IDE BERMAIN: Cap Tangan ala Upin dan Ipin

Wednesday, February 17, 2016


Gavin suka sekali menonton Upin Ipin. Upin Ipin memang menjadi salah satu kartun yang menjadi hiburan baginya, menurut Saya pun tayangannya banyak memberikan pengaruh positif. Di salah satu episode menceritakan kegiatan siswa TK Tadika Mesra (sekolah Upin&Ipin) yang sedang asyik bermain finger painting atau cap tangan. Ketika itu juga Gavin terinspirasi dan langsung mengungkapkan keinginannya kepada Saya.

"Mi Gavin mau main itu".

"Wah bikin dulu donk Mami", ujar Saya.

finger paint
Serial Upin Ipin episode Taman Mesra (Sumber: ms.upinipin.wikia.com)

Maka Saya gogling mencari cara membuat "Homemade Finger Paint", berhubung Saya memang sudah menyimpan beberapa pewarna makanan untuk kegiatan belajar Gavin, tinggal mencari resepnya dan mengecek kelengkapan bahan lainnya. Resep yang Saya gunakan untuk membuat Homemade Finger Paint di rumah adalah sebagai berikut:

Homemade Finger Paint
1. Campurkan 1 cup tepung maizena dengan 1 cup air dingin.
2. Rebus 3 cup air dan masukkan campuran nomor 1. Masak dengan api kecil.
3. Aduk rata jangan sampai menggumpal.
4. Matikan setelah mengental.
5. Bagi ke dalam beberapa wadah.
6. Teteskan pewarna makanan, campurkan hingga merata.

Hasilnya cukup memuaskan, walaupun ada sedikit yang menggumpal. Sayangnya tempat yang Saya gunakan terlalu kecil, Saya memakai mangkuk-mangkuk putih seperti pada gambar. Jadi Gavin tidak dapat menempelkan tangannya langsung ke dalam adonan finger paint, lalu Saya memberikannya kuas untuk mengoleskan finger paint ke tangannya.

pewarna makanan
Homemade Finger Paint untuk Gavin

Saya menggunakan pewarna makanan Koepoe Koepoe, 1 botol memiliki isi bersih larutan pewarna sebanyak 30 ml. Selain untuk membuat finger paint, Saya juga sering menggunakannya untuk kegiatan Gavin bermain pencampuran warna dasar.

pewarna makanan
Pewarna makana untuk membuat homemade finger paint

Saya senang memakai pewarna makanan Koepoe Koepoe karena:
1. Aman digunakan dan sudah lulus uji BPOM RI.
Namanya juga pewarna makanan, jelas harus aman digunakan ya, tetapi bagaimanapun tetap merupakan bahan kimia, sebagai orang tua kita harus mengetahui setiap bahan yang digunakan untuk bermain anak. Sesuai pengalaman Saya, pewarna makanan Koepoe Koepoe aman digunakan karena tidak menimbulkan efek apapun walaupun mengenai kulit tubuh.

2. Berlogo HALAL dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

3. Tidak berbau.
Tidak berbau bahan kimia maupun bau menyengat lainnya.

4. Warna yang cerah dan banyak varian.
Pewarna makanan Koepoe Koepoe mempunyai banyak pilihan warna. Semua warnanya muncul dengan kuat, tidak hanya karena warna tersebut adalah warna-warna cerah seperti merah, kuning dan hijau, warna gelap seperti ungu dan coklat juga tampak menonjol.

Pilihan pewarna makanan  Koepoe Koepoe:
1) merah tua
2) merah cabai
3) merah rose
4) oranye
5) kuning tua
6) kuning muda
7) hijau muda
8) hijau tua
9) ungu
10) biru
11) cokelat
12) kopi cokelat.

5. Mudah digunakan serta cukup 1 tetes.
Cara membuka kemasan cukup dengan memutar tutupnya dan teteskan sejumlah yang diperlukan. Biasanya Saya memakainya sedikit-sedikit, karena hasil dari 1 tetes pewarna sudah bagus sekali memunculkan warna yang kita ingin gunakan.

*  *  *
Saya biasa membeli pewarna Koepoe Koepoe ini di Naga Swalayan kurang lebih sekitar 3.900 rupiah, di toko-toko lain harganya berkisar antara 3.900 rupiah sampai dengan 5.500 rupiah per botol.

Gavin mau beraksi dulu ya, siap membuat kreasi finger paint:) Sementara di kertas dulu ya Nak, jangan di tembok seperti Upin dan Ipin, hehe.

bermain
My little picasso in action

Love,
DRP

Referensi:
mommiesdaily.com
tokopedia.com/reenboog

You Might Also Like

6 comments

  1. saya juga koleksi pewarna makanan koepoe koepoe ini. Asyik ya, anak-anak jadi senang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake juga ya mak..iya betul mak, kadang kasih air aja sama pewarna buat main ya, anaknya udah seneng

      Delete
  2. Akhirnya mak, bisa juga masuk sini,,hihihi, wahhh Zyan juga mau coba ahh mas Gavin, Zyan suka nonton upin ipin, kalo gak salah bagian ini judulnya Jerebu yah.. *lupalupainget*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mama Zyaan, welcome back, xixi... Iya Zyan selamat mencoba, duh aq jd inget, blum bikin yg feeding pet x) klo ga salah ada 2 episod ya, jerebu sama taman mesra upin ipin main finger paint

      Delete
  3. Waaa iya ya, jadi aman buat anak-anak. Gavin pinter ya, gak melenceng ke tembok nempelin tangannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mak, saking senengnya dibuatin finger paint, jd langsung manut di kasih tau jgn ke tembok mainnya hihihi

      Delete

Komen aja nggak papa kok jangan malu-malu. Pilih NAME/URL dan isi dengan URL blog ya, jangan url postingan. Terima kasih temaan....

@deravee

Subscribe