Kiat Mendekorasi Kamar Tidur Apartemen Menjadi Lebih Tenang dan Nyaman

Friday, June 21, 2019

Assalamu'alaikum,

Berpindah hunian merupakan fenomena yang banyak dialami oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Pun sedang saya alami saat ini. Adapun tujuannya, mulai dari ingin berganti ke hunian yang lebih baru, menginginkan lokasi tinggal yang strategis, pindah tugas dan sebagainya.

Pindah hunian memang butuh proses yang tidak singkat dan terkadang memiliki sejumlah kendala. Tetapi tidak hanya saat proses pindah dilakukan, beberapa hambatan akan dirasakan sesaat setelah bermukim ke hunian baru. Contoh yang paling awam adalah bagaimana si penghuni harus beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Tidak sedikit pemukim yang sulit untuk beristirahat pada tempat tinggal barunya di awal kepindahan. Masalah yang cukup banyak terjadi adalah mereka yang pindah ke sejumlah unit-unit jual apartemen dari hunian tapak atau rumah tinggal. 

Alih-alih nuansa privat dari apartemen yang ditinggalinya, namun karena berada di atas ketinggian, suasana baru tersebut justru mempersulit momentum beristirahat.



Faktor lainnya dapat juga berasal dari nuansa kamar tidur yang belum sama seperti sedia kala. Untuk itu, mendekorasi kamar tidur adalah aktivitas yang dapat sesegera mungkin teman-teman lakukan demi mendapatkan ketenangan dan kenyamanan saat beristirahat di hunian baru.

Pada dasarnya tidak sulit untuk memunculkan nuansa tenang di kamar tidur apartemen kita. Berikut ini beberapa kiat yang disarankan.

1. Cat Saja
Cara termurah dan termudah untuk memberikan nuansa yang tenang dan nyaman dalam sebuah hunian dapat diwujudkan hanya dengan pewarnaan dari cat. Beberapa warna yang disarankan adalah biru laut (navy), pink pudar (dusty pink), atau warna-warna industrial dengan sentuhan abu-abu.

Warna-warna ini dapat dikombinasikan dengan penggunaan lampu downlight atau LED light strips untuk nuansa yang lebih hangat. Sebaiknya lakukan pengecatan sesaat setelah memboyong unit jual apartemen agar dapat langsung menikmati ketenangan yang sederhana dalam kamar tidur. 

2. Minimalkan Penggunaan Cahaya
Sempat disinggung sebelumnya, warna cat yang sesuai jika dikombinasikan dengan pencahayaan dapat memunculkan kesan yang hangat dan menenangkan. Pencahayaan yang dimaksud dalam hal ini adalah pencahayaan yang tidak terlalu terang atau redup.

Rata-rata kamar tidur beragam unit jual apartemen terletak dengan jendela yang mengantarkan pencahayaan alami, baik tipe jual apartemen studio maupun tipe yang menawarkan kamar terpisah.

Hal ini yang membuat siang hari akan terasa terang dan tidak menenangkan. Untuk meredam pencahayaan natural di siang hari dapat dilakukan dengan menggunakan gorden dua susun seperti yang terdapat pada hotel berbintang.

3. Kerapihan Kamar Tidur
Tenang dan nyaman tentu dapat muncul ketika barang-barang di kamar tidur berada pada tempatnya. Untuk memunculkan kondisi tersebut ada baiknya untuk merapihkan barang-barang tersebut setiap hari atau setidaknya sebelum tidur.

Sekalipun perabotan tidur memiliki kualitas terbaik, situasi kamar tidur yang berantakan dikatakan cenderung memberikan energi negatif yang tidak baik untuk waktu istirahat.

4. Tempatkan Aroma Terapi
Menempatkan aroma terapi dapat menjadi opsi tambahan yang banyak digunakan untuk menenangkan suasana kamar. Tidak hanya sekedar mengharumkan ruangan, aroma terapi berfungsi juga untuk memberikan ketenangan di dalam pikiran tuan rumah. Terutama saat mereka beristirahat di malam hari.

Saat ini produk aroma terapi ditawarkan dengan beragam jenis. Dibanding tipe konvensional yang membutuhkan pembakaran yang berasap, ada baiknya memilih aroma terapi yang berbentuk lilin atau minyak.
~ ~
Pemandangan kota dari apartemen saat libur Imlek Februari 2019 di Beijing, kota sangat sepi karena momen imlek menjadi waktu istimewa untuk pulang kampung bagi warga Tiongkok (instagram @deravee)

Saya sendiri memang baru kali ini merasakan tinggal di apartemen. Alhamdulillahnya kombinasi warna dan interior ruangannya cocok dengan selera saya. Selain dari berbagai kebutuhan yang ingin dicapai dari menempati hunian berupa apartemen, ada juga keistimewaannya loh, seperti dapat melihat sunrise atau sunset lebih jelas.

Yap... karena pada umumnya mereka yang tinggal di apartemen akan menempati unit cukup tinggi dari bawah tanah. Juga dapat menikmati pemandangan kota yang indah di malam hari sebagai bonus lainnya. Keseruan lainnya tentu masih banyak. Nah kalau pengalaman teman-teman tinggal di apartemen bagaimana? Share yuk...! Semoga bermanfaat. Wassalam.

Love,
deravee

You Might Also Like

5 comments

  1. Wahhh kerennn, kalau saya aromatherapy nya diganti aja make bay fresh ��

    ReplyDelete
  2. penggunaan aromaterapi buatku yg paling ampuh sih. nyium wanginya, bisa lgs tenaaaang banget :).

    kalo disuruh pilih rumah ato aprtm, aku lbh seneng apartm soalnya. krn tinggi yaaa. dari dulu aku memang selalu seneng berada di ketinggian. tp suami ga suka apartm krn buat dia ga terlalu sosialisasi penghuninya :p. itu jg alasan yg bikin aku suka, krn privasi terjaga. aku memang lbh introvert drpd suamj sih soal begitu2. makanya apartmen keluarga lbh seneng disewain drpd kita tinggalin. bnr2 utk investasi aja

    ReplyDelete
  3. Setuju sama aromatherapy, bisa dalam bentuk lilin atau mungkin oil, hehehe itu sangat membantu untuk memberikan kenyamanan lebih especially sebelum tidur :D

    ReplyDelete
  4. Thanks for sharing, sukses terus..

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe