Berlibur Ke Singapore dan Legoland Malaysia, Info Trip: Tiket, Transport dan Modem Wi-Fi (2023)

Thursday, June 01, 2023

tiket pesawat ke singapore

Assalamu'alaikum,

Hai Keluarga Indonesia, gimana kabarnya? Mami Gavin mau sharing cerita liburan :) Eits, asyik donk! He he, Alhamdulillah ya, jadi nambah pengalaman baru. Tujuan utamanya mengajak Gavin ke Legoland Theme Park yang berada di Malaysia dan pelesiran di Singapore.

Sebagai info, di Legoland Malaysia, selain Theme Park, terdapat juga Water Park dan SEA Life. Kami pergi pada tanggal 17, 18 dan 19 Mei, dan bermain ke Legoland di tanggal 18 Mei 2023. Saat itu di Indonesia adalah hari libur nasional Kenaikan Isa Al Masih, sedangkan di Singapore dan Malaysia tidak libur (weekday).

Harga tiket Theme Park yang kami beli di tiket.com sebagai berikut:

Dewasa (12-59), 1-Day Theme Park: IDR 657,772

Anak (3-11), 1-Day Theme Park: IDR 526,306

Lalu ada voucher diskon sebesar IDR 92,093 yang bisa di-claim, total akhir setelah diskon adalah IDR 1,749,757. Biaya tersebut sudah termasuk ppn 11%. Alternatif lain pembelian tiket bisa juga melalui Traveloka. Setelah aku cek harga totalnya lebih mahal +- sebesar 150 ribuan. Bedanya kalau membeli tiket via Traveloka, tiket tersebut memiliki durasi pemakaian yang lebih panjang yaitu dapat digunakan hingga 7 Agustus 2023. Sedangkan di tiket.com yang harganya lebih murah, tiket hanya berlaku khusus di satu hari yang dipilih. Jadi ada plus-minus nya masing-masing yaa!

tiket legoland malaysia

Note: Legoland Malaysia libur setiap hari Rabu, jadi pastiin dulu kapan kamu available untuk bermain di sana supaya tidak sia-sia.

legoland theme park malaysia
Jadwal hari libur Legoland Malaysia setiap Rabu

lego technic at legoland malaysia
Harga tiket theme park di website Legoland Malaysia

Itinerary 3 Hari 2 Malam Singapore-Malaysia

Provider:

Berangkat dari Bandara International Soekarno Hatta pada hari Rabu, 17 Mei 2023 menuju Changi International Airport Singapore menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Tiket Legoland: tiket.com (@tiketcom)

Modem WiFi: Java Mifi (@javamifi)

Hotel: Agoda @agodaindonesia (Concorde Hotel)

Travel (transfer) Singapore - Johor: SGMY Taxi

Transport Changi Airport - Concorde Hotel: taksi bandara

Transport dalam kota Singapore: Bus dan MRT menggunakan EZ Link Card

^

Day 1: Jewel Changi - Merlion Park.

Sampai di Changi Airport sekitar jam 10.30 waktu Singapore. Untuk pergi ke Singapore jangan lupa mengisi SG Arrival Card di website https://eservices.ica.gov.sg/sgarrivalcard/  sebagai persyaratan keluar masuk SG.

Destinasi wajib kali ini pokoknya saya pingin melihat air terjun buatan yaitu Jewel Changi. Setelah keluar dari imigrasi, saya langsung mengajak Gavin kesana. Wah jalan kakinya lumayan jauh ternyata, untung cuma bawa koper kecil. Tapi suasananya sangat menyenangkan, karena dapat melihat Sky Train yang lalu-lalang antar terminal juga turis-turis mancanegara yang hilir-mudik.

Lalu di Jewel Changi Shopping Mall ini terdapat banyak pertokoan mevvah, playground, indoor garden dan beberapa wahana lainnnya. Di bandara saja sudah menjadi destinasi wisata tersendiri bagi wisatawan, sangat menarik. Jewel-nya keren banget, pokoknya saya amaze dan happy bisa melihatnya. Kalau mau santai dan menikmati waktu di sini bisa banget. Karena di sekitaran memang disediakan tangga-tangga duduk juga bangku kayu.

Baca juga: 5 Objek Wisata di Jakarta Selatan yang Asik untuk Keluarga

merlion park singapore
Merlion Park

jewel changi singapore
Jewel Changi Airport

ezlink card singapore
EZ Link Card

Oya, sebelum sampai Jewel, saya sempat menukar valuta asing dulu. Lokasinya berada setelah kita keluar dari pintu kedatangan. Selesai melihat Jewel, kami menuju ke hotel menggunakan taksi, tarif sampai ke Concorde Hotel sebesar SGD 24,85. *SGD = Singapore Dollar (mata uang Singapore).

Check-in hotel, naro koper dan napas sebentar, lalu kami lanjut untuk mencari makan siang dan ke Merlion Park. Akomodasi ke sana menggunakan MRT melalui Dhobby Ghaut Station. Sebelumnya beli kartu akses MRT dulu yaitu EZ Link card sebesar SGD 10 dengan rincian 5$ untuk biaya pembelian kartu dan 5$ adalah deposit yang tersimpan. Jadi sekitar Rp 110.000,- yaa, lumayan. Heu heu, semua-muanya terasa serba mahal karena kurs mata uang Singapore yang tinggi dari nilai Rupiah, hiks ( 1 SGD = sekitar Rp 11.000,-).

^

Day 2: Legoland Theme Park - Marina Bay Sands

And this is the day :) Pukul 08.30 pagi, driver mobil sewaan sudah sampai di hotel. Janjiannya jam 9 pagi, ia lebih awal 30 menit, si bapak adalah seorang pria warga Malaysia keturunan Cina. Akomodasi transfer ini suami yang handle, namanya SGMY Taxi. Kami men-carter kendaraan Toyota Innova. Alternatif akomodasi transfer lainnya dapat juga teman-teman cek lewat aplikasi "Klook".

Kenapa ke Legoland Malaysia tapi dari Singapore?

Jadi, Legoland itu berada di Johor Baru Malaysia, jaraknya lebih dekat dari Singapore dibandingkan dari Kuala Lumpur. Hotel kami berada di daerah Orchard, jarak tempuh Orchard - Johor sekitar 1,5 jam menggunakan mobil. Sedangkan jarak Kuala Lumpur - Johor akan memakan waktu sekitar 3,5 jam.

Karena akan berpindah negara, kita harus melewati perbatasan. Kami menyebrang melalui jembatan yang disebut Second Link Bridge, wilayah imigrasi Singapore disebut Tuas Checkpoint, dan wilayah imigrasi Malaysia disebut Majestic Johor. Selama proses berjalan, kami tetap berada di dalam mobil, verifikasi dilakukan dengan scan paspor dan rekam wajah di  gerbang seperti gerbang tol oleh petugas.

Baca juga: Menantang Diri Sendiri Naik Subway di Beijing China

transfer from singapore to malaysia
Hampir sampai di Drop-off point Legoland, Iskandar Puteri, Johor Bahru - Malaysia

johor baru, malaysia
Mampir untuk sarapan di Rest Area Johor setelah melewati perbatasan

Perjalanan cukup lancar, agak tersendat di ketika berada di gerbang imigrasi Singapore karena kendaraan yang akan melewati perbatasan cukup padat, sedangkan ruas jalan sepertinya kurang menampung jumlah kendaraan. Ini pun Pak Wat , nama panggilan sang driver mengatakan cukup lancar, karena kami berangkat cukup awal dan bukan hari libur. Di kedua imigrasi, kami memakan waktu sekitar 30 menit. Coba saja kalau pergi di liburan sekolah katanya, bisa-bisa macet 4 hingga 8 jam, waduh!

Oke, sampai di Legoland, saya tinggal menunjukkan barcode tiket yang sudah saya download dari aplikasi.

Who don't love Legooo :) :) Masuk deh kami ke Lego Kingdom, seperti Dufan, tapi semuanya bertemakan Lego. Zona permainan dibagi dua menjadi zona anak dan zona dewasa. Gavin kan sudah pra-remaja yaa, jadinya Gavin pun bisa ikutan main bareng papi-mami di zona-zona ekstrim.

Lengang, cerah dan semua serba lancar, soalnya memang sepi serta matahari cukup mentereng. Tidak semua wahana sempat kami coba mengingat cuaca yang cukup terik juga harus kembali ke Singapore sebelum macet jam pulang kantor. Zona yang nggak keburu adalah Imajinasi. Untuk wahana uji nyali seputar roller-coaster hampir semua kami naiki.

Tiket theme park sudah mencakup semua permainan, jadi kita bebas main apa saja sepuasnya sesuai tingakatan umur. Ada permainan yang basah-basahan seperti Niagara di Dufan. So kalau perlu boleh juga membawa baju ganti. Satu yang jangan ketinggalan untuk menaiki Observation Tower, dari sana kita dapat melihat keseluruhan Legoland dari atas serta pemandangan Kota Johor. Selain bermain, Gavin juga minta oleh-oleh, apalagi kalau bukan Lego. Lalu kami makan siang di Asian Deli, serta salat Dzuhur - Ashar di Surau. Kami minta dijemput pukul 15.30 waktu Malaysia. Senangnya bisa bermain bersama Gavin seharian, Gavin pun bisa melakukan aktivitas outdoor yang jarang dilakukan kalau di rumah.

Ke Marina Bay Sands...

Untuk memaksimalkan waktu, dari Legoland papi mengajak kami ke Marina Bay Sands. Rencananya mau melihat kota Singapore dari atas SkyPark Observation Deck. Sesampainya di sana rupanya padat sekali pengunjungnya. Kami langsung masuk ke lantai dasar MBS, melewati kerumunan bule-bule yang bercengkrama di kafe ataupun di dalam toko-toko yang berjejer dan terus berjalan menuju loket pembelian tiket.

Sebelum naik itu justru kita turun ke bawah tanah dulu, tempat loket berada dan lift menuju roof top. Ruamee, banyak turis India, Cina dan Amerika sepertinya. Harga tiket dewasa sebesar 32$ dan anak-anak sebesar 28$. Kami pun antri masuk lift dan naik ke lantai 56. Nah, jangan sampai kehabisan air minum ya, boncos juga beli air mineral di atas, satu botol berisi 600ml harganya 4$, hitung sendiri ajah kalo dirupiahin berapa huhuu...

Suasana malam begitu indah

Melihat kota Singapore dari SkyPark Observation Deck MBS

Di booth Java Mifi Terminal 3 Soetta

^

Day 3: Changi - Soetta

Hari terakhir yaitu hari Jum'at, waktunya pulang. Rencana awal yang tadinya mau mampir ke Mustafa Center, pusat oleh-oleh di Singapore harus batal karena flight-nya dimajuin. Lalu beli oleh-olehnya dialihkan ke Orchard. Saya lupa nama gedungnya, di sana terdapat beberapa toko-toko yang menjajakan souvenir berlogo Singapore juga snack ala SG. Setelah membeli sedikit cinderamata, kami naik taksi menuju bandara. Di terminal, kami menyempatkan sarapan di kios Encik Tan dengan menu Mie khas Melayu, maknyus. Sambil menunggu pesawat take-off, papi mengisi formulir kedatangan di tanah air via website https://ecd.beacukai.go.id/cdonline.html

Java Mifi

Selama berada di Singapore dan Malaysia saya menggunakan koneksi internet dengan modem Java Mifi. Modem ini sudah saya sewa 2 hari sebelum berangkat via whatsapp atas nama Mba Indah (081395960007). Paket yang saya sewa adalah South East Asia Unlimited Savvy dengan tarif Rp 50.000,-/hari selama 3 hari. Total paket sewa internet sebesar Rp 150.000,- dan membayar deposit sebesar Rp 500.000,-

Set modem dapat diambil di booth Java Mifi di terminal keberangkatan International. Modem dapat dipakai untuk penggunaan sebanyak 5 device. Pas saya pakai, kadang berdua Gavin, kadang bertiga sama papi, total kuota pemakaian sampai pulang nggak sampai 1GB. Lebih hemat juga praktis dibanding masing-masing dari kami membayar paket roaming dari provider

Alhamdulillah semua berjalan lancar, Gavin mendapat pengalaman baru, merasakan moda transportasi umum bus dan MRT serta menikmati kuliner khas Singapore. Banyak banget destinasi wisata lainnya yang bisa dinikmati di Singapore, pokoknya siapin dulu rencananya mau ke mana aja dari sini ya, maksimalkan waktu juga pakai sepatu yang nyaman. Semoga bermanfaat, wassalam.