Resep Kastengel (Lurpak VS Wijsman)

Wednesday, May 27, 2020

resep kastengel mudah

Assalamu'alaikum,
Hai Keluarga Indonesia, Selamat Hari Raya Idul Fitri 2020. Mohon maaf lahir dan batin. Yey, senangnya lebaran kali ini saya membuat kue kering keju Kastengel. Walaupun tidak banyak tetapi saya hepi :)

Terus Kastengel-nya pada berantem? Hehe, nggak kok. Iseng mau cerita random aja. Jadi seperti biasa saya mendapat resep dari tante yang langganan bagi-bagi resep masakan yaitu Tante Inka, kakak Papa saya. Makasi banyak Tan!

Kastengel Buatan Tante Inka 
kem chicks pasific place
keju edam murah
resep kaastengel
Bahan dan hasil kue lebaran Tante Inka dan keluarga (photo credit: Tante Inka)
Resep yang diberikan tante saya menggunakan bahan unsalted butter merk Lurpak. Merupakan Danish Butter atau mentega yang berasal dari Denmark.

- Bisa didapatkan di Shopee atau mungkin e-commerce lainnya. Harga kemasan 200 gram yaitu Rp 125.000,-
- Bisa juga beli offline dan online di supermarket Kem Chicks. Akun instagramnya: @kemchicks_pacificplace @kemchicks_kemang  lalu order via Whatsapp untuk belanja online. Di sana juga menjual berbagai keju impor lainnya.
- Untuk rasa, walaupun saya tidak mencicipinya, saya percaya enak.

Kastengel Dewi Ratih
resep kastengel renyah
Bahan-bahan yang digunakan (margarin Blue Band & butter Wijsman)
resep kastengel renyah
Percobaan pertama: Hasil setengah resep
 resep kaastengels mudah

Keterangan gambar:
1. Keju Edam Victoria. Keju ini juga menjadi bahan untuk membuat Kastengel. Saya membelinya di Tokopedia "Lautan Biru", harganya Rp 65.000,- dengan berat 300 gram. Lumayan murah, tetapi expired-nya memang sudah dekat yaitu bulan Oktober 2020. Rasanya asin, bentuk utuhnya bulat seperti apel, tidak lunak tetapi keras. Untuk memarutnya saya menggunakan parutan berlubang kecil.

2. Hasil percobaan kedua, dengan cheating sedikit, takaran tepung terigunya saya tambahkan 100 gram.

3. Pasukan kue kering sebelum masuk oven.
    Alasi dasar loyang dengan kertas roti agar tidak lengket ketika sudah matang. Bila tidak ada kertas roti, olesi tipis loyang dengan mentega dan taburkan sedikit tepung terigu secara merata.
 
 4. Hasil Kastengel yang sudah matang.
     Untuk mendapatkan hasil topping keju yang menarik, parut keju satu arah agar hasil parutannya panjang-panjang

Perbandingan percobaan I dan II dan Lurpak VS Wijsman
Jadi, karena sudah hampir 10 tahun lebih saya tidak membuat kue kering. Saya nggak berani langsung buat satu resep. Percobaan dulu dengan setengah resep. Dan saya memang lebih suka Kastengel dibanding Nastar. Nah, resep aslinya pakai Lurpak. Mengingat waktu dan harga, saya bikin kue sudah mepet mau lebaran. Jadi saya belinya Wijsman (Dutch Butter) di toko bahan kue di pasar.

Berat bersihnya sama-sama 200 gram. Lurpak adalah unsalted butter, Wijsman adalah salted Butter. Harga Lurpak Rp 125.000,- dan Wijsman Rp 70.000,-. Harga Wijsman di Shopee kisaran 65-75 ribu rupiah. Dari harganya sih saya nggak meragukan kelezatan Lurpak ^^v. Tapi... Wijsman juga sudah menjadi legendary-nya Kastengel. Jadi rasanya juga terjamin :9

Percobaan I
Hasil Kastengel saya di percobaan pertama dengan 1/2 resep. Semua takaran bahan menjadi setengahnya: terigu 200 gram, 25 gram mentega dan 125 gram butter ---> enak bangeet, gurih dan super renyah. Kuenya betul-betul ringan dan krenyes. Kelihatan dari takaran butter-nya yang lebih banyak dari margarin juga tepung yang sedikit. Komposisinya cocok sebagai resep Kastengel premium.

Percobaan II
Percobaan kedua saya memberanikan diri membuat satu resep penuh. Tapi terigunya saya tambahin 100 gram. Hasilnya tetap enak. Cuma jadi lebih padat dan tidak serenyah yang pertama. Sengaja biar hasilnya agak banyakan :D tapi nggak rekomen ya. Tetap lebih sip sesuai resep asli. Setelah ditata di toples menjadi 2 toples bulat ukuran 500 gram dan 1 toples kaca mini (gambar 2).

Berasanya dikit tapi ngerjainnya sempoyongan >.< Yang bikin lama bagian mencetak dan mengolesi kuning telur serta memberi topping. Saya menggunakan oven listrik kecil untuk memanggangnya. Wis.. dah ngalor ngidul resepnya belum keluar juga. Berikut resepnya,

*Kastengel*
oleh 

Dewi Ratih Purnama
Bahan :
50 gram          Margarin Blue Band
250 gram        Butter Wijsman atau Lurpak
140 gram        Keju Edam - diparut halus
3 SDM             Susu bubuk
400 gram       Tepung Terigu
2 buah            Kuning telur

Buat olesan:
2 kuning telur + 1 SDM minyak goreng
Keju kraft parut secukupnya

Cara Membuat:

Aduk rata terigu dan susu bubuk - sisihkan.
Kocok butter + margarin + kuning telur asal tercampur rata, jangan sampai putih (Sekitar 8 menit dengan mixer kecepatan paling rendah). Masukkan keju edam.

Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk manual.
Pipihkan adonan, cetak dan oles dengan campuran kuning telur. Tambahkan keju parut di atasnya.

Panggang di api sedang  140-150°C kira-kira 30 menit. Angkat. Geser-geser kue yang telah matang dengan pisau agar dasarnya tidak bertambah matang karena panas loyang. Selesai.


Alhamdulillah, dapat berkarya di edisi lebaran #dirumahaja. Semoga artikel ini bermanfaat dan resepnya dapat dicoba oleh teman-teman. Terima kasih. Wassalam.

Baca juga:
3 Resep Camilan Saat WFH
Resep Brownies Panggang

 Love,
deravee

Follow IG dan Twiitter @deravee

You Might Also Like

4 comments

  1. Waaa aku jadi pengen praktekin sendiri, tp takut nanti jadinya kek mana kalo aku yg bikin ya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyaa.. coba yuuk mbaa.. klo ga nyoba kan ga pernah tauu hehe.. yang penting hati2 pas ngoven, jangan sampe gosong. Klo ngadonnya insya Allah aman :D

      Delete
  2. Blm berani bikin kue kering kalo aku :p. Gagal, nangis Bombay dah Ama bahan2 lurpak dan keju edam nyaaa hahahahahha. Tiap THN aku slalu beli kalo urusan cookies mba. Kemarin beli kastangel dr temen2 yg jual, aku jg banding2in rasanya. 2 orang jual yg premium, dan 3 org yg biasa. Yg premium keju nya berasa, renyahnya dapet, dikunyah berasa melted. Yg biasa, yaaa gitu deh :D. Tp namanya bantuin temen Yo wislaaah. Mamaku juga kalo masak pake yg wisjman. Tapi aku jd penasaran Ama yg lurpak ini...

    ReplyDelete
  3. wah, lagi suka baking ya mbak dewi. Aku selalu pesen belum pede aku kalau bikin sendiri, apalagi kalau buat lebaran hahahah

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe