Langkah Impian Bersama KartuNama.net

Thursday, October 06, 2016

desain kartu nama

Assalamu'alaikum,
Tak henti-henti mata ini berbinar ketika menatapnya. Menatap uang segepok? *mendingan nggak bilang-bilang. Ini loh, lembaran kertas mungil nan cantik, bikin hati berbunga-bunga. Yes, kartu nama saya sudah jadi! Yap Alhamdulillah sekarang saya mempunyai sebuah kartu nama.

Soalnya dalam karir saya yang mobilitasnya antara dapur sama jemuran, tak terlintas setitik pun akan memiliki kartu nama. IRT(s) = ibu rumah tangga (sekali). Tanpa kartu nama pun si bapak sayur langganan bolak-balik nyariin sih ((nawarin job masak isi gerobaknya)).

Alhamdulillah ya Allah, serasa mimpi. Semua berkat ngeblog. Ngeblog-in seputar kegiatan sehari-hari. Hati senang riang gembira dapat kartu nama sebagai blogger dari KartuNama.net dan Blogger Perempuan. Terima kasih KartuNama.net, thank you so much BePe. Love you. Makasih juga atas ajakannya sahabatku Mama Dian untuk mendaftar sponsorship kartu nama di Blogger Perempuan.

Baca: Multitasking Ibu Selagi Mencuci

So, apa saja eksistensinya sebuah kartu nama bagi para blogger. Kartu nama akan menunjukkan ke-profesionalitas-an seseorang dalam menekuni suatu bidang maupun sebagai penulis blog. Wah, saya yakin setiap orang ingin menjadi profesional dalam bisnisnya masing-masing.

Jadi agak berat nih bahasannya. Mari kita sharing sama-sama ya teman, saya belum mumpuni bicara profesionalitas ((emang blog-nya belum profesional)). Bahasannya ada pada lingkup sebagai personal blogger.

kartu nama

desain kartu nama

Kartu Nama Sebagai Bentuk Profesionalisme
Dengan memiliki kartu nama setidaknya sudah menunjukkan keseriusan sebagai blogger. Sudah menjejak satu langkah ke depan. Ini berarti blog yang dikelola siap untuk menerima kerja sama dengan agency/brand. Wih siap-siap meraih mimpi. Tapi bagaimana sih profesional sebagai blogger itu?

Sebelum mengaku-ngaku profesional, ada baiknya kita sudah melakukan beberapa langkah seputar ngeblog. Hmm, apa saja ya?

Langkah-langkah Menjadi Blogger Profesional:
1. Menggunakan domain pribadi
Alamat blog atau website-nya sudah memakai domain pribadi, misalkan namakamu.com. Jadi tidak lagi bergandengan mesra dengan akhiran blogspot.com atau wordpress.com. Seperti blog ini sekarang sudah memakai domain pribadi.

2. Identitas blog-nya jelas
Begitu kita memberikan kartu nama kepada orang lain, tujuan pertama jelas ingin memperkenalkan blog yang kita kelola, yang tercantum pada kartu nama. Kita siap menerima 'tamu'. Supaya tamu nggak bingung dan blog kita mudah untuk dikenali, maka identitas blog harus jelas, mencakup:

  • nama dan foto blogger beserta sekilas profil empunya blog
  • isi blog-nya mengenai apa
  • kontak email dan media sosial yang aktif (dan juga tidak dikunci)

3. Artikelnya selalu update
Secara tersirat, saat kartu nama berpindah tangan, artinya kita mengundang rekan untuk datang ke rumah maya kita. Penting nih sebagai wujud profesionalisme dalam ngeblog, artikel blog harus update. Minimal di-update 1 atau 2 minggu sekali.

Atau seminimal-minimalnya, di bulan itu sudah ada 1 postingan yang mejeng di blog. Sehingga kalau-kalau ada yang mampir dan kepo sangat sama tulisan kita, ada artikel segar yang bisa dipamerin. Ibarat ada tamu ke rumah, kamu nggak bakal nyuguhin gemblong keras yang sudah kelamaan di kulkas kan? Kasih yang anget gan.

4. Mencantumkan disclosure pada blog
Disclosure/pengungkapan. Tentang disclosure pernah dibahas di grup facebook Blogger Perempuan atau dapat dibaca juga pada artikel Mba Shintaries.

Disclosure merupakan informasi yang menerangkan bahwa blog kita menerima kerja sama, apa saja bentuk kerja samanya, bersedia menerima kompensasi yang seperti apa dan timbal balik apa yang saja yang akan diberikan kepada brand. Hal ini juga sudah menjadi ketentuan Google.

Disclosure dapat dibuat pada laman tersendiri. Nantinya anchor link disclosure ini akan tercantum pada setiap blogpost berbayar yang kita buat. Belum ada yang ngajak kerja sama? kata mba Shinta, buat dulu aja disclosure-nya, siapa tau habis itu ada yang nawarin job review. Bener tuh... Jika belum tahu seperti apa isi disclosure, sila mencontoh milik saya yang tertera pada bagian atas blog.

5. Ingin dikenal.
Belum terkenal? aku rapopo tidak apa-apa. Tetapi jangan sampai tidak ingin dikenal. Brand/agency yang ingin mencari blogger untuk diajak bekerja sama, tentu menaruh harapan produknya akan semakin tersebar luas. Pasti yang dipilih juga blogger yang aktif di media sosial. Ingin dikenal maksudnya berusaha memperkenalkan blog-nya dengan rajin share di media sosial.

6. Disiplin
Berkaitan dengan poin 3, bila kita sudah berkomitmen untuk posting 2x dalam seminggu atau 1x seminggu atau bahkan setiap hari, blogger harus disiplin dengan aturannya sendiri. Hal ini tentu dibutuhkan dalam etos kerja ketika kita sudah bekerja sama dengan brand. Bila ada tawaran menulis job review agar blogger dapat memberikan laporan link sebelum tenggat waktu perjanjian.

7. Menjaga etika
Seorang blogger adalah influencer, penting untuk menjaga perilaku, seperti tidak curhat berlebihan di media sosial, memicu perdebatan soal pimpinan politik atau membuat fitnah terhadap sebuah produk/jasa. Mengapa? Karena brand yang ingin menawarkan job pasti menginginkan citra produknya terjaga dengan baik.

Baca: Menjadi Smart Blogger, Generasi Masa Kini

7 poin di atas kiranya adalah langkah-langkah umum untuk menjadi blogger profesional serta dikenal. Selain itu masih banyak lagi hal-hal penting lainnya yang diperlukan seperti mencantumkan statistik blog, membuat laman about me dan lain sebagainya. Saya tidak membahasnya lebih jauh. Teman-teman dapat mempelajarinya pada postingan teh Langit Amaravati.

Kartu Nama Sebagai Personal Branding
Bagaimana penampakan kartu nama akan menjadi bagian dari branding blog. Jadi, pikirkan matang-matang desain seperti apa yang dapat mewakili kepribadian blogger dan website-nya.

Tips dalam membuat kartu nama:  
1. Desain yang selaras dengan template blog
Saran ini tidak menjadi kewajiban. Tapi ada baiknya apabila kartu nama juga selaras dengan tampilan blog. Contohnya, gunakan tema warna serta huruf dan karakter yang sama. Cara ini akan menunjang branding yang dilakukan blogger karena adanya kemiripan visual pada blog dan kartu nama. Sehingga semakin mudah diingat.

Saya masih punya pe-er nih, karena desain kartu nama dengan template blog saya masih timpang. Header yang saya pakai saat ini juga kurang mencerminkan isi blog saya. Nanti saya berencana menggantinya agar lebih seirama, antara desain blog dan kartu nama.

2. Memuat informasi pribadi
Yang harus tercantum dalam kartu nama blogger:
  • nama
  • profesi: untuk blogger, ingin dikenal sebagai blogger apa
  • logo blog (bila ingin dicantumkan)
  • nomor seluler yang dapat dihubungi
  • alamat e-mail
  • alamat blog
  • akun media sosial: facebook, twitter, instagram

3. Satu nama untuk semua media sosial
Ini juga penting sebagai personal branding. Nama yang sama akan lebih cepat dihafal juga dapat memudahkan brand maupun pengunjung dalam menemukan 'keberadaan' kita di media sosial.

Lagi-lagi jangan contoh kartu nama saya, heu heu... Akun twitter dan instagram belum bisa lepas dari nama @deravee.


kartu nama

desain kartu nama


Manfaat Memiliki Kartu Nama
Setelah punya kartu nama trus buat pajangan, kece kan? Ya jangan dong. Bagikan, sebarkan, kepada agency/brand atau rekan-rekan sesama blogger, misalkan ketika mendatangi event, workshop atau blogger gathering.

Kartu Nama akan Menjadikan Blogger:
1. Lebih bergengsi
Walaupun sebenarnya membuat kartu nama bisa dilakukan siapa saja dan biayanya cukup terjangkau. Tetapi akan menimbulkan kesan yang berbeda antara dia yang namanya tak boleh disebut yang mempunyai kartu nama dengan yang tidak. Blogger akan meninggalkan kesan istimewa jika menyerahkan sebuah kartu nama.

desain kartu nama
People will forget what you said. People will forget what you did. But people will never forget how you made them feel - Maya Angelou

2. Profesional
Kartu nama menunjukkan profesionalitas seperti dibahas tadi. Secara tersirat, dengan menyerahkan kartu nama, blogger berani menawarkan dirinya untuk bekerja sama.

3. Semakin dikenal dan membuka peluang
Semakin banyak menyebarkan kartu nama juga akan membuat diri kita atau blog kita diketahui banyak orang. Ini tentu akan membuka peluang kerja sama yang semakin banyak. Amin.

4. Menyelamatkan peluang
- mungkin dia lupa namamu, tapi ingat kartu namamu
Bisa saja klien lupa sama kita, kemudian suatu saat dia mau mengajak kerja sama, tapi sayang... lupa dengan nama kita, eh dia inget, ohya, yang waktu itu nyolek-nyolek ingin ngasih kartu nama.

- mungkin dia lupa alamat web-mu, tapi dia sudah simpan kartu namamu.
Si klien inget sama kamu, tapi kok ya lupa, apa ya blog-nya, lantas dia mikir, oh ya, cek saja di kartu namanya, kan sudah disimpan dihati.

5. Promosi gratis
Membagi-bagikan kartu nama dapat menjadi ajang promosi blog. Makna gratis di sini adalah blogger tidak perlu membayar orang atau tempat ketika membagikannya. Apalagi dengan biaya yang terjangkau lalu mendapatkan 1 box kartu nama full desain yang kece abis? Cuma di kartunama.net.

Kalau saya Alhamdulillah memang dapat gratisan. Makanya join Blogger Perempuan, banyak kesempatan emas di sana.

Wejangannya sudah kepanjangan nih, padahal teman-teman sudah nggak sabaran pingin punya kartu nama juga ya. Langsung saja yuk pesan di KartuNama.net (sponsored post, refers to disclosure)

business card


Yang paling saya sukai dari pesan kartu nama di sini adalah boleh order hanya 1 kotak! Nah kan, nggak ngeberatin kantong. Trus bisa juga pesan lebih dari 1 kotak tetapi dengan desain yang berbeda-beda. Poin penting nih, seru banget bisa punya macam-macam kartu nama. Harga pembuatan kartu nama mulai dari 45 ribu rupiah per kotak. Pilihan kertasnya juga banyak, dapat disesuaikan dengan selera serta budget masing-masing. Boleh pesan satu sisi maupun bolak-balik (dua sisi).

Cara Order Kartu Nama di KartuNama.net
kartu nama

Setelah proses order selesai, total pembayaran serta nomor rekening bank tujuan akan ditampilkan pada layar. Setelah itu juga akan ada konfirmasi pemesanan yang dikirimkan ke email.



desain kartu nama
website kartunama.net

Saya sendiri suka sekali dengan kartu nama personal saya dari KartuNama.net. Elegan. Tata letaknya adalah landsacape atau menyamping. Kertasnya tebal sehingga kaku tidak mudah meletot.

Jenis kertasnya BW yaitu kertas polos tidak licin dan tidak mengkilap. Gambarnya sesuai dengan desain yang saya kirimkan (desain karya adik ganteng @wira_aditya). Warna pastel mendasari tema kartu nama saya agar nyaman dipandang, dengan warna toska mendominasi dan warna-warni ceria sebagai kombinasi.

Kelebihan pesan kartu nama di kartunama.net

Jenis kertas dan daftar harga
Ilustrasi awan dan balon udara sebagai representasi dari blog saya yang bertemakan aktivitas keluarga. Hasil cetakan kartunya bagus sekali, tidak ada kesalahan  tinta yang beleber atau huruf yang berbayang. Beleber cyiin... Yang review orang awam, mohon dimaklumi ya :'> nanti Dewi kasih kartu nama deh.

Cuttingnya juga sangat rapih dan ukurannya pas di dompet. Sisi belakang adalah logo kartunama.net. Jumlah 1 box yang saya terima sebanyak 96 lembar. Untuk pemesanan umum akan berjumlah genap 100 lembar. Dikemas dalam kotak mika.

Selamat datang penghuni baru dompetku, yeay... Jangan ngiri ya sama kartu nama saya, like a pro, isn't it?

premium business card

Saya kasih ide desain kartu nama deh biar nggak pada ngambek. Nah abis itu tinggal pesen biar pada punya juga :)

Inspirasi Desain Kartu Nama:
1. Kartu nama dengan foto.
Menggunakan kartu nama dengan foto dapat menjadikan kartu namamu beda dari yang lain. Membuat kartu namamu makin personal. Contohnya pakai muka saya sendiri hee...

kartu nama pakai foto

2. Ilustrasi wajah
Saya tertarik juga dengan ide yang ini, unik dan menarik. Foto wajah kita dapat di edit terlebih dahulu ke dalam bentuk sketsa wajah dan kemudian dijadikan desain kartu.
card name
sumber: pinterest (1)
 3. Desain kreatif dengan icon menarik
Seperti di bawah ini juga dapat dijadikan contoh, tinggal diatur dengan kebutuhan informasi yang ingin ditampilkan.
kartu nama blogger
sumber: pinterest (2)
 4. Desain kreatif warna-warni
Idenya sangat kreatif, eye-catchy dan colorful. Sebelah kiri adalah logo dan sebelah kanan adalah identitas pemilik kartu nama.
kartu nama
sumber: pinterest (3)
5. Desain kreatif warna-warni vertikal
Kartu nama dengan layout menyamping sudah sangat umum, coba tampilan desain vertikal yang satu ini.

kartu nama
sumber: pinterest (4)
Oke, sekian dulu ya. Semoga saya dan pembaca semua dapat meraih mimpi untuk semakin maju dan menjadi profesional, Amin Ya Rabbal'alamin. Bisa dimulai dengan membuat kartu nama ;p Teman-teman ada yang punya tips menjadi blogger pro? atau ide fantastis desain kartu nama? share yuk di sini. Selamat membuat kartu nama, nanti tuker-tukeran ya... Semoga bermanfaat. Wassalam.

Be happy,
@deravee

www.kartunama.net
Kontak
Email: order@kartunama.net
Whatsapp: 0896 6069 6523 (WA)
Telpon: 021 3192 2251

Jam Operasional
Senin - Jum'at
09.00 - 17.00

*Selain gambar pinterest adalah dokumentasi pribadi.

Referensi:
kartunama.net

Gambar pinterest:
2- https://id.pinterest.com/pin/534450680763189281/
3- https://id.pinterest.com/pin/2040762311108567/
4- https://id.pinterest.com/pin/20688479517445138/
5- https://id.pinterest.com/pin/450852612679319719/

You Might Also Like

18 comments

  1. Aku tdnya ikutan giveaway ini tapi kemudian fileku ga sesuai, aku ga sreg sama template, ga bisa desain juga. Babai deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada giveawaynya juga mak...baru tau, yaa sayang juga ya.. Tapi kartunamanet sering ngadain sponsorship kayanya, coba colek2 temen yang jago desain dari sekarang mak hehehe

      Delete
  2. Selamat ya Mbak, kartu namanya sudah jadi. Terus melangkah maju menuju bloger profesional. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi banyaak mak Nurin... Amin amin...doa yang sama untukmu ya :D

      Delete
  3. Keren banget info & tipsnya Mba :)
    Aku ngga punya kartu nama euy hihihi, maluu blognya masih piyik & biasa2 aja *ngga pede abisss* Alhamdulillah sekarang blogger2 di Indonesia diperhitungkan seperti di Luar Negeri ya Mba, jadi bikin tambah semangat ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi banyak mak San :D jadi malu, moga bermanfaat ya karangan aku hehe... Siapa tau dibuka sponsorship lagi mak, tar ikutan abis itu punya deh :p Amin..blog mak san bagus2 gitu kontennya, apanya yang biasa he he he iya sekarang blogger makin dicari sebagai influencer ya mak

      Delete
  4. Aku belum pede punya kartu nama blogger,hahaha. Tapi klo lihat designnya yang unyu jd pingin punya juga,hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo maak bikin, buat dicemplungin kalo dateng event, xixixixi

      Delete
  5. Thanks inpo nya mba. Langsung bikin kartu nama ach. Semangat ngeblog lagih. Salam kenal mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama semoga bermanfaat ^^ salam kenal juga mak Laurent... Makasih kunjungannya...semangat semangat

      Delete
  6. Aku juga lagi pesan kartu nama di kartunama(dot)net ini. Jadi nggak sabar liat kartu nama pesenanku datang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau juga dooong liat... Bagi-bagi aku ya Dew :D

      Delete
  7. Mauuuu....kece kalau udah ada kartu nama..aku apa apa belum punya, cuma punya kartu penduduk :D ha ha ha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada tamu jauuh... Ha ha Dewi mah ga pake kartu nama juga udah kece badai ;p

      Delete
  8. Wah dapat ilmu baru, cakep mbak kartu namanya. Aku punya beberapa kartu nama, pengennya ngebranding diri sendiri, tapi saat ini lebih banyak brandingin kantor, jadi lebih sering bagiin kartu nama kantor, hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi banyak mak Fian...soalnya udah ada yang dari kantor ya mak, jadi dobel2...

      Delete
  9. Aku juga bikin di kartunama.net dong. Suka suka suka sama hasilnyaaaaa. Eheheheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bikin kan diajakin kamuuu...makasih makasih makasih hehehe

      Delete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe