BELAJAR MASAK: "Nyaris, Udang Saus Padang"

Thursday, June 16, 2016

Assalamu'alaikum,

Menu olahan udang adalah salah satu makanan favorit saya. Sekali-sekali saya dan suami menikmatinya di rumah makan seafood. Jikalau berulang kali dapat membuat kami sering puasa walaupun bukan bulan Ramadhan. #Makan sifud suka ga ketebak habisnya berapa!

Setelah makan seafood biasanya saya suka terinspirasi untuk memasaknya di rumah. Diantaranya menu "Udang Saus Padang". Sudah lama saya kepingin mencoba membuatnya. Apalagi sekarang bulan puasa, mak-emak harus banyak ide mencari sajian yang menggugah selera. Ya ngga?

Udang saus padang adalah masakan udang yang dihidangkan dengan siraman saus cabai kental. Yang istimewa dari saus padang ini bagi saya yang pertama adalah aromanya. Aromanya berbeda dengan sajian seafood udang lainnya seperti udang saus asam manis ataupun udang saus tiram. Ada kekhasan tersendiri dari wangi hidangan udang saus padang. 

Begitu tersaji di depan mata, sekejap aromanya menusuk hidung dan menggugah hati seakan yakin kalau nanti bakal nambah makannya. Keistimewaan yang kedua baru  rasanya, tidak kalah menonjol dengan wanginya, sedaap...

Oke, setelah mencari resep yang cocok maka saya paparkan pelajaran memasak saya sebagai berikut:

Udang Saus Padang
oleh
Dewi Ratih Purnama

BAHAN:

250 gr udang yang sudah dikupas bersih
2 ruas lengkuas diiris dan digeprek
Secukupnya cabai rawit merah
2 sdm saus tomat
2 sdm saus tiram
2 sdm saus sambal
Lada
Garam
Gula
Daun jeruk bila ada
Secukupnya tepung terigu
Secukupnya minyak sayur
Secukupnya air

Bumbu halus:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
4 buah cabai merah keriting
1 ruas jahe
1 buah tomat

CARA MEMASAK:
"Siapkan udang untuk digoreng tepung"
Cuci bersih udang
Campurkan dengan garam secukupnya
Campurkan dengan tepung terigu hingga terbalut rata
Goreng hingga kering - sisihkan

"Membuat saus padang" 
1) Tumis bumbu halus, cabai rawit, lengkuas, dan daun jeruk hingga harum
2) Tambahkan air sedikit, sekitar setengah cangkir, kemudian tambahkan
- saus tomat
- saus sambal
- saus tiram
3) Tambahkan secukupnya: gula pasir, lada dan garam
4) Aduk rata hingga mendidih, matikan api

"Tata udang pada piring saji"
Sirami dengan saus padang dan siap untuk dihidangkan.

udang saos padang

"Udang Saus Padang" mami Alhamdulillah sukses tersaji pas waktunya berbuka. Aromanya kurang lebih sama dengan yang pernah dimakan di resto seafood. Ternyata aroma khas saus padang ini datang  dari jahe, lengkuas dan daun jeruk yang wanginya keluar karena ditumis. Rasanya? lumayan. Bener kok ini rasa udang saus padang. Tapi.... kurang pedes! Biasanya sajian udang saus padang khas resto seafood, selain aromanya yang menggoda juga rasanya cabainya yang nendang di lidah.  

Buatan saya kurang nampol. Pada resep aslinya yang digunakan adalah cabai merah besar. Berhubung saya ngga nyimpen cabai merah besar jadi pakai cabai merah keriting. Taburan rawitnya juga harusnya pakai cabai rawit merah bukan rawit hijau. Pada resep asli kulit udang tidak dikupas.

Keempat cabai merah yang saya gunakan pada resep di atas, walaupun jumlahnya cukup untuk takaran udang sebanyak 250 gram tetapi kemudian geng cabai ini harus bergulat dengan tomat, saus tomat, saus tiram, serta gula pasir. Pertarungan yang tidak berimbang, membuat kepedasannya dilemahkan oleh keempat bahan tersebut.

Alhasil, percobaan saya kali ini menciptakan rasa sajian Udang Saus Padang yang manis dan gurih, tetapi tetap aduhai untuk disantap. Namanya jadi "Nyaris, Udang Saus Padang" aja lah *cek tempat kursus masak*. Kesimpulannya untuk eksperimen yang akan datang, jumlah cabai merahnya perlu ditambah dan menggunakan rawit merah untuk menguatkan rasa pedas.

Ohya, 250 gram udang itu ngga banyak ya Mama kalau dikupas bersih. So, porsi takaran menu ini hanya cukup untuk 4 orang atau 2 orang untuk 2 kali makan. Ngambilnya sedikit-sedikit (?) *medit*. Buat Mami sama Papinya Gavin pas buka sama sahur. Pas ya..

Resep di atas sudah saya modifikasi dari aslinya dan saya dapatkan dari Masak.TV

Mami Gavin mau merekomendasikan temen bareng di meja makan untuk si "Udang Saus Padang", dapat dihidangkan bersama dengan:
  • ikan bakar
  • tumis kangkung
  • tahu goreng
udang saus padang seafood
Rombongan sajian seafood sisa eksekusi Mami

Sekian belajar masaknya Mami Gavin. Yuk dicoba mama-mama kece. Sila menyesuaikan tingkat kepedasan dengan selera masing-masing dan jangan kapok untuk mencoba. Enak deh berbuka dengan "Nyaris, Udang Saus Padang" hahahah. Selamat memasak dan selamat menjalankan ibadah puasa. Wassalam.

Be happy,
@deravee

You Might Also Like

11 comments

  1. Nice mba, bisa di recook nih resepnya hehehhehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Mba Wuri..haha iya nih harus di recook, percobaan pertama Blum sukses :D

      Delete
  2. yahhh, mami Gavin, aku kalau masak udang yang makan aku aja, hehehe, suamiku langsung bercak merah 2 menut aja abis sang udang tertelan.jadinya jarang masak udang, tapi setelah liat putunya mami Gavin, aku mauuu coba ah...enak kayaknya,biarin aja biar udangnya aku yang abisin biar puass hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahh makan sendiri doongg ya...yaa sekali sekali gpp lah yaa....hihihi...coba mak Fer buat, nanti balik aku yang minta ajarin ya wkwk

      Delete
  3. Waduh resepnya bikin pengen nyoba, moga aja di tanganku juga enak jadinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah maak, di tanganmu lebih enak, hehehe....Amin Amin

      Delete
  4. Duhduhduhduhh.. Jadi laper liat udang, untung lagi gak puasaaa :p Jadi penasaran nih pengen cobain masakan mami Gavin, ntar kapan-kapan aku mampir ke bekasi boleh ya Maaaak. Hihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. bilangnya jauh2 hari ya maak klo mau main, biar cukup preparenya menyambut tamu spesial, hehehehehe

      Delete
  5. Mamiii, aku juga favorit banget deh sama udang. Paling suka bikin udang asam manis, udang lado, udang goreng tepung. Resep mami asik nih, walau banyak bgt printilannya yaaa hahha *dasar malas repot* makasih idenya mami muah :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa..ujung2nya banyak printilannya ya Ai...tapi emang enaak, waa sama kita udang mania

      Delete
  6. Gak bisa nolak apa pun yang dimasak saus padang :9 mau mbaaak :3

    Salam,
    Gianta

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe