3 YouTube Channel Masak Favorit

Tuesday, August 15, 2017

youtube channel masak favorit

Assalamu'alaikum fans!

Bicara soal masak, saya masak karena harus makan. Jadi kalau dibilang jago masak, nggaak...! Masaknya gitu-gitu saja. Es-te-de (standar). Belum punya satu masakan andalan. Seperti kalau kumpul keluarga biasanya akan terdengar, "Yuk makan ini, buatan si ini loh, jagonya masak rendang... nah masakan inu, buatannya unu". Saya jago masak apa ya??#@

Baca juga: Rahasia Sukses Memasak Rendang

Lalu kalau disuruh milih, masak apa beberes? Saya mending milih beres-beres rumah. Masak itu lelah bok, printilannya banyak, bikin cucian piring jadi banyak. U'uhh... Kadang belum tentu berhasil *gantung celemek*.

Tapi.... giliran sudah terjun ke dapur dan saya dapat menghasilkan sesuatu, wih, rasanya hepi banget. Serasa membuat sebuah maha karya. Saya juga suka menonton tayangan atau video masak. Baik di televisi maupun via YouTube yang tidak berkorelasi linear sama skill masak saya *ngomong sama buku statistik*.

Baca juga: About Me

Iya suka deh intip-intip beberapa line masak di YouTube. Karena saya lebih banyaknya membuat masakan rumah, saya nontonnya video resep masakan rumahan. Kalau butuh resep kue atau lain-lain biasanya googling sesuai kebutuhan saja.

Baca juga:
Brownies Selalu Pas di Hati
Resep Bakpao Mini

Nah nonton video masak itu bagi saya bukan hanya sekadar cari contekan masak. Banyak hal yang bisa saya pelajari seperti:
1. Mencatat resep masakan (pastinya).

2. Menumbuhkan ide masak.

Kadang dari sebuah tayangan saya bisa terinspirasi untuk membuat masakan lain selain dari judul yang saya lihat. Atau bisa juga mendapat ide untuk mengkreasikan salah satu bahan yang digunakan dalam tayangan.

Misal:
Resep Chicken Teriyaki saya gunakan untuk membuat beef teriyaki.
Menambahkan menu salad dalam bekal.


3. Mempelajari teknik memasaknya.
Saya pernah menonton serial masak Thailand yang memasukkan fillet lele goreng dalam racikan bumbu kuah sebuah sup. Hal ini merupakan teknik yang sangat menarik dan baru bagi saya. Ilmu yang mungkin tidak akan saya dapat jika hanya berkutat pada masakan saya sehari-hari.

Contoh lain jika memasak dengan bahan udang, harus diketahui bahwa proses matangnya udang sangatlah cepat, beberapamenit saja. Untuk itu jika dalam resep terdapat bahan udang, udangnya dimasukkan pada urutan terakhir, beberapa saat sebelum kompor dimatikan. Saya juga dapat mempelajari teknik mengiris atau menyajikan dari nonton YouTube.

4. Mengetahui produk apa yang recommended.
Jika dalam resep sebuah masakan diperlukan margarin, tepung maizena, varian saus dan banyak lagi produk kemasan lainnya, ini bermanfaat sekali. Satu macam produk tentu terdiri dari berbagai macam merk. Dengan menonton video masak saya bisa mendapatkan rekomendasi produk yang enak.

5. Mencari tahu alat masak yang digunakan.
Memperhatikan alat-alat masak yang kece menjadi pleasure saya. Entah itu penggunaan pan yang cocok atau jenis food processor yang bagus.

6. Ngeliatin dapurnya
Melihat dapur kece bikin hati sumringah. Sambil belajar masak dapat sambil mencari inspirasi untuk menata-nata dapur.

...and here it is

3 YouTube Channel Masak Favorit:
1. Done in Seven
Done in Seven adalah line masaknya Chef Bara Pattiradjawane. Chef Bara banyak mempraktekkan resep masakan praktis. Sesuai judulnya ----> Selesai dalam 7 menit. Kita bisa belajar resep-resep favorit mancanegara yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Dengan cara masak yang praktis. Semacam mendapatkan cheat memasak. Karena dalam masakannya Chef Bara kadang menggunakan bahan-bahan siap pakai.

Chef senior berjiwa muda ini membawakan acara dengan seru, asyik dengan aksen bicaranya yang ala-ala British. Chef Bara juga suka bagi-bagi ilmu tentang manfaat dari bahan-bahan masakan yang digunakan. Resep yang sudah saya coba adalah Chicken Teriyaki dan Sapo Tahu.



2. Masak dot TV
Hayo siapa yang belum tahu Masak.TV? Channel ini sih sudah ngetop ya. Host-nya anak-anak muda. Biasanya berdua. Gaya bahasa loe-gue khas anak muda bikin tayangan ini mudah melekat di hati penonton. Cara memasaknya mudah diikuti. Ragam tayangannya banyak, tidak hanya menu masakan rumah. Saya sudah pernah mempraktekkan Resep Mie Goreng Tek Tek Dok Dok dari Masak.TV.



3. Kokiku.TV
Kokiku dot tivi punya buanyaaak banget resep masakan. Video resep masak terbagi ke dalam berbagai playlist. Ada 30+ playlist! Wow! Asiknya lagi Kokiku.TV suka menampilkan video tongkrongan jajan yang lagi hits dan juga resepnya langsung dari kedai bersangkutan. Tayangan Kokiku.TV lebih animatif. Chef-nya pun ada banyak. Masakannya macam-macam. Umumnya dengan durasi video yang singkat antara 3 sampai 7 menit. Bikin belajar masak jadi mudah.    



Nah kalau kamu suka nonton video masak apa?

Love,
@deravee     

You Might Also Like

15 comments

  1. Iihy tampilan blognya baru yaaaa.. bagus anet! #salfok :D
    Aku jarang kalau liat masak2an di youtube, seringnya di tv kabela aka, paling seneng liat food channel & TLC, chef favorit Nigella, Jamie Oliver (teteup), Anthony Bourdain dan beberapa chef bule lainnya, kalau chef Indonesia blm ngefans soalnya kadang suka ngga enakeun bawainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiyyy...maacih kakaaa... terbang nih wkwk. Wah TLC masih ada ga ya di channel TV aku,paketan yg basic doang soalnya hihi...klo AFC mantengin teruus.. Coba miih nonton masaktivi,awal mrk bikin line ini buat bantu org2 indo yg kerja d luar, spy bisa ttp bikin masakan indo. Anthony Bourdain fave juga, sama suka nonton Tiffani

      Delete
  2. Kak aku rekomendasiin atu lagi hihi, klo ga salah dapur dina namanya, masaknya kayaknya wenak en gampang diseryai penjelasan yang gampil banget dipraktekin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh asikk...makasi ya mbul, aku pasti cari nanti.. Nambah deh referensinya *kecuup

      Delete
  3. aku gak bisa masak sama sekali. bisanya masak indomie doang wkakakka....harus sering-sering liat utube n praktek kali yaa biar bisa masak kayak dirimu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...gpp mba, dimulai dari indomi :D boleh2..coba praktek dari bikin nasi goreng aja atau sayur bayem hehehe

      Delete
  4. kalau masak.tv dan kokiku.tv saya tahu, tapi yang chef bara baru tahu setelah baca artikel mba ini, makasih yaaa jadi nambah refrensi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh Iyaa...yg dua itu udah familiar ya mba...iya cuz liat2 done in seven juga ya Mbaa:) makasi udah mampir

      Delete
  5. kemaren kemaren sih tiap pengen nyobain satu masakan tertentu nonton video youtube dulu untuk tau resepnya mbak.. tapi bebas aja sih channelnya nggak ada yang langganan.. nah sekarang saya sedang diet, lagi makan masakan yang dikukus n direbus aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubek2 yutub buat dipraktekkin ya mba :) wahh... salut udah bisa makan yg rebus2 sama kukus aja

      Delete
  6. Tiga diatas memang andalan untuk masakan indonesia. Kalau yg masakan luar aku sukanya TheDomesticGeek dan TasteMade

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi infonyaa mba...aq baru tau. Ntar intip2 ah ;)

      Delete
  7. makasih rekomnya kk. aku jarang liat video masak di youtube, pengen liat juga dari video para youtuber yg kk rekomendasikan. aku lebih sering liat resep di blognya justtryandtaste hehe

    ReplyDelete
  8. saya tahunya masak.tv sama kokiku itu. trus ada juga dapurherning kalau nggak salah

    ReplyDelete
  9. Aiish yg done in 7 aku kok ga yakin kalo aku yg masak bakal bisa bener 7 menit selesai hahahaha... Tp menarik semua nih mba.. Aku mw follow 3-3 nya ah, pdhl sbnrnya masak aja jarang banget.. Tapikan lumayan kali aja bisa utk referensi si mba di rumah masak menu baru :p. Kalo masak2an gitu aku palingan cm nonton tasty yg srg ada di FB :D.

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe