Pengalaman Membuat Visa Australia

Monday, January 08, 2024

 

syarat dan cara membuat visa turis australia

Assalamu'alaikum wr.wb,

Hai Keluarga Indonesia, selamat tahun baru 2024 :)

Mengurus dan membuat visa sendiri adalah pengalaman baru bagi saya. Pada bulan November 2023 saya mencoba apply visa ke Australia. Alhamdulillah pada kesempatan pertama ini saya berhasil dan lega sekali rasanya. Bener-bener dag dig dug menunggu hasil pengumumannya, selalu kepikiran jangan-jangan saya ngasih jawaban yang salah.

"Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman." - Albert Einstein.

Dalam mengajukan visa ke Negeri Kangguru ini terdapat berbagai jenis visa kunjungan seperti visa berlibur, berlibur sambil bekerja, bersekolah dan lain sebagainya. Saya mendaftar untuk visa liburan.

 

Note:

Saat ini visa Australia sudah berbentuk e-visa dan pendaftarannya "online" saja melalui situs ImmiAccount! Jadi dalam proses pembuatannya tidak ada kunjungan ke kedutaan Australia atau visa agency seperti VFS Global di Kuningan City, Jakarta. Tidak ada panggilan wawancara ke kedutaan maupun via telepon. Tidak ada berkas fisik yang diserahkan. Tidak ada lembaran visa yang tersemat di dalam paspor. Semua proses hanya melalui website dan e-mail.

- Langkah paling awal adalah membuat akun di Immi Account melalui halaman berikut ini:

 
Setelah masuk ke laman tersebut, lalu klik menu "Immi Account" atau "create Immi Account". Ohya, tampilan situs akan berbeda ya antara handphone dengan di laptop.
 
membuat visa australia
Tampilan ImmiAccount di handphone


 
Setelah meng-klik Immi Account, dilanjutkan dengan membuat akun. Siapkan e-mail, nama akun serta password. Jika sudah sukses membuat ID di ImmiAccount kemudian mulailah kita pada langkah-langkah untuk pengisian formulir pendaftaran visa. Pada halaman ini maka saya memilih menu visa "visitor". 

membuat visa australia


^      ^      ^
Sebelumnya cerita sedikit ya tentang perjalanan ke Australia ini. Sekolah Gavin mengadakan program Immersion ke kota Brisbane, yaitu kegiatan kunjungan antar sekolah dan ikut serta belajar di sekolah lokal di Australia. Kemudian Gavin pun ikut mendaftar di program tersebut. Dengan rangkaian lengkap perjalanan adalah mendatangi tiga kota yaitu Sydney, Gold Coast, dan Brisbane. Nah, saya jadi ikutan berangkat juga deh, tetapi saya hanya pelesiran ke kota Sydney. 
*      *      *

 
Yuk lanjut lagi, untuk mengisi formulir aplikasi visa sebaiknya menggunakan laptop ya. Juga persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan serta scan semua berkas dan simpan file digitalnya untuk kemudian di submit pada saat pengisian formulir.

Status pengisian formulir saya adalah sebagai ibu rumah tangga. Yang membedakan dengan teman-teman sebagai karyawan atau pelajar nantinya adalah pada saat memasukkan file "surat rekomendasi".
 
Daftar Dokumen Pengurusan e-Visa Australia
 
Persiapkan jauh-jauh hari semua dokumen sebelum apply visa dan jadwal keberangkatan karena dipastikan membutuhkan waktu. Berikut daftar dokumen yang harus dipersiapkan:
 
1. Rekening koran dari tabungan pribadi untuk 3 bulan terakhir
Jika rekening teman-teman belum menggunakan e-statement, so pasti bakal butuh effort untuk mencetak ke bank. Just info, bagi nasabah Bank Mandiri bisa mengaktifkan e-statement melalui Livin Mandiri, sehingga dapat menerima laporan rekening koran bulanan secara digital tanpa harus pergi ke bank. Rekening koran BCA juga dapat diunduh melalui klik BCA. Berapa saldo yang dibutuhkan pada rekening koran? Saya tidak punya info pastinya ya, ada yang sharing sediakan saja nominal satu juta rupiah per satu hari di sana.

2. Kartu Keluarga, Paspor, KTP, akta kelahiran dan buku nikah
Siapkan semua identitas pribadi yang sudah di scan. Paspor (dengan minimal masa berlaku 6 bulan), KTP dan akta kelahiran akan dilampirkan pada menu "National Identity" lalu kartu keluarga akan dilampirkan pada menu "Family Register and composition form".

3. Itinerary selama di Australia
Berikut contoh itinerary yang saya buat,
cara mendaftar visa australia

4. Reccomendation Letter (Surat Rekomendasi/Surat Sponsor)
Membuat surat yang satu ini lumayan bingung he he. Sibuk deh saya mencari contoh-contoh di Google. Surat tersebut nantinya dibuat atas nama suami, ditandatangani oleh suami, di atas materai Rp 10.000,-. Surat rekomendasi saya cantumkan pada lampiran "Evidence of planned tourism activities in Australia". 

Bagi teman-teman pelajar atau karyawan tentu akan diperlukan surat rekomendasi dari sekolah atau perusahaan. Surat yang menyatakan di mana teman-teman bersekolah atau bekerja, keperluan perjalanan serta pernyataan "akan kembali lagi ke tanah air".

membuat visa australia


5. Tiket pesawat
File tiket pesawat akan dilampirkan pada menu "Travel Document".

6. Nota reservasi hotel
Waktu itu saya belum langsung memilih penginapan serta kepastian tanggalnya karena memang ada rencana menginap di rumah tante. Nah melalui expedia.com atau booking.com kita dapat membuat nota ini tanpa harus melakukan pembayaran terlebih dahulu. Lalu saya booking saja Dunkirk Hotel agar dapat dilampirkan berkasnya pada aplikasi.

membuat visa australia



Semua dokumen di atas saya lampirkan dalam pengisian formulir dalam format jpg. 
 
Langkah berikutnya adalah pilih "new application" kemudian pilih menu "visitor" dan sub menu "visitor visa (600)." Setelah itu maka teman-teman akan melakukan proses pengisian aplikasi sebanyak 19 halaman.

cara membuat visa australia
1st page of visitor application


Isian formulir akan dimulai pada halaman 2. Pertanyaan yang diajukan adalah:

- Is the applicant currently outside Australia: (yes)

- Purpose of stay? akan ada 4 pilihan yang diberikan. Saya memilih jawaban, "tourist stream (tourism/visit family or friends)

- Give details of any significant dates on which the applicant needs to be in Australia,

(isikan dengan alasan kepergian teman-teman ke Australia).

- dan seterusnya.

Pada halaman-halaman berikutnya akan ada isian untuk data paspor, kartu identitas, identitas-identitas lain, informasi kesehatan pribadi, alamat e-mail, data keluarga yang ikut serta maupun tidak ikut pergi ke Australia, tanggal kedatangan dan kepulangan, apakah bertujuan lain seperti belajar dan berobat, informasi keluarga atau kerabat yang menetap di Australia, riwayat pekerjaan, riwayat keuangan, daftar negara yang sudah pernah dikunjungi beserta tanggalnya, riwayat kriminal, serta pernyataan-pernyataan akan bersedia mendapat pembatalan visa apabila memberikan informasi yang salah serta mau mengikuti setiap aturan yang diberlakukan. 

Baca juga: Rekomendasi Makanan Halal di Beijing

syarat dan cara membuat visa australia

Submit application and payment process

Setelah semua pertanyaan selesai diisi maka bagian selanjutnya adalah mengunduh dokumen-dokumen persyaratan pengajuan visa tersebut. Setelah semua data sudah dipastikan benar, maka teman-teman akan diminta meng-klik tombol "submit". Setelah itu maka akan muncul halaman proses pembayaran visa. Pembayaran dapat dilakukan dengan debit card atau credit card berlogo visa atau mastercard. 

Berapakah biayanya?

Hmm... fantastis ^.^)'. Kaget banget waktu di bagian akhir ini, karena saya sudah cari-cari info dulu sebelumnya, tetapi belum semahal itu. Biaya yang saya bayar adalah sebesar AUD 192.66

Berapa lama visa berhasil terbit?

Waktu cari-cari info di tik-tok, ada yang menginformasikan lama pembuatan visa bisa berbeda-beda setiap orang, bahkan ada yang langsung berhasil hanya dalam 1 jam. Dan pada umumnya akan memakan waktu mulai dari 3 hari, 5 hari atau 7 hari. Saya sukses berapa lama? 14 hari yaa gaes T.T' . Makanya gimana nggak menggalau berhari-hari. Dua minggu nggak tenang menunggu notifikasi e-mail. Dua minggu itu sudah termasuk hari libur ya, jadi kurang lebih 10 hari kerja. Alhamdulillah.

Berapa lama durasi visa travel yang didapat?

Alhamdulillah saya mendapat periode visa selama 3 tahun (berakhir di tahun 2026) dan lama tinggal per kedatangan adalah 3 bulan (multiple entries). Durasi visa yang didapat ini sepertinya juga akan berbeda-beda. Anak saya Gavin yang sama-sama pergi ke Aussie, tetapi pembuatan visanya diurus oleh sekolah, hanya mendapat durasi visa selama 3 bulan.

Kemudian diberitahukan bahwa untuk berjaga-jaga, sebagai bukti sudah memiliki visa agar mencetak lembaran visa tersebut. Saya pun memnyiapkannya bersama paspor pada saat keberangkatan. Bagaimana prakteknya di lapangan, ternyata tidak ada pengecekan apa-apa saat melewati imigrasi di bandara. Canggih, artinya data visa sudah tersimpan dan dapat diketahui langsung oleh para petugas. 

 

Disclaimer:

Semua keterangan proses pembuatan visa yang saya tuliskan merupakan hasil pengalaman. Tidak menggantikan peraturan dan persyaratan resmi yang dikeluarkan oleh lembaga imigrasi. Semua ketentuan dapat saja berubah sewaktu-waktu oleh lembaga yang berwenang.

Alhamdulillah, perjalanan pun berjalan lancar dan menyenangkan, sujud syukur semua karena izin Allah Subhanahuwata'ala. Semoga bermanfaat. Wassalam.


Love,

deravee

You Might Also Like

1 comments

  1. setuju banget dengan kutipan dari Albert Einstein, "Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman."

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe