#FamilySeries: Kumpul Ibu Muda dan Para Mama

Thursday, August 10, 2017


Assalamu'alaikum,
Ceritanya jum'at minggu lalu tanggal 4 Agustus 2017 tante-tante dari Papa berkunjung ke rumah saya. Mereka adalah kakak-kakak dan adik Papa. Tante dan sepupu-sepupu memang belum pernah main ke rumah. Oleh karenanya saya mencari waktu untuk mengundang mereka kumpul-kumpul di tempat tinggal saya.

Sengaja memilih waktu di hari biasa, supaya janjiannya lebih mudah. Kalau weekend agak susah untuk mencocokkan waktu satu sama lain. Di hari-hari khusus kami juga sering berkumpul dengan formasi lengkap. Orang tua, cucu, dan anak.

Baca juga: Best Moment di rumah Nenek

Kebetulan tante dan sebagian sepupu saat ini punya waktu yang lebih fleksibel karena sudah tidak bekerja kantoran. Walaupun ada juga sepupu-sepupu yang lain yang tidak bisa ikut bergabung karena masuk kantor.

By the way, acaranya lebih ke kumpul ibu-ibu. Para suami nggak ikutan, ngantor seperti biasa termasuk Papi Gavin. Saya juga mengajak mama dan kakak-adik ke rumah. Sebagian ada yang sedang libur sehingga bisa hadir. Mereka tim sukses nih alias bagian bantu-bantu kakaknya hehe. Adik-adik membantu menjaga para keponakan. Gavin dan sepupunya pun happy dapat bertemu dan bermain bersama.


 belakang (ki-ka): Vadhia dan Freya, Kak Dini, saya dan Vanya, Annisa
depan (ki-ka): Tante Yanti dan Revan, mama, Tante Lisa, Tante Inka dan Gavin
 
cucu-cucu asyik bermain di taman

Jadi hari itu saya ngumpul-ngumpul sama sepupu dan sama mama-mamanya juga. Obrolan kita intim banget. Betul-betul seputar dunia wanita. Seru deh. Senangnya kami para ibu muda, sambil bercengkrama juga menimba ilmu dari mama-mama kami. Dan namanya ibu-ibu, nggak jauh-jauh dari makanan. Eh masakan =D

Kita ngobrolin seberapa sakralnya cabe jika sedang traveling, baik itu cabe rawit, sambal cabe, hingga cabe bubuk. Pengalaman lucu dari tante-tante tentang pentingnya cabe saat berwisata ke negara-negara Eropa bikin kita ketawa-ketawa. Maklumlah orang Indonesia kan nggak greget kalau makannya nggak pakai sambel.

Tentang budaya di negeri Perancis dan bagaimana idealisnya para chef di sana urusan menu makanan. Mendengar cerita keistimewaan dapur kece dari sebuah catering dan hotel. Dapur catering atau hotel tentunya berbeda dengan dapur rumahan. Buat kita para ibu rumah tangga biasa - bukan pelaku usaha di bidang makanan merupakan sebuah keistimewaan bila dapat melihatnya langsung. Kenang-kenangan tentang Oma, serba-serbi kue kastengels dan nastar, perihal anak dan masih banyak lagi.

Terus ada satu sesi lagi yang sangat istimewa untuk saya, sesi minta resep. Saya mau belajar cara membuat pudding dari sepupu saya Annisa. Annisa rajin sekali membuat pudding sebagai stok cemilan anak-anaknya di rumah dan kelihatannya enak banget loh.

Buku resep Dewi

Sambil Annisa menuliskan resepnya di buku catatan saya, sambil tante-tante yang lain mengintip buku resep saya yang lama. Kemudian Tante Inka jagonya membuat pudding menjelaskan bagaimana teknik yang benar dalam membuat pudding.

Malahan saya juga dituliskan resep versi Tante Inka di buku saya. Wah... seneng banget, dapat kenang-kenangan istimewa. Goresan tangan sepupu dan tante kini tersimpan di buku saya.

Tante Inka juga ahli membuat masuba. Kue khas Palembang yang tingkat kesulitannya cukup tinggi. Tapi kemarin kita belum sampai belajar masuba. Pokoknya jadi pe-er anak-anaknya mama untuk bisa membuat masuba. Guyon saya dan Annisa.

Semua tante jago masak dan punya resep andalan. Saya juga sering bertanya tips dan trik masak dari Tante Lisa. Kapan-kapan menimba ilmu lagi. Macam-macam yang kita rumpiin tak terasa tiba-tiba sudah menjelang Ashar. Saudara-saudara pun beranjak pamit pulang.

Acara kumpul ibu-ibu ini sepertinya perlu dilanjut canda para mama. Jadinya yang ketempatan anak-anaknya saja, mama-mama sebagai tamu. Waktunya istirahat gitu. Padahal saya sendiri banyak dibantu sama mama dalam menyiapkan jamuan makan siang. Terima kasih mama, maaf sudah merepotkan. I love you.

waktu di rumah Annisa (@annisaanggady) bersama Almh. Oma tercinta

Sebelum ini kami pernah ketemuan juga di hari biasa, saat itu masih ada alm Oma. Kita makan siang bersama di rumah Annisa di Cibubur. Semoga agenda silaturrahmi kami terus berlanjut. Senang sekali di acara santai seperti ini kami bisa lebih banyak berbagi cerita. Alhamdulillah.

Bahagianya dapat bertemu dan berkumpul bersama keluarga serta saling berbagi hal yang bermanfaat. Kalau kamu suka kumpul-kumpul sama sepupu dan mama-mama juga? Ngobrolin apa aja sih... share yuk disini :) Wassalam. Semoga bermanfaat.

The Love of a Family is Life's Greatest Blessing

Love,
@deravee

You Might Also Like

14 comments

  1. enaknya bisa kumpul-kumpul keluarga bisa sharing tentang parenting ya mba apalagi soal resep haha biasanya resep turun temurun keluarga itu enak banget rasanya. salam kenal ya mba, saya Enny yang komen di grup fb KEB minta link untuk saling BW 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Enny... Makasi kunjungannya yaa... Salam kenal juga...

      Iya betul mba, bareng sama mama2, jadi bisa belajar banyak:) betul2.. resepnya turun temurun.. Dulu dari Oma suka nurunin resep ke cucu2

      Delete
  2. Beruntung sekali... Aku kumpul keluarga besar bisa diitung paling kalau lebaran sama kalau ada yg nikah hikzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba.. Iya makasi yaa... Kebetulan smw kelg ada di Jkt, kita selalu ketemu klo ada acara2... Ikutan sini mba Icha :D

      Delete
  3. Aku kumpul ama keluarga biasanya 2 bulan sekali. Dan itu slalu seru, krn kita memang deket satu samalain dan punya hobi sama :) .. Kita suka traveling, jd pasti mbak, tiap kumpul bareng, yg dibicarain ya next destination mau kemana :). Kalo waktunya pas, ya kita pergi bareng.. Kalo waktunya ga samaan, ya udh saling sharing ttg kesananya :D. Makanya aku betah kalo kumpul ama keluarga dr pihak mama ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiikkk bangeet deh mba Faann... Seruu ya sampe traveling bareng..kebayang obrolannya pasti seputar berburu tiket murah sama tips2 travelingnya, kulinernya juga pastinya hehehe...

      Delete
  4. Seru sekali bisa kumpul bareng keluarga ya, Mbak. Kalau saya kumpul keluarga besar Bapak saya(asli Kediri) yang tinggal di jabodetabek, setahun 2 kali. Jadi ada jadwalnya gitu, dibikin arisan. Yang paling ditunggu selain kangen-kangenan, tentu makanan khas kampung halaman. Karena konsepnya potluck jadi nggak memberatkan tuan rumah...Jadilah hati senang perut pun kenyang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang Kediri ya mbaa.. Tp masih mudik kesana kalau lebaran? Alhamdulillah ya mba, barakallah. Walaupun di perantauan silaturrahmi tetap terjaga..klo potluck makin seruu ya mba :)

      Delete
  5. Keluarga besar ya mba.. Bisa ngumpul2, kompakan..pasti seru. Kluarga saya klo ngumpul yang bisa bnr formasi lengkap klo pas lebaran aja mba..

    Btw, blognya bagus. Salam kenal mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Sulis.. Salam kenal kembali..iya mba Alhamdulillah. Kebetulan kalau kelg dari Pp rata2 di Jabotabek, jd lebih mudah ketemunya. Wah makasih banyak ya mba.. senang sekali sdh dikunjungi :-*

      Delete
  6. mbak Dewi apa kabar? Lama gak ketemu ya *sok ikrib abis*
    Seru amat sih mbak bisa kumpul keluarga begini tanpa harus nunggu Lebaran. Kalo saya biasanya ya cuma lebaran bisa kayak gini, hiks...iri :(

    ReplyDelete
  7. Coba cobaaa nanti klo resep pudingnya udh dipraktekin lgsg tulis disini. Aku juga mau. Krn biasanya cuma bikin agar2 standard aja.

    Aku juga punya loh mak buku tulis yg isinya resep2 dari ibuku. Jd waktu mau pisah rumah, ak lgsg nyatetin resep masakan ibu. Sayangnya skrg bukunya hilang entah kemana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa nih maak...bahannya udah beli, tinggal bikinnya ni kapan heheheh...insya Allah nanti aq tulis d blog ya resepnyaa...

      Hihi sama ya mak, aku juga isi bukunya hasil catetan nanya resep k mama. Sayang yaa ilang, pengen liat resep2 andalan si mama :-* :-*

      Delete
  8. wahhh...sekeluarga pada jago masak nihh. pengen nyobain dong hasil pudingnya

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe