5 Daftar Wajib Bersih-bersih Rumah Menjelang Lebaran

Friday, June 08, 2018

menyambut idul fitri

Assalamu'alaikum,
Hai Keluarga Indonesia... Alhamdulillah kita semua masih bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan di tahun 2018 ini. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga lancar dan segala amal ibadah diterima Allah SWT. Amin YRA.

Ngomongin lebaran pasti nungguin sale. Bukan ding... Menyambut lebaran pasti rempong-rempong asyik. Urusannya panjang. Mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala. Dari santan kelapa sampai kue nastar. Terlebih buat emak-emak yang bertugas ngurusin dapur serta fashionnya anak-anak. Termasuk juga ritual bersih-bersih rumah.

Kebetulan saya tidak pernah pulang kampung saat lebaran *terima angpau untuk melipur lara*. Jadi rumah harus cling dan mempesona walaupun tamunya nggak banyak. Sebenarnya bukan karena tamu, tetapi ada spirit yang sudah menjadi tradisi. Menyambut hari kemenangan, selain hati juga dengan lingkungan tempat tinggal yang bersih. Aura hari raya akan semakin terasa. Bagai sebuah penghargaan bagi hari fitri itu sendiri.

*dug durug dug.... dug.... dug....

Maka dalam menyambut lebaran, ada daftar bersih-bersih yang tidak boleh terlewatkan setiap tahunnya bagi saya dan keluarga, seperti di bawah ini.

tradisi lebaran di indonesia

5 Daftar Wajib Bersih-bersih Rumah Menjelang Lebaran:
1. Laundry Karpet
Me-laundry karpet pasti yang pertama kali kepikiran oleh saya setiap mau puasa. Soalnya kami memakai karpet untuk ruang keluarga yang dipakai setiap hari. Jadi wajib sekali di-laundry. Saya prefer 1 minggu sebelum puasa atau pas awal puasa sudah menyetorkan karpet ke ibu langganan. Karena pas puasa itu mager, lemes, akhirnya nggak jadi-jadi mengantar karpet. Tiba-tiba yang punya laundry sudah keburu pulang kampung. Wassalam deh.

2. Mencuci Gorden
Daftar wajib kedua. Untuk yang ini nyaris hanya pas lebaran dikerjakannya 😅😅😅. Tapi yang di kamar rutin dicuci kok. Habis bongkar pasangnya itu yang nggak nahan. Sebagian gorden dengan model pita agak susah dalam memasangnya. Harus tekun sabar dan teliti. Untuk membersihkan gorden saya lebih memilih membersihkannya dengan cara dikucek tangan. Agar lebih awet dan tidak merusak gorden yang menggunakan 'ring'.


3. Membersihkan Kamar Mandi
Harus banget nih. Hari lebaran kamar mandi mesti bersih nan wangi. Pastinya teman-teman memang sudah punya jadwal rutin kan untuk bersih-bersih kamar mandi di rumah. Baik bak maupun lantai kamar mandinya.

4. Mengganti Sprei
Agar hari raya semakin istimewa, suasana kamar juga menjadi prioritas. Mengganti sprei yang sudah digunakan dengan sprei bersih lainnya di setiap kamar sangat penting. Sekalian persiapan apabila akan ada sanak saudara yang hendak menginap. Kamar yang bersih dan nyaman akan membuat siapa saja betah didalamnya.

5. Memotong Rumput
Zona dalam dan zona luar sama pentingnya. Bagian halaman justru yang pertama menjadi gerbang dalam menyambut tamu. Jadi taman rumah jangan sampai awut-awutan. Minimal rumputnya sudah dipotong walupun tidak banyak bunga-bunga menghiasi *pengakuan*.

lebaran di indonesia

Demikian list wajib bersih-bersih saya yang menjadi kategori bersih-bersih besar. Kalau mau dirinci semua bisa panjang berlembar-lembar. Baiknya kalau mau rapih-rapih total sudah dicicil jauh-jauh hari, misalkan ingin menyortir isi lemari pakaian hingga mencuci sepatu. Jangan ditumpuk menjelang lebaran. Agar tidak kelelahan saat berpuasa. 

Bagi saya rasanya menyenangkan menyambut hari raya idul fitri dengan segala kerepotannya. Teman-teman pasti juga mempunyai ritual masing-masing dalam menyambut lebaran. Yuk share juga di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat.

Mohon maaf lahir dan batin... Wassalam.


Cerita lebaran lainnya:
Kumpul Ceria Kesebelasanku di Hari Raya Idul Fitri
Rahasia Sukses Memasak Rendang

Love,
@deravee

You Might Also Like

11 comments

  1. Kalau di rumahku biasanya selain gorden, kaca jendela juga termasuk yang wajib dibersihkan. He

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba.... satu paket ya.. biasanya sebelum pasang lagi gordennya aku juga ngelap kaca

      Delete
  2. Kebetulan mau beres2 rumah jg nih. Jadi semakin byk jg listnya. Heheh.

    ReplyDelete
  3. aktifitas tahunan, apalagi tinggal di kampung halaman mbak, suasana menjelang ramadhan itu beda banget, aktifitas bersih-bersih itu pasti, dan itu menyenangkan...

    ReplyDelete
  4. Wah,, gordennya dicuci tangan?? hebat mba. Kalau di rumah saya kebetulan jendelanya banyak jadi gordennya juga banyak. Ga bakalan sanggup cuci sendiri. Trus tambahan list bersih2 kalau di rumah saya adalah, mencuci semua bunga plastik (bunga hiasan) baik itu bunga di meja, bunga di dinding dan yang di lantai. Karena pasti udah banyak debu yang menempel

    ReplyDelete
  5. menginspirasi banget mba, semangat hihi

    ReplyDelete
  6. wahhh kayaknya samaan sama mama saya nih mbak, bersih2 rumah extra kalo pas mau hari raya gini hehehe

    ReplyDelete
  7. Aku ingetnya pas msh tinggal ama ortu, itu mama paling rajin beres2 rumah. Cuci gorden lah, taplak, ngelapin semua hiasan meja, keramik dll. Tp aku sendiri setelah nikah, termasuk ga rutin huahahaha. . Apalagi tiap lebaran kita pasti ga di rumah. Ntah itu stay di hotel sampe masuk kantor, ato mudik ke rumah ortu di medan ato solo.tp aku seringnya mibta bantuan orang lain utk bersih2, dan aku bayar pastinya. Ato kalo ga mau repot lagi, panggil tenaga profesional yg tugasnya memang bersih2 :D.

    ReplyDelete
  8. Biasanya gorden dan karpet ritual Lebaran. Tahun ini lebih fokus memilah barang. Jadilah gorden dan karpet hanya di pukul dengan sapu lidi. Heu heu.

    ReplyDelete
  9. Saya juga bebersih dulu. Apalagi kakak ipar dan keluarganya mau menginap selama libur lebaran :)

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe