TAMAN SAFARI SERIES #2: 7 Pilihan Rekreasi Bagi Wisatawan Rombongan

Tuesday, May 24, 2016

taman safari bogor

 Assalamu'alaikum,

Selesai berwisata di Safari Journey, rombongan murid Taman Kanak-kanak melanjutkan tur menuju Taman Rekreasi - Taman Safari Indonesia. Sebelum masuk Taman Rekreasi, kami istirahat untuk makan siang bersama.

Baca Selengkapnya:
Taman Safari Series #1 - Safari Journey
Taman Safari Series #2 - Playground

Setelah makan ternyata acaranya bebas. Kepala sekolah meminta murid-murid berkumpul kembali jam 3 sore di halte drop-off  Taman Rekreasi. Saya memilih salat zuhur dulu di mushalla yang tidak jauh dari tempat istirahat. Selesai salat, waktu sudah menunjukkan pukul 12.30 WIB. Berarti Saya dan Gavin punya waktu bermain selama 2,5 jam.

Dan yang sebenar-benarnya, Saya pun nggak tahu apa saja isinya. Isi apaan? Ada wisata apa saja di sini, sudah lupa banget. Dulu pernah kesini masih SD diajak sama Papa. Ingatan Saya samar-samar, lihat-lihat gajah dan reptil, trus adik Saya foto bareng sama ular.

Padahal padahal padahal.... banyak SEKALI wisata seru di sini. Nulisnya penuh penyesalan :( Awalnya Saya masih bersama Ibu Yos, Guru TK-B dan satu orang tua murid, Mama Rijik. Ibu Guru mengajak kami naik kereta gantung sebelum bermain di dalam Taman Rekreasi.

Begitu masuk ke dalam Taman Rekreasi adalah Plaza Gajah dan Zona Wahana Permainan. Dari sini nih sudah berpisah sama Bu Guru dan Saya pun nggak bareng teman-teman juga. Ibu-ibu yang lain memang sudah nggak kelihatan. Saya nggak tau kalau ternyata dari sini jalurnya masih puanjaangg banget dan disana-sana banyak wisata menarik.

Ya sudah, Saya hanya mengajak Gavin naik-naik wahana setelah itu bingung kemudian masuk ke dalam Baby Zoo. Di Baby Zoo kebanyakan berhenti, keasyikan melihat-lihat satwa di sini. Ada berbagai jenis burung, Orang Utan, Harimau Putih, hewan-hewan Australia dan juga kelompok Macan. Selesai dari sini sudah jam setengah 3.

Baby Zoo
Gerbang Masuk Baby Zoo

Zoo
Trek di Dalam Baby Zoo

Lemur Ekor Cincin "King Julien"
Lemur Ekor Panjang - Satwa Australia

Gavin yang merasa kehilangan teman-temannya jadi rewel dan minta cepat-cepat balik ke parkiran bus. Saya jadi ikutan panik takut ditinggal. Padahal masih ada sisa waktu setengah jam. Akhirnya balik deh ke halte bus. Eh ternyata banyak yang ngumpulnya molor. Sisa waktu 30 menit milik Saya dan Gavin pun terlewat begitu saja *usap air mata*.

Begitu ibu-ibu yang lain datang, Safariland tetiba ramai dengan kicauan mereka dan Saya pun baper. "Tadi kita nonton lumba-lumba loh". "Bagus banget Tiger Shownya". "Aku kesananya tuh naik kereta". Hadeh Gaviin... berenang dulu deh Mami sama Buaya! (( Beneran ada berenang sama buaya di Safari Waterpark)).

Yaa nyesel deh nggak bareng yang lain. Nggak ada persiapan juga ceki-ceki akunnya Taman Safari. Banyak yang dilewatkan, merasa bersalah banget sama Gavin. Main 2 jam cuma ke wahana anak dan Baby Zoo. Harusnya Mami brosing dulu tentang Taman Safari. Dari awal kepikirannya kalau tur sekolah, pasti semua bakalan dipandu. Nyatanya??!@#$%^&*

Pokoknya penting sekali ya Mama Papa untuk mencari tahu terlebih dahulu seputar tempat wisata bila hendak jalan-jalan dan patuhi jadwal keberangkatan yang sudah dibuat agar tidak banyak waktu yang terbuang.

Terdapat 8 show pertunjukan satwa, 21 wahana permainan free dan 7 exhibits pada Taman Rekreasi di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor. Harga tiket masuk Taman Safari weekdays maupun weekend, sebesar 140 Ribu Rupiah untuk anak usia 1-5 tahun dan 150 Ribu Rupiah untuk usia lebih dari 6 tahun.

Biasanya kalau pergi jalan-jalan sama keluarga kan bebas mengatur jadwal pergi dan pulangnya. Pasti lebih leluasa mengeksplor tempat wisata. Berbeda dengan pergi bersama rombongan. Karena waktu yang sedikit belum tentu dapat memasuki semua anjungan.

Oleh karenanya Mami Gavin mau ngasih rekomendasi bagi Mama Papa atau teman-teman yang mungkin akan tur bersama rombongan ke Taman Rekreasi di sini. Dengan perkiraan waktu yang kurang lebih sama, jam 12 siang sampai jam 3 sore serta pada hari kerja.

Rekomendasi ini berdasarkan selera Saya pribadi, tetapi boleh dipertimbangkan, supaya jalan-jalan ke Taman Safarinya maksimal. Ikuti saja sesuai nomornya karena lokasinya memang berurutan.


7 Pilihan Wisata di Taman Rekreasi Taman Safari Cisarua Bogor untuk Pengunjung Rombongan:
1. Naik Kereta Gantung
Anjungan naik kereta gantung posisinya berada paling depan sebelum masuk ke Taman Rekreasi. Jadi supaya tidak terlanjur jauh ke dalam, lebih baik naik ini dulu, sambil melihat sebagian situasi Taman Rekreasi. dari atas kereta gantung. HTM per orangnya sebesar 50 Ribu Rupiah.


Naik Kereta Gantung


2. Naik Safari Train
Setelah menaiki kereta gantung, Saya menyarankan untuk naik kereta safari. Infonya dengan naik ini kita dapat melihat seluruh area Taman Rekreasi dan bisa mencapai zona rekreasi yang paling ujung. Sehingga tidak capek-capek jalan kaki. Tiketnya 20 Ribu Rupiah per orang. Naik kereta terus turun di anjungan Dolphin Show.



3. Menonton pertunjukkan lumba-lumba
Dolphin Show / Weekdays: 13.00 WIB

This photo of Taman Safari Indonesia Cisarua is courtesy of TripAdvisor

4. Masuk ke Penguin House
Dari beberapa exhibits yang ada, Saya rekomendasikan melihat satwa penguin, karena habitat aslinya memang bukan dari Indonesia. Penguin yang ada di Taman Safari adalah penguin jenis Humboldt.

"The Humboldt penguin, Spheniscus humboldti, has a plain white belly. It can have a few pure black spots on its belly and have orange with an hint of green. There are less than 10,000 Humboldt penguins in the wild. They are found in Chile and Peru." -- https://simple.wikipedia.org



5. Birds of Prey.
Menonton atraksi keren dari burung-burung langka. 
Weekdays: 14.00 WIB



6. Menaiki satwa.
Satwa yang dapat dinaiki antara lain Gajah Sumatera, Kuda Poni atau Unta Punuk 2. Kalau tidak salah harus bayar lagi untuk menunggang satwa tapi Saya kurang tahu berapa. Sempatkan menunggang satwa agar menjadi momen berkesan untuk buah hati.

7. Eksplorasi Baby Zoo dan foto bersama satwa.
Selain dapat melihat hewan-hewan yang Saya sebutkan tadi di atas, di dalam Baby Zoo ini wisatawan dapat berfoto bersama satwa. Pilihan satwa yang dapat diajak foto bersama adalah Singa, Harimau Sumatera, Orang Utan atau Burung Rangkong. Bayarnya 25 Ribu. Saya dan Gavin berfoto dengan Harimau Sumatera.

Baby Zoo
Kangguru di Baby Zoo


Harimau Sumatera
Harimaunya lagi bobo

Nah kira-kira itulah wisata wajib yang Saya pilihkan untuk rentang waktu 2 sampai 3 jam. Lalu kalau masih ada sisa waktu, baru deh naik-naik wahana permainan. Ohya di Baby Zoo juga ada anjungan Jurassic Train.

Sayangnya waktu Gavin datang, kereta Jurassic ini tidak dioperasikan. Pengunjung dapat berkeliling melihat satwa langka dan replika Dinosaurus, seru banget! Siapa tahu kita kesini lagi yaa Gavin, harus naik Jurassic Train dan nonton Safari Theatre. Amin Amin Amin.

Selain wisata di atas, masih banyak lagi yang lebih menarik di sini. Supaya nggak penasaran, buruan deh pada ke Taman Safari. Selamat berlibur........! Wassalam.

Be happy,
@deravee

Harga tiket masuk Taman Safari Cisarua Bogor (weekdays/weekend):
1-5 tahun  : Rp 140.000,-
> 6 tahun  : Rp 150.000,-

You Might Also Like

23 comments

  1. Seruuuuuuu. Dulu aku kesana sama keluarga besar, yg ditonton itu rumah hantu, pertunjukan singa sm naik keretanya ajah. Yang seru tuh kayanya yang pinguin sama lumba-lumba ya maaak. Hihi. Wah gavin, harus balik kesini lagi nih sm mami papi. Sekalian nginep di karavannya aja maaak, seruuuuw. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama serunya ya Mak, enak seharian biar puas ya,huhuhu... Haha iya Mak Dian, Amin..SMG rejeki main lagi kesini ya sama Mami Papi, ples nginep Juga ya :D Amin

      Delete
  2. banyak tempat yang bisa dikunjungi bersama rombongan ya mak :)

    ReplyDelete
  3. Kakak Gavin gayanga keren amat di pintuu masuk? Hihihi

    Soal yg pertunjukan lumba-lumba itu rada kasian ya mba. Krn kemarin berseliweran info katanya lumba-lumba disiksa sebelum atraksi dimulai. Jd kami anak kedokteran hewan rame-rame share foto gt di facebook. Gatau itu real atau gimana. Kasian :'(

    Ih ada pinguin beneran. Huhu pengen liaatt

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi makasih bunda, bikin pose sendiri ni abang Gavin... ya ampun, kasian ya bun, iya banyak isu2 soal hewan lain juga yg ada di bonbin ya...

      Delete
  4. Ke taman safari emang enak, tapi menuju safarinya ini nggak enak. Muaceeeeet, udh gtu bayarnya mahal bngt sekarang T_T..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba Manda, mahalnya itu ya, makanya harus seharian deh pokonya menimbang bayarnya lumayan ;)

      Delete
  5. Gak takut itu memfoto harimau? Banyak tempat ya di taman safari, banyak pilihannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak2 was-was sih, harimaunya lemes tapi...iya banyak pilihan, jadi galau mana duluan hehe

      Delete
  6. Aku pernah ke taman safari tp udh lama bgt thn 2010. Jadi pengen kesana lagi

    ReplyDelete
  7. Belom kesampean nihhh ngajak anak kesini, semoga next time bisa...bagus sekali foto-fotonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah Babam pasti banyak list travelingnya ni, moga kapan2 kesini juga yaa..hehe iya makasi mak

      Delete
  8. waktu ke Taman Safari ini aku salah ambil moment, pas sedang musim hujan, jadi deh gak bisa merasakan semua wahana soalnya keburu hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga kapan2 pas kesana lagi cuaca cerah bersahabat ya Ev, dapet semua wahana :)

      Delete
  9. wow..ada lemur, aku pengen liat dari dekat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucu lemurnya mak tuty, aku bari tahu satwa ini

      Delete
  10. wuaaah, udah lama banget gak ke taman safari, jadi kangen~ :D
    sayang dulu gak sempat naik kereta gantungnya. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah udah musim liburan lagi nih, ayoo ke taman safari :)

      Delete
  11. Saya pernah ke Taman Safari. Menyengangkan melihat satwa berkeliaran walaupun tak sebebas di hutan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tos mak Evi, aku pun seneng banget lihat-lihat satwa :)

      Delete
  12. Itu harimau beneran? Syerem kalau dia bangunbgiman ?😀😀😀

    ReplyDelete

Komen aja nggak papa kok jangan malu-malu. Pilih NAME/URL dan isi dengan URL blog ya, jangan url postingan. Terima kasih temaan....

@deravee

Subscribe