3 Pekerjaan Rumah Tangga yang Sering Ditunda

Wednesday, May 03, 2017


Assalamu'alaikum,
Setiap ibu pasti punya prioritas masing-masing dalam memulai rutinitasnya. Kalau saya bangun-bangun terbayang wajah kamu ember cucian dan segala tugas-tugas berikutnya seperti menyiapkan sarapan, seragam, beres-beres rumah dan lain-lain.

Nah ada aja pekerjaan rumah tangga yang sama pentingnya tapi suka malas dikerjakan, berhubung gemes duluan melihat yang ada di depan mata (kapal pecah) akhirnya menunda-nunda yang lain.

*Ujung-ujungnya,
~ah ntar malem aja

*Malam harinya,
~besok lagi lah udah cape

*Lalu besoknya lagi pasti dikerjain?    
Belom tentu.

Makanya, karena kita memiliki keterbatasan, baik tenaga maupun pikiran, saya pun menganalogikannya juga untuk pekerjaan saya sebagai ibu rumah tangga.

Jika kita diibaratkan sebagai sebuah gelas kosong. Gelas kita akan dimuat berbagai rutinitas harian. Macam-macam yang kita kerjakan sampai akhirnya gelas sudah penuh. Ketika gelas sudah penuh pasti tidak bisa menampung lagi. Ketika tenaga habis, otak lelah, mau ngerjain apa-apa jadi malas.

Sehingga saya coba membalik urutannya dengan mendahulukan pekerjaan yang berat dilakukan. Memang sih pas nunda-nunda suatu pekerjaan, tekadnya sebulat bumi mau dikerjakan nanti. Tapi apa daya, gelas tak muat lagi. Kalau toh ada sisa-sisa energi, mending dipakai balas komen instagram #selebgram.

Buat saya pekerjaan rumah yang suka ditunda-tunda adalah sebagai berikut:
1. Mengupas buah
Mengupas buah atau membuat jus. Sering banget >>>> tar sok, tar sok... (Entar aja, eh besok aja!). Saya suka menyimpan buah potong atau membuat jus di rumah. Buahnya sih diselang-seling. Kalau lagi ada apel, jeruk atau pisang memang tidak perlu menyediakan waktu khusus untuk ngupas-ngupas. Spontan aja pas mau makan.

Tapi kalau pas adanya nanas, pepaya, mangga, melon atau anggur #JualanYaMbak  lebih baik sudah dicuci dan dipotong-potong/dipetik untuk disimpan di kulkas. Mau makan tinggal comot, praktis! Sama halnya ketika ingin membuat jus. Buru-buru menyisipkan waktu pagi-pagi untuk nge-jus lalu simpan di kulkas. Kalau nggak dikerjain pagi-pagi? Sampe besok lagi buahnya masih awet sama kulit-kulitnya.


pekerjaan rumah yang suka ditunda

2. Menjahit kancing
Selanjutnya urusan jahit-menjahit. Bukannya jahit baju yaa... Saya nggak bisa, ini ladangnya si mama. Tapi kalau kancing-kancing kemeja yang copot, kantong celana bolong, masang tali sarung guling, masih bisa dikerjakan sendiri. Insya Allah nggak susah, yang susah itu niatnya.

Kalau di entar-entar lama-lama lupa. Begitu mau dipakai, baru deh inget kancingnya sudah raib. Pernah lagi mau nyiapin baju seragam Gavin, anaknya udah mau sekolah, eh kancingnya belum dipasang, terpaksa saya pakein peniti dulu. Jadi ini juga penting dimasukkin ke daftar tugas domestik wajib didahulukan.

Kancing baju-baju seragam Gavin sudah sering copot-pasang. Biasanya kalau ada satu yang copot, saya sekalian memeriksa kancing lainnya karena suka pada longgar. Saya tambahin deh jahitannya agar lebih kencang. Buat yang kecil-kecil gini insya Allah mak-emak pada bisa ya, setidaknya ada  jarum sama benang hitam di rumah untuk jahit-menjahit darurat.

Baca juga: DIY Kostum Batman

pekerjaan rumah yang suka ditunda

3. Mengucek
Yang ketiga adalah kucek-mengucek. Walaupun sama-sama baju, mereka ini sungguh spesiaall. Baju batik, baju kondangan, hijab, kemeja kerja dan seragam sekolah. Kalau baju rumah tinggal cemplung mesin, ditinggal aja dia beres sendiri.

Nah geng yang tadi pe-er banget, ga bisa main satuin bareng cucian lain supaya nggak rusak. Butuh waktu sendiri untuk menyiapkan sabun, air, ember dkk. Baru dikucek, bilas dan jemur. Lamaan ini dari kerjaannya mesin cuci, ya nggak sih? Alhamdulillah, ga usah jauh-jauh nge-gym #belajarNgirit.

pekerjaan rumah tangga

Menunda pekerjaan memang bukan kebiasaan baik. Tapi... tetep aja suka diulang lagi. Ngaku mak suka nunda-nunda ngerjain apa? Boleh coba loh mensiasatinya dengan cara ini. Sempetin dulu baru ngurusin yang lain. Karena di pagi hari saat kita terbangun, gelas kita sudah dikosongkan, badan segar, pikiran jernih. Siap diisi kembali. Bisa juga diterapkan untuk hal lain, misalkan untuk blogger, selagi pikiran masih fresh, cek lomba dulu atau ngedit draft dulu baru buka medsos.

Yang saya rasakan setelah menyelesaikan satu pekerjaan sepele tapi mulainya susah, biasanya malah jadi ringan mengerjakan tugas lainnya. Kaya saluran tersumbat, pas mampetnya udah bersih, ngalirnya langsung lancar. Semoga bermanfaat. Wassalam


`` cari aja instagram dan twitternya @deravee
jangan lupa follow ya :)

be happy,
@deravee

You Might Also Like

28 comments

  1. kalau mengupas buah saya nomor satu mbak hehehe,
    paling malas itu menjahit kancing, karena rasanya sepele dan gak dibutuhkan segera. Eh tahu-tahu mau pakai bajunya, kancing yang lepas tadi entah dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jempolan mba, klo buah cepet2 ya;) hihih iya kancing yg copot pun udah ilang biasanya ya, terpaksa nyari yang sama di tukang jahit

      Delete
  2. kalau saya yang paling sering ditunda itu ngelipat baju. ujung-ujungnya bajunya jadi segunung dan mabok sendiri ngelipatnya. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk iya ya, pas masih dikit di hati bilang oke mau dikerjain nanti, eh tau2 numpuk ya mba :D

      Delete
  3. Sama nih saya juga paling sering menunda ngelipat baju. Tapi saya maksain banget ngerjain itu, kalo gak bisa ditegur suami hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus buru2 dilipet ya mba, kalo ngga bikin sakit mata hehehe

      Delete
  4. Ya ampun maaakkk aku jadi inget punya semangka di kulkas yang blm di potong. Padahal hr minggu kmrn anaknya minta. Cuma karena ak lg ngerjain yg lain, lupa deh.

    Setuju banget klo hal yg sebenernya gampil sering diabaikan karena mikirnya "bsk juga bisa". Klo aku yg sering kejadian kaya gini nih, ngelap kaca dan perabotan lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, udah dipotong kan maak sekarang? Xixi..semangat belinya sih iya ya, sampe rumah nanti2 baru yak dikupas :') hahah yang itu aq malah jarang, dirimu rajin mak, makasi jd diingetin

      Delete
  5. Bener banget, aku kebiasaan buka medsos dulu baru 'pegang' blog. Jadinya nggak kelar-kelar ya yang mau ditulis.. Hihihihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abisan kalo medsos itu yang paling gampang dibuka yaa mak, bikin teralihkan

      Delete
  6. iya jahit kancing lupa mulu karena ketunda2 akhirnya dasternya dipenitiin ajah deh he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener mba Nita, klo daster udah langganan sobek ya :p aq jadi hunting daster anti sobek kekekekk :Dv

      Delete
  7. mengupas buah adalah hal yg paling malas dilakukan hehehe... pengennya tinggal hap :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe tos mba santi..coba tinggal merem tau2 udah beres ya hahaha

      Delete
  8. Jait kancing, jait pakaian yang robek ini tuh yaaaa sering ditunda sampe itu bajunya kekecilan ahahaha. Astaga.. Abis itu pekerjaan yang kurang saya suka, jadi ogah ogahan banget rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ipeh , ane sering baca email di goodread apa gitu ia perihal membaca buku..notifnya susah di ilangi ia member disitu

      Delete
    2. ciuuss peh sampe udah kekecilan bajunya??wkwkk...klo aq suka juga sih jait-jait,tapi malesnya sama aja x)

      Delete
  9. Kalo waktu masih bujang dan ngekost mengucek adalah hal yang paling di tunda tunda tunda, tapi disini ane laki kenapa koment :D Pekerjaan rumah tangga identik dengan Perempuan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo laki ngekos kan harus bisa nyuci juga om Bon, hehehe...aq juga tuh dulu jaman ngekos hehehe,,ngerendemnya semangat,tau2 lupa ada cucian di ember udah nginep x.x

      Delete
  10. Kalo dirikyu paling suka nunda masak yg udah diplanning. Today belanja-belanji "aahh pingin bikin skutel deh", beli deh tuh perlengkapan segala mcm...rencana buat dimasak besok. Eehhh besoknya ternyata malah bikin tahu isi...seminggu kemudian bahan2 skutel msh ada aja wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk... dari skutel nyasar jadi tahu isi Ka..Qiqiqq...Kayanya jago masak niy, berguru dong gw :D

      Delete
  11. Saya juga nyetrika dan lipat baju. Pengin sekalian ngumpul sama cucian berikutnya. Eh kalau dah numpuk malas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sedikit nanggung, pas udah numpuk males ya mba :D

      Delete
  12. Sayaaa jugaa paling males kucek mengkucek mbaak. Beraat gtu memulainyaa padahal kalau udah mulai jd keterusan mau kucek semuanyaa. .hehehe salaam kenaal mbaak 😁

    ReplyDelete
  13. HAhahahah no 2 & 3 aku banget! Tapi kalau ngupas buah mah rajin.. kl males ngucek2 palingan rendem semua cucian beberapa jam trus baru plung masukin mesih cuci :D #payah

    ReplyDelete
  14. waaahh ini kayaknya kalau masalah kucek mengucek jadi problem smwa ia, wkwkwk

    ReplyDelete
  15. kaloo aku yang paling sering nunda2 itu ngeberesin lemari bajuu..sm ngelipatin baju2 yang udah bersih..

    tp bener juga kalo jahit2 kancing lepas dll juga sering lupa ga dikerjain

    ReplyDelete
  16. Yang no.2 sama mbak :)) Ntar deh, sekalian jahit yang lain, eh ujung2nya lupa, sampe pas bajunya mau dipakai baru inget “oiya, belum dijahit” xD Sama nunda ngelipet baju setelah angkat jemuran, sampe akhirnya numpuk x))

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe