3 Restoran Halal di Beijing, Jangan Lupa Bawa Bon cabe

Thursday, January 31, 2019

muslim halal food beijing

Assalamu'alaikum,
Pertama kali menemukan restoran halal, hati rasanya masih antara percaya dan tidak percaya. Serasa telah berlabuh dan penuh pengharapan. Tempat itu adalah sebuah kedai mie dekat apartemen saya. Saya cermati dari luar rumah makan, tersemat tulisan halal dalam bahasa Arab di atas pintu masuk. Wah, hati senang riang gembira.

Saya mengajak Gavin untuk makan di sana. Seiring waktu, saya pun menemukan restoran halal lainnya. Ciri khas dari rumah makan halal di Beijing adalah pelayan prianya memakai peci berwarna putih. Plakat logo halal terpampang jelas di bagian dalam restoran. Berikut daftar tiga restoran halal di Beijing yang pernah saya datangi...

3 Restoran Halal di Beijing
1. Restoran Jalan Ini (Ya Bao Lu)
alamat: Ya bao lu, Chaoyang Qu, Beijing Shi
Letaknya di distrik (Qu) Chaoyang. Tempat ini menjadi resto halal yang pertama kami datangi. Restorannya bernama "restoran jalan ini". Jalan yang dimaksud adalah jalan Ya Bao. Lu dalam bahasa Mandarin artinya jalan. Menu utama di sini adalah mie. Ada beberapa varian mie menurut kuah dan isinya. Mie kesukaan Gavin dan saya adalah mie dengan pangsit. Rasanya enak.

muslim food beijing
sambal szechuan/sichuan khas Tiongkok

suasana di dalam Ya Bao Lu restoran
halal food di beijing
Ya Bao Lu Restaurant, Chaoyang, Beijing

halal food di beijing
menu pangsit goreng, tersaji dengan manis
Pengalaman pertama makan di sini langsung mengesankan. Pelayan dengan ramah menunjukkan di mana saya dapat mengambil mangkuk kecil dan sumpit untuk makan. Saat tengah makan, seorang pelayan datang dan memegang mangkuk mie kami. Tak lama ia datang lagi membawakan semangkuk kuah hangat yang baru. Oh ternyata tadi dia mengecek apakah kuah mie kami masih hangat.

Menu yang tersedia adalah mie kuah, mie goreng, sate domba, pangsit goreng, paket nasi dan siomay. Harganya mulai dari 25 yuan, khusus sate harganya satuan, 5 yuan per tusuk. Satenya dihidangkan dengan tusuk panjang dari besi, sangat unik. Sambal pelengkapnya berbeda dengan sambal di Indonesia. Sambal sichuan, berwarna merah tua pekat dan berminyak. Rasanya kurang pedas. Jadi sebaiknya bawa sambal andalan sendiri, saos atau boncabe misalnya.

Suasananya nyaman, bersih dan tenang. Satu porsi mangkuk mie banyak sekali. Jadi saya biasanya hanya pesan 1 untuk makan berdua Gavin. Untuk minumannya air putih yang sudah disediakan di stand khusus bersama sendok dan sumpit. 

halal food di beijing
Noodles with dumpling, harga 1 porsi 25 yuan, rasanya nyaam...

beijing halal food
lemari coklat tempat sumpit, sendok dan air putih

beijing muslim halal food
sate domba

halal food di beijing
outlet pemesanan

2. Lanzhou Beef Noodles Restaurant
alamat: Chaowai 1st Alley, Chaoyang Qu, Beijing Shi
Restoran yang kedua ini juga dekat dari apartemen kami. Letaknya sama dengan resto pertama di distrik Chaoyang. Saya belum pernah makan ditempat. Hanya pernah beli untuk dibungkus satu kali. Menunya mie kuah polos. Harganya 15 yuan. Menu lainnya adalah berbagai macam masakan olahan daging, ayam dan seafood, salah satunya sapi lada hitam. Dengan kisaran harga mulai dari 15 hingga 90 yuan.

 beijing halal food

3.  The Fire Barbeque
alamat: Beijing Yabao Place, 19 Ritan North Road, Chaoyang
Rumah makan halal ketiga ini letaknya di Yabao Place. Sebuah mal kecil di daerah Chaoyang. Saya juga tidak makan di tempat waktu ke sini. Memesan 2 macam menu makanan untuk dibawa pulang.
Resto ketiga ini adalah yang paling mahal dibanding kedua di atas.

Waktu itu saya memesan nasi dengan daging dan ramen pedas. Harganya kalau tidak salah sekitar 50 yuan. Menu yang tersedia di sini adalah berbagai jenis masakan, mie, hot pot dan grilled beef. Harganya lumayan fantastis, dari 50 hingga 300 yuan.

beijing muslim halal food
logo halalnya terlihat jelas
 tur halal beijing cheria wisata

tur halal beijing cheria wisata
The Fire Barbeque, Yabao Place, Chaoyang, Beijing

*      *      *

Selain ketiga tempat di atas, ternyata restoran halal di Beijing cukup banyak. Distrik muslim yang paling terkenal adalah Niu Jie. Di sana terdapat masjid terbesar di Beijing. Wisatawan juga dapat menemukan deretan rumah makan halal serta toko-toko halal di daerah ini.

Cara mudah lainnya untuk menemukan restoran halal adalah dengan mencari masjid. Umumnya pada setiap masjid di Beijing, maka turis juga dapat menemukan rumah makan maupun tempat belanja daging halal disekitarnya. Saya sendiri selalu belanja daging di toko halal Nan Xia Po Mosque, Chaoyang. Alhamdulillah. Bagaimana dengan pengalaman teman-teman dalam mencari restoran halal saat traveling? Yuk share juga ya di kolom komentar. Semoga Bermanfaat. Wassalam.

Love,
deravee

'follow twitter dan instagram Dewi ya~ @deravee

You Might Also Like

3 comments

  1. Alhamdulillaah banyak juga ya mbak restorannya, jadi semakin mudah cari makanan minuman halal. Btw aku baru tau mbak tinggal di Beijing ya? Dah lama kita gak ketemu lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Lia.. Alhamdulillah, seneng banget nemu resto halal. Iya ni mba, kapan ya ketemu lagi, hehe..iya mba udah 3 bulan di beijing, ikut suami dinas. Makasi udah mampir mba:)

      Delete
  2. sebagai penggemar mie pingin rasanya ke negara yang terkenal dengan mie nya biar bisa coba banyak macam mie, dan kalau udah halal gitu kan jadi tenang makannya :D

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe