5 Ide Menu Bekal Suami

Sunday, February 02, 2020

Assalamu'alaikum,

Hai Keluarga Indonesia, para ibu, mama, bunda... rutinitas setiap pagi biasanya membuatkan sarapan untuk suami dan anak-anak ya? Pun saya, bangun tidur itu proyeknya langsung segambreng. Membuat minuman, sarapan paginya jagoan, menyiapkan bekal, botol minum, pakaian, masukin cucian, buka gembok pager abis itu... jungkir balik! Bola ping pong aja kalah ruwet pergerakkannya! Makanya jangan remehin the power of emak-emak! ?@#$% ^^'

Jadi ngelantur...! Balik ke urusan bekal. Pak suami sedari dulu memang rutin membawa bekal. Bekal untuk sarapan pagi. Sebelum berangkat kerja biasanya minum teh hangat saja di rumah. Saya mau share menu bekal yang saya buat. Ide menunya bisa juga untuk bekal makan siang ya, tinggal sesuaian sama kadar ketahanan masakannya.

Btw,
- Pertama, ide menunya nggak ada konsepnya. Random.
- Kedua, kami belum menerapkan pola makan sehat yang biasanya punya aturan dalam menyusun menu diet sehari-hari. Jadi, monmaap bila kurang cocok sama style teman-teman karena kombinasi menunya suka-suka mami chef.
- Ketiga, saya kadang masak di sore hari, dimana beberapa masakan masih baik untuk dimakan di pagi hari. Dan kalau masakan tersebut dibuatnya pagi-pagi rasanya tidak mungkin seperti opor ayam.
- Keempat, kami memang terbiasa sarapan pagi dan dengan menu makan berat. Sudah pernah juga sih menjajal sarapan dengan bekal rebus-rebusan, tetapi agak kurang awet. Sedangkan untuk makan lagi sebelum jam makan siang tidak memungkinkan. Jadi, teteup, back to "nasi" ^^)v
- Kalau lagi ada persediaan buah suka juga saya bawakan untuk paksu.

Baca juga: Resep Bumbu Ungkep Ayam Goreng dan Ayam Bakar

Stok Bahan untuk Bekal
Mengenai stok bahan makanan yang dapat dijadikan bekal, biasanya saya selalu menyimpan ayam ungkep, telur ayam kampung, bakso-baksoan (bakso daging, bakso ikan dll), kentang goreng beku, nugget, sosis, pasta kering, jenis sawi-sawian dan timun.

Berikut 5 Macam Isi Bekal Paksu

 1. Macaroni Kukus
Macaroni kukus biasa. Masaknya dengan terlebih dahulu merebus pasta elbow macaroni. Kemudian siapkan bahan lainnya. Isiannya saya tambahkan dengan irisan wortel dan ayam suwir. Biasanya dengan sosis.

2. Tumis Pakchoy dan Wortel + Opor Ayam
Tumisan sayur simpel dengan bumbu bawang merah, bawang putih dan cabai keriting iris dengan lauk pelengkapnya adalah opor ayam. Opor ayamnya saya masak sore/malam sebelumnya.


3. Nasi + Ayam Goreng + Terong Cabai + Timun
Menu ketiga adalah ayam goreng. Saya sudah simpan ayam ungkepannya di kulkas. Lauk favoritnya Gavin, jadi mau nggak mau selalu sedia di rumah. Pagi-pagi tinggal goreng. Terong cabai juga masak pagi-pagi. Cuma sedikit jadi Alhamdulillah nggak makan waktu lama. Cabainya ulek-ulek asal dan tumis sebentar.

4. Nasi + Shabu-shabu
Menu ini tinggal cemplung-cemplung. Saya pakai bumbu instan untuk shabu-shabu, beli di Shopee. Lalu saya siapkan baksonya, daun bawang, serta mencuci bersih sawi putih dan pakchoy, masak deh dengan bumbu siap pakainya. Lengkapi dengan saus Kewpie wijen dan kecap asin + potongan kecil-kecil cabai merah.


ide menu bekal suami

5. Nasi + Salad sayuran + Telor Rebus
Menu yang ini lebih cocok pakai kentang goreng atau kentang kukus ya? sayang lagi kehabisan persediaan kentang. Akhirnya kembali ke "nasi" ='). Saladnya terdiri dari Iceberg Lettuce (Selada Bokor) dan Zucchini (Timun Jepang) yang diaduk-aduk pakai saus Kewpie Wijen Sangrai, favorit! Telur ayam kampungnya juga lagi sold out, ya sudah jadinya pakai telur ayam negeri.

Baca juga: 3 Kreasi Menu Anak dengan Fillet Dada Ayam

Setiap hari kepala nyut-nyutan mikirin menu, ya nggak sih ibu-ibu? Kalau bingung didiemin aja ya makin binung. Harus sempetin hunting ke supermarket, liat-liat di pasar atau nonton Youtube agar mendapatkan inspirasi. Lalu belanja deh beberapa bahan untuk persediaan di rumah.

Buat saya tidak perlu banyak-banyak. Lebih baik habis dan tidak mengendap di lemari es, kemudian saya belanja lagi sambil mencari alternatif masakan lainnya.  Nah, siapa nih yang suka membuatkan bekal juga untuk keluarga? Menu favoritnya apa? Semoga bermanfaat ya. Wassalam.

Love,
deravee

You Might Also Like

4 comments

  1. Suamiku tipe yg ga suka bawa bekal mba. Udh pernah aku minta asistenku utk nyiapin pagi2, ttp aja dia makan di rumah. Krn dia kalo siang LBH suka makan di luar katanya. Yo wislaah, akupun ga bingung mikirin bekal apa. Tp bekal di atas cocok utk ku ;). Krn aku rutin bawa bekal ke kantor. Secara makan di luar males kena panas nyaaa hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktis emang makan dulu di rumah ya mbaa.. ga ribet nenteng hihi.. oh suka bawa bekel juga ya mba, asik nyiapinnya klo kata aku si hehe.. untuk maksi paksu juga makan di kantor..klo sarapan di rumah dulu kaya belom nafsu makan ato ga sempet

      Delete
  2. menu masakan tinggal goreng-goreng atau cemplang-cemplung emang paling pas dah kalau mau ringkes ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba turis.. nanti sayurannya yg bisa langsung makan aja kaya timun ato salad2an

      Delete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe