TAMAN SAFARI SERIES #1: Tumpah Ruah Kegembiraan di Safari Journey

Tuesday, May 17, 2016

dewi ratih purnama

Assalamu'alaikum,

Taman Kanak-Kanak tempat buah hati Saya bersekolah melaksanakan Study Tour pada hari Jum'at 13 Mei 2016 ke Taman Safari Indonesia, Cisarua - Bogor. Kegiatan ini merupakan momen istimewa yang sudah ditunggu-tunggu oleh Gavin. Hampir sebulan sebelumnya (bahkan lebih) Ia sudah bolak-balik menyebut tentang rencana tur tersebut. Senang sekali melihatnya begitu berbinar menunggu hari yang dinanti.

Pagi hari suami mengantarkan Saya dan Gavin ke sekolah. Kami tiba pukul 06.30 WIB. Pada surat undangan tur diberitahukan bahwa bus akan berangkat pukul 07.00 WIB. Setiap murid bepergian dengan didampingi satu atau dua orang anggota keluarganya. Suasana kegembiraan sudah terasa di pagi yang cerah ini.

Sambil menunggu bus berangkat, para murid Taman Kanak-kanak bermain, berlarian dan bersenda gurau di halaman sekolah. Saya juga membaur bersama ibu-ibu yang lain. Kami kompakan untuk memakai baju berwarna kuning. Teman-teman yang menjadi panitia acara sibuk mengecek kembali semua perlengkapan yang diperlukan selama darmawisata.

Pukul 07.30 WIB rombongan bertolak siap untuk berpetualang. Molor setengah jam dari jadwal yang sudah ditetapkan. Ibu Yos - Guru Kelas B memandu acara selama di perjalanan. Beliau mengajak Kami untuk berdoa terlebih dahulu. Gavin menjadi sukarelawan yang memimpin pembacaan surat Al-Fatihah, kemudian Ibu Yos meneruskannya dengan membacakan Doa Bepergian.

Setelah itu acara diisi dengan sumbangan lagu dari anak-anak. Ibu guru memanggil murid-murid secara acak dan bergantian. Ada yang malu-malu tidak mau maju, ada yang berani dan langsung ke depan tanpa beban, ada juga yang maunya nggak berhenti nyanyi dan itu adalah Gavin. Anakku oh anakku, eksis banget.


Taman Safari


Taman Safari


Taman Safari

Bus melaju dengan lancar mulai dari masuk tol Bekasi hingga tol Bogor. Lalu-lintas mulai sedikit tersendat setelah keluar di pintu tol Ciawi-Gadog. Mungkin karena terjadinya penumpukan kendaraan yang antri naik ke atas, setelah itu kembali lengang. Pintu masuk lokasi wisata sudah terlihat, papan besar bertuliskan Taman Safari serta patung-patung satwa terpampang jelas ketika Kami sudah berada di mulut objek wisata. Sontak anak-anak bersorak, "horee udah mau sampe".

Jarak dari gerbang masuk sampai loket pembelian tiket cukup jauh dan jalurnya sempit. Proses registrasi rombongan ternyata memakan waktu lama. Rombongan dipersilahkan berhenti menunggu di halaman parkir yang sangat luas. Anak-anak mengira sudah sampai dan ingin cepat-cepat turun. Di tempat tunggu ini terdapat kantin yang dibawahnya terdapat kamar kecil.  Tadinya Saya ingin bersantai saja di dalam bus, tapi lama menunggu membuat Saya ingin mampir ke toilet. Saya pun turun dari bus. Pas keluar hawa sejuk pegunungan langsung menyelimuti, dingiin...!        

Tiket sudah beres, here we go! Bus tancap gas lagi memasuki "Safari Journey". Begitu satwa pertama terlihat, murid-murid langsung histeris. Keadaan langsung riuh! Saya nggak nyangka anak-anak akan seheboh ini. Satu temannya menyebut nama hewan, semua ikutan penasaran dan berkomentar panjang lebar. Semakin jauh semakin beragam hewan yang kami lihat.

Posisi pun sudah tidak beraturan. Karena satwa-satwa berada di kedua ruas jalan, sehingga sebagian anak dan orang tua murid berpindah-pindah tempat antara sisi kiri dan kanan. Saya juga sampai maju-maju numpang di bangku paling depan agar lebih jelas melihat pemandangan dan mengambil gambar. Meskipun hanya bisa memotret dari balik kaca.

Pada zona pertama Safari Journey adalah lokasi binatang jinak seperti gajah, unta, kijang, kancil, anoa, watusi dan sebagainya. Pengunjung diperbolehkan membuka kaca jendela kendaraan dan memberi makan. Walaupun begitu rombongan kami tidak dapat menjulurkan apa-apa karena jendela bus tidak dapat dibuka. Sebagian satwa seperti kancil dan kijang turun ke jalan aspal dan menghampiri mobil yang lewat. Seekor kijang yang kami lewati asyik mengunyah dengan tenang di tengah-tengah jalan padahal kendaraan lalu-lalang disampingnya.  

Sambil ramai menyebut nama hewan ternyata anak-anak juga tertarik membaca papan petunjuk wisata yang ada. Terutama bagi siswa kelas B yang sedikit-sedikit mulai dapat membaca karena telah mengenal huruf dan kata. Sebagian anak maju dari belakang ke depan, ada juga yang berdiri di bangku dan ada yang menempelkan wajah di kaca untuk menikmati pesona alam dan satwa di sini. Suasana ramai riang gembira.

Begitu sampai di zona hewan buas seperti singa dan harimau, papan peringatan untuk tidak membuka kaca terpasang dimana-mana. Wisata Safari Journey adalah ajang pembelajaran kepada para pengunjung untuk mengenal satwa Indonesia, menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan serta mensyukuri kebesaran Illahi. Bahagia sekali dapat menyaksikan berbagai satwa di sini, mereka sungguh indah dipandang. Walaupun tidak semua hewan terlihat berisi, beberapa nampak kurus sekali seperti Singa, Banteng dan Beruang.

Rute safari ini cukup panjang dengan lajur yang berkelok-kelok serta kontur tanah yang semakin melandai. Kami merasakan sensasi seru saat bus bergerak menurun agak tajam. Suasananya asri dengan hutan yang rindang. Terdapat beberapa spot yang tergenang air. Sepertinya pihak Taman Safari sengaja menatanya seperti itu agar lebih tercipta lingkungan alam layaknya habitat asli para satwa. Dan juga sebagai tempat untuk minum atau mandi agar hewan-hewan tidak perlu jauh-jauh mencari sungai.

Bagi para pengunjung yang datang tanpa bus rombongan wisata atau mobil pribadi, dapat menaiki bus safari yang disediakan pihak pengelola untuk menikmati Safari Journey ini. Kunjungan kami kebetulan tidak di musim libur sekolah atau libur nasional, oleh karenanya bus melaju tanpa hambatan di dalam yang membuat Kami kadang meminta supir berhenti sejenak agar bisa mengabadikan pemandangan.

Keceriaan anak-anak betul-betul di luar dugaan. Euphoria berlangsung sepanjang trip safari. Karena bagi sebagian besar anak merupakan pengalaman pertama dapat melihat berbagai satwa. Selain mengalami pengalaman yang luar biasa, kebersamaan adalah faktor kebahagiaan para murid.

Berwisata beramai-ramai adalah kesempatan yang masih terbilang jarang untuk mereka yang baru menjajaki bangku taman-kanak-kanak. Mereka juga dapat mengenal satu sama lain lebih dekat, apalagi bagi siswa Playgroup yang jarang bermain dengan teman dari TK A dan TK B karena jadwal pulang sekolahnya lebih cepat.

Selesai Safari Journey, rombongan melanjutkan perjalanan. Alhamdulillah. Kami berhenti mencari lahan luas di area drop-off  Taman Rekreasi untuk makan siang bersama. Isi bensin dulu dan menunaikan salat zuhur, setelah ituu... siap bertamasya lagi!  To be continued...  Wassalam.

Photo Roll down here, enjoy!

Taman Safari

Taman Safari

Taman Safari

Taman Safari

Taman Safari

Taman Safari

Taman Safari

Taman Safari

Taman Safari


Be happy,
@deravee

*fotografi: koleksi pribadi

Taman Safari Indonesia
Cisarua - Bogor
www.tamansafari.com
Harga tiket masuk Taman Safari Cisarua Bogor (weekdays/weekend):
1-5 tahun  : Rp 140.000,-
> 6 tahun  : Rp 150.000,-

Fanpage: Taman Safari Indonesia Bogor
Twitter: @tsi_bogor
Instagram:@taman_safari

You Might Also Like

13 comments

  1. Gaviiinnn, hobi nyanyi yaaa? Hihihihii. Ngeliat foto-fotonya jadi pengen berkunjung ke taman safari lagi Maaak. Apalagi jakarta panas begini, disana pasti sejuk banget yaaaa. Ditunggu loh kelanjutan ceritnyaaaa. Aku suka banget judulnyaaaa. Unik mak pake kata-kata tumpah ruah. Hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hobii mama Una :) bathroom singer nih hihihi.... ajak2 mak, aq juga mau kesana lagi :D aq juga padamu mak :p

      Delete
  2. Macetnya ngak nahaaaaann kalau ke sini, tapi seneng jg sih kalau lihat anaknya excited ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas musim liburan emg ga nahan ya mak..lucky ni kmrn tk gavin Alhamdulillah PP lancar. Iya seneng bgt si kecil

      Delete
  3. istri ane kmerin juga habis dari sini ngaterin anak didiknya event fild trip ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyonya ngajar ya mas, seru dong yaa sama anak2 didik

      Delete
  4. wah kok sama sih, tour sekolah anakku juga ke taman safari tapi yang pasuruan :D seru ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos mak Vika :D..di web itu yg taman safari prigen brati ya mak? Iya seru mak, smg bisa k TS lainnya juga O:)

      Delete
  5. Jadi kepengen mampir ke sana lagi. Sama penasaran dengan safari malam. Oiya, sempat mampir ke tempat sandiwara koboykah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Safari malem asik kayanya yaa..ga nonton coboy show qt mak ipeh :(

      Delete
  6. Mamiiiii. Foto maminya manaaa? Kok ga ada sih??? *gagal fokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana yaa mana yaa...sini mami japri deh buat baby Kizain wkwk

      Delete
  7. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "TAMAN SAFARI SERIES #1: TUMPAH RUAH KEGEMBIRAAN DI SAFARI JOURNEY".
    Indonesia memang mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

    ReplyDelete

Komen aja nggak papa kok jangan malu-malu. Pilih NAME/URL dan isi dengan URL blog ya, jangan url postingan. Terima kasih temaan....

@deravee

Subscribe