Menjadi Smart Blogger, Generasi Masa Kini

Thursday, April 14, 2016

smartfren


Pagi itu di hari yang cerah, secerah Gavin yang berkaos merah, siap mengantar Maminya. Mami mau kemana? Mau jadi smart Mama *Amin*. Urusan ngeblog, Saya masih banyak belajar. Kemampuan ngeblog Saya belum ada apa-apanya. Banyak sekali hal-hal baru yang dapat dipelajari di sini. Di antara manfaat ngeblog, ternyata juga dapat menghasilkan uang. Tetapi tentu saja uang tidak datang tiba-tiba. Mereka yang sudah mendapat bayaran menulis artikel dari sebuah brand jelas mempunyai kompetensi menulis maupun mengelola blognya dengan baik.

Sudah pernah belajar langsung tentang ngeblog? Belum sama sekali. Saya sangat berharap dapat mengikuti suatu kelas blogging. Alhamdulillah pada akhirnya kesempatan itu datang. Pada hari Minggu tanggal 10 April 2016 Saya mendatangi Open House "Forum Lingkar Pena (FLP) Bekasi". Dalam rangka pembukaan FLP Bekasi angkatan ke-13, FLP juga mengadakan sebuah seminar yang bertajuk "How To Monetize Your Blog" dengan narasumber seorang blogger kawakan yang dikenal dengan panggilan Kang Arul bertempat di UNISMA Bekasi.

Senang sekali dapat menghadiri acara penuh manfaat yang terjangkau dari rumah. Acaranya dilaksanakan di salah satu ruang kelas milik Fakultas Pertanian UNISMA Bekasi. Padahal Saya mau menimba ilmu, eh tidak disangka, sampai di sini malah diajak menjadi pengusaha oleh KUDO. Apa itu KUDO? KUDO merupakan singkatan dari Kios Untuk Dagang Online. Ini namanya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. 

Diajak jadi pengusaha? mana mungkin Saya nolak, caranya pun mudah. Untuk memulainya kita harus men-download aplikasinya terlebih dahulu, namanya "KUDO Apps" yang terdapat di Google Play Store. Nah, melalui aplikasi KUDO ini, terdapat 3 hal yang dapat dilakukan, yaitu: berbelanja online, membeli pulsa dan membayar tagihan.

Saya sendiri termasuk suka belanja online, kalau beli pulsa sama bayar tagihan, sudah pasti rutin begitu juga teman-teman kan. Tapi setiap kali belanja online, habis itu harus cepat-cepat bayar ke ATM, berhubung waktu transfer umumnya hanya 1x24 jam, lalu sepulangnya dari ATM, tiba-tiba langsung tepok jidat "Yah... kenapa tadi nggak sekalian bayar listrik, mana pulsa juga mau habis", terpaksa balik ke ATM lagi, ngabisin waktu lagi, tenaga lagi, bedakan lagi.

Repot juga ya, ternyata kita sering dibuat bolak-balik ke ATM atau loket pembayaran untuk menyelesaikan berbagai transaksi dalam rutinitas kita. Kini KUDO hadir menjawab semua itu. Sekarang melalui KUDO Apps berbagai transaksi dapat diselesaikan sekaligus! Dan asyiknya lagi, kita nggak hanya dapat kemudahannya, tetapi juga dapat untungnya. Haa kok bisa, bayar tagihan kitanya untung? Ini dia kerennya KUDO, karena setiap kita melakukan transaksi melalui KUDO, kita dapat komisi juga loh.

Bayar listrik buat diri sendiri saja dapat komisi, coba kalau ibu sebelah numpang bayar lewat kita, lalu ibu-ibu arisan mau pesan gamisnya Hijabenka dari kita. Huwaa.. bakalan makin banyak lagi komisi yang kita dapatkan. Wih, beneran ya, peluang menjadi pengusaha sudah ada dalam gengaman kita.
  
kudo
KUDO Apps: Satu aplikasi untuk berbagai transaksi


Setelah menjadi pengusaha, saatnya menjadi Smart Mama, lengkap deh. Suasana seminar "How To Monetize Your Blog" begitu menyenangkan karena Kang Arul yang pandai menyisipkan guyonan di setiap ilmu yang disampaikannya. Kang Arul menjelaskan apabila kita sudah serius menekuni dunia blog untuk melakukan 5 hal.

5 Hal Yang Harus Dilakukan Oleh Blogger
1. Bergabung dengan komunitas blogger:
Sekarang sudah banyak brand yang ingin beriklan lewat komunitas, karena melalui komunitas rich and engagement-nya lebih luas sehingga iklan akan cepat sampai kepada masyarakat.

2. Rajin dan aktif mengikuti kegiatan blogger seperti mengikuti lomba dan menghadiri event:
Blogger perlu aktif mengikuti lomba sebagai sarana mengembangkan diri. Supaya bisa sering update info lomba, seorang blogger harus memiliki perangkat yang memadai. "Ingat, jangan sampai paket datanya habis", canda Kang Arul. Pakai paket yang unlimited dong, jadi nggak bolak balik kehabisan kuota. Blogger juga perlu mendatangi event untuk memperluas jaringan.

3. Mempromosikan blog secara independen kepada klien:
Mulailah belajar untuk mereview produk walaupun tidak mendapat bayaran. Kemudian bagikan di media sosial hingga fan page brand tersebut agar semakin banyak yang mengenal tulisan kita.

4. Menulis yang baik dan berperilaku baik pula.
Sebagai blogger kita adalah 'digital influencer', tentunya kita harus menjaga tingkah laku. Selalu sampaikan hal-hal positif yang ada di sekitar kita. Jangan menulis status yang menjelekkan orang atau produk lain walaupun kita tidak menyukainya. Seorang blogger juga harus dapat membangun brand pribadi secara independen dan menulis dengan baik. Review-lah produk sesuai kapasitas diri kita dalam menggunakannya.

Contohnya, apabila Saya sebagai emak-emak akan me-review handphone (hp), tidak perlu seolah-olah Saya menguasai teknologi hp secara mendalam dan menjelaskan teknisnya secara rinci. Cukup tuliskan sesuai pengalaman dalam keseharian Saya menggunakan hp tersebut dan cantumkan tautan. Misalkan, Saya suka posting foto selfie pakai hp ini, hasilnya bagus karena kamera depannya sudah 5 mega pixel.

5. Percaya jika rezeki datangnya dari Allah Yang Maha Kuasa.
"Kalau Anda ingin menjadi blogger dan mendapatkan uang yang bagus, hilangkan pikiran Anda bahwa apa yang Anda tulis harus mendapatkan uang, kerjakan semua dengan ikhlas, karena percaya saja bahwa rezeki di tangan Allah Yang Maha Kuasa, kita berusaha selebihnya Allah yang menentukan." pesan kang Arul.

blogger
Kang Arul membagikan ilmu ngeblognya dalam suasana serius tapi santai


Jam dinding kampus sudah menunjukkan pukul 11.30 WIB, waktu berjalan begitu cepat, tak terasa kami hampir tiba di penghujung acara. Setelah Kang Arul membagikan jurus ngeblog-nya, Kang Arul masih menyempatkan diri untuk mengajak peserta berlatih menulis lewat beberapa game seru dan menyuguhkan sebuah video menarik.

Kemudian FLP Bekasi menghadirkan Tim Smartfren 4G LTE ditengah-tengah peserta. Smartfren dengan layanan 4G LTE Advanced sangat mendukung kegiatan blogger yang harus selalu online. Smartfren baru dengan jaringan 4G LTE Advanced, sekarang internetnya lebih cepat dan stabil. Jadi nggak bakal ada lagi deh cerita nge-draft lomba, upload fotonya lambat, padahal deadline-nya 1 jam lagi atau mau daftar event, buka facebook-nya susah banget. 

smartfren 4G LTE
Kang Dani dari Smartfren 4G LTE


Apalagi kalau mau nilai alexa-nya ramping, blogger harus rutin meng-update blognya, penting banget nih koneksi yang cepat dan stabil. Internetnya canggih gitu pasti hp-nya mahal ya? It's a big NO. Kalau teman-teman mau tahu nih hp "Smartfren Andromax R2" yang kameranya sudah 13 mega pixel saja harganya nggak sampai 2 juta rupiah. Padahal setahu Saya, hp dengan spek yang sekelas harganya bisa di atas 2,5 juta rupiah. 

Mau yang lebih ramah lagi di kantong? Bisa pilih "Smartfren Andromax E2" atau perlu modemnya saja, pakai modem kece "MiFi Andromax". Gadget keren Smartfren Andromax selain dapat dibeli dengan harga yang super terjangkau, bonusnya juga banyak. Mulai dari bonus bicara sampai bonus kuota dan hanya dengan 75 ribu rupiah per bulan, kita bisa browsing dan download sepuasnya lewat paket internet "True Unlimited" Smartfren 4G LTE Advanced.

Selamat ngeblog ya, kalau kata Kang Arul, "Buruan deh update info lomba supaya cepat ROI (Return of Investment) aka balik modal". Soalnya pakai Smartfren 4G LTE Advanced, akses datanya cepat, jaringannya luas dan stabil. Teman-teman bisa update kapan saja di mana saja berkat jangkauan Smartfren 4G LTE Advanced yang sudah sampai hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Love,
DRP

#FLPBekasi  #SmartfrenCommunity  #Generasi4G

You Might Also Like

35 comments

  1. Klo riview gadget aku masi blum ahli mb, masi hard selling banget ni
    Ijin nyerap ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Nita, ilmunya Kang Arul nih.. insya Allah pelan2 Nita mah bisa deh, review mobil aja jago kan, hihihi

      Delete
  2. Aaaaaaaak keren bangeeeeeettttt! Enak dibacanya Mak, padet. Kata-katanya juga berasa bercerita.. Nggak berbelit-belit dan to the point! Aku sukaaaaaa. Aku belom bisa nih beginiii. Ayo mak rajin update blog, biar aku bisa nyerap ilmu lewat postingannya lagiiii. Hihihihihii. Semoga menang ya mak lomba blognyaaa. Nih peserrta lain juga pasti keren-keren ya, penasaran ih siapa yang menang. Mak Dewi pasti juara ini siiihhhh. Aaaaaamiiinn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaaakk Mak Dian, kamu selalu menyenangkan hatiku..Amiinn...makasi udah didoain Maaak, sama2 semoga lomba2nya menang juga ya maak

      Delete
  3. mengikuti jaman ya mbak, makin kesini makin canggih semuanya jadi kita harus smart apalagi seorang blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Mariana, semua makin canggih ya, tp kesempatan juga byk kalau mau berusaha, makasi udah mampir ya

      Delete
  4. Aku suka mbaaaak tulisannya. Tipsnya ay catet ya mbaa. Trus ditempel dan dipraktekkin. Bismillah. Makasih mami Gavin :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi banyak Ai.. tulisan habis menimba ilmu yaah, langsung berubah total, hhehehe.. Bismillah, sama2 belajar kita dek

      Delete
  5. Kereeeeeennnn banget tulisannya,,,suka..suka suka... Good luck mak Dewi..:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mak Fera..gurunya yg keren nih, biasanya tulisan aq ngalor ngidul :D good luck juga buat mak Fera :*

      Delete
  6. Wah keren mba info-infony.. ngena bgt di blogger nwebie kayak aku
    Salam kenal ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Siti..salam kenal juga ya..sama2 blajar ya qt^^ makasi ud mampir

      Delete
  7. Iiissshhh wajah baru nih blognya... Aku blm sempet rapih-rapih nih..
    Maaakkk gw iri ahh. Gak pernah bisa ikutan event kaya gini. Lebih sering diadain di weekday dan sekalinya weekend, pasti bentrok sama acara lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. modal header aja ni maak, hehe.. Templatenya bawaan bp.. Iya banyakan weekday ya, smg kapan2 bisa mak Wiaan

      Delete
  8. Kalau ikut-ikut lomba atau giveaway gitu daku sering kalah huhuhu. Sudah, itu masa lalu. Nggak perlu dibahas *mengalihkan pembicaraan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh sama dong, huhuhu... *nangis bareng deh *malah curcol

      Delete
  9. keren aplikasi kudo itu. sangat membantu untuk orang2..khususnya para blogger indonesia. dan tulisan yang di sampaikan di atas juga sangat menarik perhatian para pembaca. sukses...

    ReplyDelete
  10. thanks banget mbak... banyak ilmu yg bisa didapat dari tulisannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mb Yulie^^ Amin, smg bermanfaat ya..makasi ud mampir

      Delete
  11. wah lengkap banget nih, makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mak Tira, makasi sdh setia mengunjungi, slm buat mas Adit

      Delete
  12. Mbak, FLP Jakarta ada gak sih? Wih narasumbernya kece Kang Arul ^^ banyak banget ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya ada mba Titis,biasanya jkt pusatnya,ato colek mak Uci Risalah bisa mba utk cari info..iya top bgt nih narsumnya:)d

      Delete
  13. Dulu aku males aktif di komunitas tapi sekarang mulai terbiasa. Seru juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru mba,insyaAllah makin byk ilmunya,Aamiin.. welkam to de grup mak Enny:)

      Delete
  14. Betuk Mbak, rejeki datang Allah. Yang penting kita selalu semangat buat terus improve dan berusaha semaksimal mungkin termasuk belajar hal baru. Aku pernah ikut juga kelas Kang Arul Mbak, waktu itu di rumah dunia Gola Gong. Bersama Kudo juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mb Levina, salam kenal. Iya mba, pokonya kerjain apa yg qt bisa ya. Rmh gola gong itu d mana mba?

      Delete
  15. Hmm muantappp mbak terima kasih nih okeh juga.
    Salam kenal mbak.

    ReplyDelete
  16. Mupeng deh ikut seminarnya Kang Arul.
    waktu itu ada rencana ngisi Semarang ternyata batal. Semoga lain kali ada kesempatan :)

    Makasih sharingnya Mba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mupeng yaa mba,aq juga mau bgt deh ikut lagi.. Iya mba, Amiin.. Semoga segera ada kesempatan yaa

      Delete
  17. Bener bgt tips2nya. Saya mendapat banyak manfaat dgn ikut berkomunitas.. memjadi smart blogger is a must ya.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...semoga sama2 menjadi smart blogger ya mak..aq juga Alhamdulillah bisa ikut komunitas, makasi ud mampir mak Ira

      Delete
  18. Salam kenal mbak ratih. Tulisannya sangat bagus dan menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas Ferry.. Amin, makasi mas, msh tahap belajar :)

      Delete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe