Dadar Gulung Skippy Peanut Butter, Enjoy!

Friday, May 04, 2018

Assalamu'alaikum,
Beberapa waktu lalu suami meminta saya membeli kue tradisional di pusat jajanan dekat rumah. Loh ada ya? saya kok baru tau. Ada satu gerobak penjaja kue-kue basah di sana. Pada etalase kacanya berbaris macam-macam cemilan hangat. Kue putu, wajik, nagasari, getuk, juga dadar gulung.

Harum aroma pandan serta taburan kelapa bagai magnet yang memaksa saya untuk segera memilih. Saya pun memesan 10 buah isi campur-campur. Teman yang pas untuk bersantai di rumah. Lalu pikiran saya hanyut melintasi waktu.

Teringat mama yang sering membuatkan kue-kue tradisional seperti ketan, klepon dan bolu ketika saya masih kecil. Saya juga harus mengenalkan warisan kuliner nusantara pada Gavin. Memang saya masih jarang membuatnya dibandingkan kudapan a la barat.

Dengan mengkombinasikan cita rasa tradisional dengan selera kekinian, saya ingin membuatkan Gavin dadar gulung peanut butter. Kue dadar gulung klasik berisikan kelapa sangrai dengan gula merah. Pada kreasi ini saya akan memodifikasi isiannya dengan Skippy Peanut Butter. Resepnya sebagai berikut:

dadar gulung selai kacang

Dadar Gulung Selai Kacang Skippy
oleh
Dewi Ratih Purnama

Bahan kulit:
75 gram tepung terigu
175 ml santan cair
25 ml air
1 butir telur
1 sdt pasta pandan
Sejumput garam
Sejumput gula pasir

Bahan isian:
Secukupnya selai kacang Skippy
Secukupnya whipped cream

Cara membuat:
Kocok lepas telur kemudian masukkan air dan santan. Tambahkan terigu, garam dan gula, aduk rata. Teteskan pasta pandan, campur hingga merata. Panaskan teflon, oleskan sedikit margarin. Tuang 1 sendok takar adonan dan ratakan pada teflon. Tunggu hingga matang dan angkat.

Memberi isian:
Diamkan kulit dadar gulung hingga dingin. Setelah itu berikan isian Skippy Peanut Butter pada lapis pertama, oleskan dengan whipped cream pada lapis kedua. Lipat sisi kiri dan kanan kulit, kemudian gulung.

Hasil: ± 12 dadar gulung

skippy chunky

Dadar Gulung Skippy Peanut Butter
Dadar gulung atau disebut juga Indonesian Coconut Pancake (wikipedia.org) merupakan kue khas tradisional Indonesia yang sudah lama ada. Bahan kulitnya memang hampir sama seperti membuat pancake. Sampai Gavin pun berkomentar, "Mami, ini mah buat pancake", celotehnya saat ia menemani saya di dapur.

Ya memang hampir sama, hanya pancake pada umumnya menggunakan bahan susu, sedangkan dadar gulung memakai bahan santan kelapa. Dadar gulung juga memiliki khas aroma pandan dan berwarna hijau. Seperti pancake yang dapat ditambahkan beragam topping, isian dadar gulung juga dapat dimodifikasi. 

Skippy Peanut Butter yang biasa kami nikmati dengan roti tawar pun dapat kami manfaatkan untuk membuat jenis dadar gulung baru. Kelezatan dan gurihnya selai Skippy jelas tidak diragukan lagi. Karena bahan pembuat utama selai Skippy adalah 56,6% kacang tanah panggang.

Saya mengoleskan Skippy Peanut Butter varian chocolate stripe pada lapisan kulit dadar gulung sambil sedikit-sedikit mencoleknya dari pinggiran toples. Nyam.. mami curi-curi kesempatan padahal tugasnya belum selesai. Rasa serta aroma kacang selai Skippy begitu kental terasa. Saya memberikan tambahan whipped cream agar dadar gulung semakin creamy. Whipped cream boleh ditambahkan boleh tidak, sesuai selera masing-masing saja.

resep dadar gulung


skippy peanut butter

Inspirasi Resep
Inspirasi resep kulit dadar gulung saya dapat dari kanal YouTube Rasamasa. Resep asli menggunakan 2x takaran dari catatan saya. Sengaja saya membuatnya dengan porsi sedikit. Yang penting cukup untuk kami bertiga agar tidak berlebihan. Untuk jumlah anggota keluarga yang lebih banyak silahkan menggandakan resep sesuai kebutuhan. 

Saat mencetak kulit dadar gulung teflon harus dalam keadaan panas untuk menciptakan tekstur berpori pada kulit. Kita juga harus cepat meratakannya agar adonan kulit dapat menyebar pada teflon. Jangan mencetak terlalu tebal karena akan mudah sobek. Oiya, jangan lupa mengoleskan sedikit margarin pada wajan agar adonan tidak lengket. Cek videonya di bawah.

This is How I Enjoy My Skippy Snacks...!
Segelas teh manis hangat, sebuah buku bacaan dan sepiring dadar gulung selai kacang Skippy siap dinikmati. Alhamdulillah, betapa nikmat rezekiMu Ya Allah. Sedikit gigitan lembut sudah cukup untuk mengurai dadar gulung. Balutan selai Skippy beradu dengan lapisan kulit pandan lumer di mulut.

Rasa khas Skippy Peanut Butter selera kekinian tidak menutupi cita rasa dadar gulung tetapi justru menjadi harmoni yang selaras. Sore ini semakin yippee dengan cemilan dadar gulung Skippy. Selamat mencoba. Wassalam.

kue tradisional

Tutorial Membuat Dadar Gulung Skippy Peanut Butter



Love,
@deravee

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia
kategori: Camilan

You Might Also Like

38 comments

  1. wah enaknyaaaa, skippy nya lumer gitu yaa...dara gulungnya pasti istimewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbaa... makin istimewa pakai skippy peanut butter... :)

      Delete
  2. udah pasti enak banget ini dadar gulungnya, soalnya isiannya pakai skippy.. kesukaan aku banget nih..

    ReplyDelete
  3. Udah lama ga makan dadar gulung...jd mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir mba.. ngeteh bareng sambil ngemil2 darlung :D

      Delete
  4. Jadi pengen dadar gulung. Kebayang aroma khasnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Icip-icip yuuk sini :D iya wangi bangeet

      Delete
  5. Naaah kalo isinya skippy kah, dijamin aku pasti suka dadar gulung. Selama ini dadar gulung kan isiannya kelapa, jadi aku emoh makannya, krn ga suka kelapa :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata ada beberapa yang ga suka kelapa parut yaa.. iya isinya pake skippy nih mba, cocok banget ternyata, kacang ketemu kulit aroma pandan

      Delete
  6. aku suka aku suka, resepnya menarik. dadar gulung yg biasanya pakai parutan kelapa aku ga suka tapi ijo2 nya suka.. klo dalamnya diganti pakai skippy pasti beda dan enak ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ga suka parutan kelapa juga ya mba.. iya pakai skippy enak juga, jadi kaya pancake tapi tradisionalnya tetep ada krn pasta pandan :)

      Delete
  7. Caranya simple buat dadar gulung. Semoga bisa ada kesempatan bikinnya. (*kesannya sibuk banget yak, hehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simpel ya miss :D campur2 aja trus tuang.. kayanya emang padet nih jadwalnya hehe

      Delete
  8. Enak inibdadar gulungnya, coba ah

    ReplyDelete
  9. kefikiran mba isiannya diganti skippy selama ini aku paling anti dadar gulung krn isianya kelapa wkwkwk baca resep ninbole juga dicoba bikin 😍🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba.. mumpung ada skippy dirumah :) wah ada lagi yang ga suka kelapa, banyak temennya mba hihi

      Delete
  10. biasanya dadar gulung isinya kunti ya eh unti alias kelapa parut n gula merah.
    ini pake skippy, wah kebayang enaknyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk iya mba..yang ori isinya unti ya..si kunti ga muat didalem darlung..hehehe..

      Delete
  11. Variasi baru nih, dadar gulung tp isinya gurih gurih dari skippy. Makasi ide dan resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba..manfaatin selai, tapi tetep tradisional, jadi deh.. sama2 mba Shinta, semoga bermanfaat :)

      Delete
  12. Dulu jaman SMP ada kelas tataboga dan bisa cara bikinnya, skrg lupa, resep ini mengingatkanku akan jaman suka utek utek bahan kue dulu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan ya dapet pelajaran bikin2 kue.. aq ga ada pelajaran tata boga pas smp :)

      Delete
  13. Hmm dadar gulung.. enak dimakan sambil ditemenin secangkir teh tawar hangat :D

    ReplyDelete
  14. Waaah, bunda beneran nih terpesona liat tampilan blognya Mbak Dewi, yang pastinya pakar ngeblog. Liat semua yang ada di tampilan blog ini jadi iri (yang positip). Postingan ini akan menyabet Jawara di arena lomba Skippy. Pasti ikutan donk, yaa, Mbak Dewi. Bunda mengundang Mbak Dewi untuk berkunjung ke blog bunda dan berkomentar tentang tampilan dll di blog yang masih amburadul itu. Makasih, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah bunda bisa aja nih, bikin tersanjung :') terima kasih banyaak atas kunjungannya ya bundaa... Amin.. Amin

      Insya Allah segera main juga ke blognya bunda Yati :) semangat selaluu buat bunda

      Delete
  15. asoyyy mami jadi jago masak :3 kapan-kapan harus coba nih: XD

    ReplyDelete
  16. Ide baru nih mbak Dewi, dadar gulung pakai isian skippy hihihi..
    Ntar coba ahhh.
    Makasih resepnya ya (",)

    ReplyDelete
  17. OMG, inspiratif banget mbak, unik, biar ga melulu dadar gulung isi parutan kelapa, ahh aku mau coba juga, thank you resepnya mbak

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyaa... makasih mba Ursula..selamat mencoba yaa... sama2 :)

      Delete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe