Ipin adalah suplemen makanan anak berbentuk tablet yang baru dikeluarkan oleh Pharmaniaga Manufacturing Berhad, Malaysia dan didistribusikan oleh PT. Mega Pharmaniaga, Indonesia. Citrex Upin & Ipin merupakan alternatif vitamin bagi anak-anak. Ohya, vitamin anak Citrex Upin & Ipin ini tidak hanya rasa Blackcurrant loh, ada juga vitamin C dengan rasa jeruk dan Citrex vitamin B kompleks (BCO + Lysine) dengan rasa cokelat.

Citrex Vitamin C dan vitamin B kompleks (BCO+Lysine) memiliki banyak manfaat, selain dapat membantu proses penyembuhan, manfaat lain dari Citrex vitamin C adalah, membantu proses pertumbuhan, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

Citrex vitamin B kompleks (BCO+Lysine) bermanfaat untuk memperbaiki selera makan anak, menjaga anak tetap sehat dan berenergi, membantu pembentukan sel darah  merah pada masa pertumbuhan anak, membantu mencegah resiko terjadinya anemia. Cocok sekali untuk anak-anak yang sedang masa tumbuh kembang.

Citrex Upin Ipin
Talkshow bersama pakar kesehatan
Citrex Upin Ipin
Gavin bersama para pengisi suara tokoh Opah dan Atok Dalang di serial animasi Upin Ipin
vitamin anak
Tiga varian rasa baru Citrex Upin & Ipin

Produk vitamin anak dengan karakter yang sudah dekat dengan anak-anak Indonesia ini baru saja di launching pada hari Sabtu, 27 Agustus 2016 bertempat di Mall Of Indonesia. Saat launching juga diadakan berbagai acara menarik, seperti lomba anak, panggung hiburan serta talkshow. PT. Mega Pharmaniaga bersama sejumlah pakar kesehatan mengajak serta rekan-rekan blogger dalam bincang-bincang santai seputar kesehatan anak dengan narasumber Psikolog Kasandra Putranto, Dokter Gizi Klinik Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK dan perwakilan dari PT. Mega Pharmaniaga, Wan Surya Tri Dharma.

Karakter Upin dan Ipin mencerminkan sifat anak-anak yang aktif, pintar, sehat dan selalu ingin tahu. Oleh karenanya, dalam masa pertumbuhan anak-anak harus memiliki nutrisi yang cukup dan daya tahan tubuh yang baik agar tidak mudah sakit. Untuk itu, Citrex Upin & Ipin hadir sebagai pelengkap asupan gizi anak bangsa dan turut berupaya menjaga kebugaran dan menyukseskan terwujudnya sistem kesehatan nasional anak Indonesia.

Citrex Upin & Ipin yang memiliki berbagai manfaat juga mempunyai keunggulan dosis yang tepat. Vitamin C dosis tinggi 100 mg dan Citrex vitamin B kompleks (BCO+Lysine) yang mengandung dosis tinggi vitamin B1, B6, dan B12. Berbentuk tablet kunyah/hisap yang dapat dikonsumsi 1x sehari. Berikan vitamin di waktu pagi atau siang hari untuk menunjang aktivitasnya seharian. Produk Citrex Upin & Ipin bisa didapatkan di apotik-apotik terdekat.

Bagaimana, home treatment mami Gavin sudah betul belum? Alhamdulillahnya, atas izin Allah SWT, dengan upaya home treatment dan memberinya Citrex Upin & Ipin, flu Gavin berangsur-angsur mereda. Cepet ceria lagi yaa Gavin supaya bebas melakukan berbagai aktivitas, smart, active and healthy. Betul..  betul..  betul..  Wassalam.

be happy,
@deravee

You Might Also Like

40 comments

  1. Vitamin C mang penting bgt ya utk membantu mengembalikan daya tahan tubuh. Terutama klo lg flu. Tfs maak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Noe, pulang dari MOI eh keujanan langsung flu hiks..Alhamdulillah dapet vitamin Citrex ya. Makasih udah mampir mak

      Delete
  2. anak2 emang suka banget ya suplemen yg ada rasa anggur, jeruk ataupun stroberi. Mau kasih citrex ke anak2ku juga ah.

    TFS ya, Mak :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mak Novia, makasi kunjungannya :) iya Citrex juga macem-macem nih rasanya, kesukaan anak-anak

      Delete
  3. Jawabannya: "betol, betol, betol" *macak Upin Ipin*

    ReplyDelete
  4. Anakku juga suka vitamin ini apa mungkin krn ada logo upin ipin ya hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah kenal sama kartun Upin Ipin jadi gampang ngasih vitaminnya ya mba Muthz

      Delete
  5. Wahh mba dewi aku ga sempet ambil goodie bagnya, syedihh, hehe bocah2 pada buru2 ngajak pulang, jadinya abis poto2 langsung turun deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa mak Anin, ada di meja registrasi, ngelewatin ga pas pulang? Gavin seneng nih nambah temen baru :)

      Delete
  6. Hai mak Dewi...
    Ih bener banget, ini musim udah nggak jelas deh. Bentar panas terik, besoknya hujan deras.
    Anak saya juga yang bungsu lagi flu. Tapi masih belom boleh makan vitamin upin ipin... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Susan...yang penting imun tubuhnya dikuatin ya,buah dan sayur yang utama..makasi udah mampir :)

      Delete
  7. Noted mba tipsnya, coba saya praktekan ya untuk anak2, tfs 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mak...sip sama-sama yaa, salam buat bocah-bocah di rumah

      Delete
  8. Halo Dewi, jumpa lagi di sini, hehehe.
    Jadi, gimana, anaknya suka ya sama suplemennya? jadi bisa jadi nambah asupan nutrisi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Titee...halo..ahirnya sama-sama tau rumah mayanya ya mak hihi...iya seneng ni dapet vitamin Upin Ipin

      Delete
  9. Yeay....akhirnya suplemen untuk anak usia 6-12 tahun sudah beredar, dan yg lebih keren lg kemasannya yg memakai tokoh upin & ipin, anak2 pasti suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp mak Tinaa...iya buat anak usia sekolah dasar, perlu banget tambahan suplemen yaa

      Delete
  10. Tipsnya boleh banget aku catet neh, kebetulan Dimas lagi flu. dan aku kasih saja makan sayur dan minum vitamin citrex upin ipin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mak Lis...gws abang Dimas..pinter ni mam sayurnya..

      Delete
  11. Ini suplemen baru ya mbak ? Soalnya saya baru lihat mungkin saya harus dikasih tau nih ke tetangga saya untuk dicoba dulu kalau anaknya sedang flu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya baru nih kang Iman...rasanya enak dan ada 3 macem, boleh tuh, share artikel ini ke tetangganya, huehehe ^^v

      Delete
  12. karena manfaat vitamin c memang utk menjaga stamina tubuh yaa..bs memulihkan kondisi yg drop juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cocok ya mak buat memulihkan stamina, apalagi vit C dan B ternyata ga disimpan tubuh

      Delete
  13. anak2 ku klo sudah mulai gejala flue juga aq olesi pakai Vapor Rubs, di punggung dada dan telapak kaki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak ya mak langsung anget dan nafas lega..klo Gavin belum mau di badan

      Delete
  14. Aku seringnya pakai terapi uap dan masakin sop ayam kalau anak flu mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ya mak Lida:)aku pun ikut nyaman hirup uap kayu putih hihi

      Delete
  15. Tulisan yg bermanfaat. Terimakasih sdh berbagi mbak. Semoga galvin sdh sembuh dr batuk pileknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...makasi ya Beni, makasi juga atas doanya, Amin YRA

      Delete
  16. Pas banget lagi pilek berat..trus baca tipsnya. Kayanya pengen coba praktek uap yang paling gampang. Ga enak banget klo mampet

    ReplyDelete
    Replies
    1. gws maak...iya cobain ya:) insya Allah bikin lega dan nyaman

      Delete
  17. Aku biasanya pakai terapi uap juga. Pakai magic jar diisi air terus ditetesi minyak kayu putih. Seruangan enak gitu baunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waa kreatif ni mak pake magic jar :D pengganti diffuser.boleh juga nih klo ganti magic jar, yang lama jangan diloakin :p

      Delete
  18. Huwa pasti disukain anak tuh vitamin karakter upin ipin :D
    Nice tips ya mba dewi

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung pada tertarik nih emaang hehe..makasi mak :)

      Delete
  19. Setuju banget nih aku sama home treatment flu ala mak Dew. Btw, rembo itu siapa miii? kok suka matuk-matuk siiihh? Hihhihihiii. Waaaah gavin suka upin ipin pasti juga suka vitaminnya niiihhh <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah...fotonya aku hapus nih mak..si rembo itu ayamnya atok Dalang yang di film Upin Ipin hehe...iya menarik nih gambar vitaminnya Upin Ipin

      Delete
  20. wah.. mamam.sup ayam lagi flu memang enak sekalii.. apalagi ada Citrex ya, tambah enak. Gavin asik bgt bisa ketemu "atok" :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Bundaa...terbantu ya emak2 ada Citrex :) iya ketemu opah sama atok, seneng deh

      Delete

Komen aja nggak papa kok jangan malu-malu. Pilih NAME/URL dan isi dengan URL blog ya, jangan url postingan. Terima kasih temaan....

@deravee

Subscribe