Jago Bahasa Inggris Itu Mudah Asal Tahu Langkahnya

Thursday, June 02, 2016

English First Jakarta

Assalamu’alaikum,
"Dengan berkembang pesatnya perekonomian di Indonesia, diperkirakan tahun 2030 Indonesia akan membutuhkan 113 juta tenaga kerja yang mahir berbahasa Inggris."

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan digunakan dalam berbagai profesi pekerjaan di dunia. Kamu belajar bahasa Inggris mulai dari TK, SD, SMP, SMU sampai kuliah? Sudah ribuan jam belajarnya, kalau tes wawancara kerja bahasa Inggris jago dong? Kalau Saya jujur tidak lancar berbicara dalam bahasa Inggris. Kamu juga kan??? Hayo ngaku aja deh...

Pendidikan formal bahasa Inggris yang selama ini didapat ternyata tidak menjamin kita mudah berbincang-bincang dalam bahasa Inggris walaupun menguasai tata bahasanya. Mengapa? Karena kebanyakan dari kita kurang memiliki kesempatan untuk menerapkan dan melatih kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.

Saya juga merasakan hal tersebut. Dulu Saya memang bekerja di perusahaan dan dituntut mahir berbahasa Inggris, tetapi pada prakteknya sangat jarang berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Setelah tidak bekerja dan menjadi ibu rumah tangga, Saya pun tetap merasa harus mampu berbahasa Inggris karena Saya mempunyai tugas mendidik calon penerus bangsa yaitu buah hati Saya. Selain itu dalam bergaul dan menggunakan berbagai media maupun teknologi pada kehidupan sehari-hari selalu terdapat bahasa Inggris yang menyertainya.

Saya pun tidak melewatkan kesempatan ketika diberikan undangan  oleh Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) untuk menghadiri Workshop Class  yang diadakan oleh lembaga kursus bahasa Inggris: English First (EF) pada hari Jum'at 27 Mei 2016 di EF English Centers for Adults, Kuningan City Lantai 1, Jakarta Selatan.

EF Kuningan City adalah Profesional English Course atau kursus bahasa Inggris untuk tingkata dewasa. EF kini memiliki konsep belajar terbaru yang akan membantu siswa lebih cepat dan lebih mudah dalam belajar dengan mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan bahasa Inggris yang dimilikinya, kelemahan dan kekuatan apa yang harus diperhatikan serta keahlian apa yang perlu dikembangkan dalam berkomunikasi bahasa Inggris sesuai dengan profesi yang dijalaninya.   

Sebelum menjalani program pendidikan di EF, calon siswa akan mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris yang meliputi: reading, writing, speaking and listening. Nantinya hasil tes yang sudah di analisa oleh Service Specialist EF akan digunakan untuk merancang program belajar siswa sesuai kebutuhannya.

EF memiliki sistem pendidikan yang disebut EF EfektaTM System. Sistem pembelajaran tercanggih yang dirancang oleh Tim Riset Akademik EF. Metode belajar sistem Efekta ini terdiri dari “Learn-Try-Apply-Certify”. Metode yang membiasakan siswa menggunakan bahasa Inggris sebanyak mungkin, sehingga Siswa tidak hanya belajar bahasa Inggris tetapi juga menguasainya.


English First

LEARN
Program belajar Siswa dimulai dengan materi online yang didapat melalui lab bahasa inovatif iLAB, paket belajar terpadu yang diberikan dengan sangat menarik. Kamu akan mengerjakan latihan yang dipandu oleh guru, mengikuti kelas interaktif online, bersosialisasi dengan sesama siswa EF dari seluruh dunia, mengisi quiz hingga bermain multi-player games.

Materi belajar dari iLAB tersebut dapat diakses melalui smartphone atau komputer yang dapat dilakukan siswa kapan saja, di mana saja, 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Hal ini akan memberikan kesempatan para siswa EF untuk belajar tanpa batasan waktu, sehingga sangat membantu mempercepat kemajuan studi siswa. Setiap level di iLAB diprogram untuk mempersiapkan siswa untuk mengikuti kelas face-to-face.

TRY
TRY adalah tempat di mana siswa akan mengaplikasikan keterampilan berbahasa Inggris yang sudah dipelajarinya di iLAB. Siswa akan mengikuti kelas dan mempraktekkan kemampuannya dengan guru penutur asli (native speaker).

Keistimewaan belajar pada kelas EF adalah kelas-kelas belajar yang memiliki tingkatan, yaitu kelas yang dimulai dari "kelas kecil", "kelas sedang" hingga "kelas besar". Kelas kecil hanya berisikan 1 sampai 6 murid.

Jumlah murid yang sedikit akan membuat kegiatan belajar di kelas menjadi sangat efektif dan efisien. Para guru sudah memiliki laporan belajar para siswa yang diperoleh dari iLAB sehingga fokus pada bagian perbaikan yang diperlukan.

Pada kelas sedang disebut juga dengan workshop, siswa akan dapat berinteraksi dengan sesama murid dengan lingkup yang lebih banyak, yaitu dengan jumlah maksimal 25 orang. Selanjutnya kelas besar di EF adalah Life Club, yaitu tempat di mana para siswa dapat menerapkan bahasa Inggris yang sesungguhnya di kehidupan nyata ---> “Apply”.

English First Jakarta
Mr. Andy - native speaker di EF workshop class yang Saya hadiri

English First
Dekor menarik sekaligus papan pengumuman di EF Kuningan City
APPLY
Tujuan diadakannya Life Club adalah agar siswa menggunakan pengetahuan bahasa Inggrisnya dan menerapkannya secara alami. Kamu dapat mengikuti berbagai aktifitas menarik yang terdapat pada Life Club dan akan menjalani semua kegiatan dengan percakapan dalam bahasa Inggris bersama teman dan para guru.  Hang-out bareng sambil ngobrol bahasa Inggris.

Kegiatan Life Club ini diadakan baik di dalam ataupun di luar center EF. Terdapat bermacam-macam kegiatan, ada memasak bersama, nonton bareng, books club, yoga, coffee corner dan masih banyak lagi, seru banget!

CERTIFY
Setelah menyelesaikan kursus, siswa akan lulus dan mendapatkan sertifikat EF sebagai bukti pencapaian prestasi. Dengan memiliki sertifikat yang diakui secara internasional, kamu akan semakin mantap melangkah menuju jenjang berikutnya baik dalam memasuki universitas, melamar pekerjaan di perusahaan, maupun bergabung dengan organisasi.

Masa Depan Yang Lebih Baik dengan EF Career Advancement
"Studi menunjukkan bahwa profesional yang berkemampuan berbahasa Inggris dengan baik dapat meraih pendapatan 30-50% lebih tinggi."

English First juga mempunyai layanan peningkatan karir atau EF Career Advancement yang diberikan secara cuma-cuma. Ribuan siswa EF kini memiliki pekerjaan lebih baik setelah mengikuti workshop, seminar, konsultasi pengembangan karir, acara-acara networking yang diberikan EF dan dibimbing oleh tim instruktur bahasa Inggris di EF.

Kunci utama dalam berbahasa adalah dengan menggunakannya sesering mungkin. Apabila jarang digunakan tentu akan cepat lupa dan tidak terbiasa yang berdampak semakin tidak percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa tersebut.

Sejalan dengan pemikiran tersebut maka center EF pun didesain dengan begitu nyaman dan modern agar para siswa memiliki pengalaman belajar yang luar biasa. Siswa tidak hanya datang lalu pulang saat kelas usai. Namun EF menyediakan lounge, fasilitas free wi-fi dan free coffee yang dapat digunakan agar para siswa menjadikan center EF sebagai zona berbahasa Inggris untuk saling bersosialisasi, baik untuk berdiskusi serta mengerjakan tugas.

English First Jakarta
Gavin langsung anteng di sini, pemandangannya bikin betah

EF Kuningan City
Salah satu ruang kelas yang nyaman dan modern

English First Indonesia
Pojokan asyik, siapa yang mau mojok? ngerjain tugas loch

English First Jakarta
Nyaman berdiskusi di lounge EF
EF selalu terdepan untuk berinovasi dalam pembelajaran. Oleh karenanya EF tidak hanya membantu para siswa agar mengerti bahasa Inggris melainkan lebih dari itu. EF membimbing para siswa agar mampu berkomunikasi dan berinteraksi secara alami dalam situasi kehidupan nyata.

Bagi teman-teman yang berminat belajar di EF, silahkan menghubungi: (021) 520 3655 atau baca informasi yang lebih akurat dan terperinci di www.ef.co.id.

Jadi kapan nih kita rumpi-rumpi bahasa Inggris friends?

Be happy,
@deravee   

Referensi:
www.ef.co.id

You Might Also Like

20 comments

  1. Ini dia yang ditunggu.. Mantappp mak dew.. Yuukk ahh belajar english..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya Mak Fera ^^... yuk Maak, blajar bareng yaa

      Delete
  2. Tempatnya nyaman ya, pengen sih belajar lagi..semenjak berhenti kerja sudah jarak practice...klo bisa pengen belajar online aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyaman banget ya Mak.. di EF bisa fleksibel Mak Lily jadwal belajarnya, online juga bisa, dan bisa live chat dengan guru

      Delete
  3. Bahasa Inggris saya masih sangat lemah sekali. Kira2 ada kelas untuk dewasanya juga ga ya. Meluncur dulu deh ke webny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krn udah jarang dipake biasanya ya Mak.. bisa di sini Mak, EF Kuncit memang untuk kursus b.Ing dewasa

      Delete
  4. pengen ikut di grammar klub, spya bisa halan halann ke London

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut dooonk Babam halan2 ke London :D bisa Mak, nanti dianalisa sm tim EF apa yg perlu ditingkatin

      Delete
  5. Tempatnya enakeun banget ya mak, bahasa inggris emang penting banget nih. Kerasa banget, makanya saya akhirnya kursus jugaa hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mak, rajin blajar deh ya d sini, hihi..wah asik kursus, semoga lancar ya Mak:)

      Delete
  6. Permasalahan saya sepertinya cuma satu, yaitu di writing kalau speaking dan reading bisa lah. Tapi saat writing sepertinya ada masalah gitu karna memang saya jarang menulis pakai bahasa inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permasalahannya ngga kaya org kebanyakan dong ya, hehe..biasanya lebih byk yg kesulitan wkt ngomongnya

      Delete
  7. dari dulu kalau mau les bahasa inggris minder mbak, dag dig dug kalau ditanya mesti jawab apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah cocok nih belajar disini, justru ningkatin pe-de murid2nya :)hehehe

      Delete
  8. Duh jangan ajakin aku rumpi rumpi bahasa inggris, ntar nggak mudeng akuuuuu. Kalo bahasa bekasi boleh deh maaak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha boleh, private aja tapi ya, jangan biarkan dunia tau mak, wkwkwk :D

      Delete
  9. Oh jadi ini tempat mami ngajar? *gagal fokus :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumil yaa...iseng nih..yg ngajar om bule bundaa...udah mam buah blom hr ini??

      Delete
  10. EF makin mahal atau makin murah sekarang ??? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinyaa semakin berkualitas masbro.. bisa ngopi2 manja juga di lounge sambil casciscus enggris

      Delete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe