Cara Membuka Tabungan BTN Junior

Tuesday, April 18, 2017

bank BTN

Assalamu'alaikum,
Eh Gavin udah punya tabungan. Alhamdulillah. Tadinya sih baru rencana maju-mundur cantik mau buka tabungan di bank untuk Gavin. Belum greget banget mau kesana. Saya juga belum banyak tahu apa saja jenis tabungan anak yang ada.

Awalnya Gavin dapet uang-uang baru dari kakek Purwokerto, om-nya papi. Uang-uang barunya ini disimpan di celengan Spiderman yang bisa dibuka kuncinya suka-suka. Celengan yang modelnya pakai gembok kecil itu. Memang sengaja nggak digembok permanen karena celengan Gavin yang khusus tabungan permanen lainnya ada sendiri.

Bermula dari uang baru, setiap ketemu kakek atau nenek, Gavin rajin minta uang tabungan. Minta apa nodong bro? Ke mami sama papi juga semangat minta uang nabung. Diniatin untuk nabung setiap hari. Lumayan, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Nah seiring dengan itu, Gavin punya keinginan minta diajak ke Legoland. Akhirnya Gavin disuruh papi ngumpulin uang sendiri kalau mau kesana. Ditarget nabung 1 juta di celengan Spiderman.

Setiap hari uangnya dicek, diitungin. Maunya tabungannya cepet banyak, lama-lama nagihnya per seratus ribu. Wkwk, itu mah bukan nabung tapi minta. Kalau ke rumah nenek, rajin mijitin kakek atau neneknya, abis itu minta persekot #modus.

Gak terasa, jumlah tabungannya udah di angka ratusan. Naa... mami jadi khawatir kurang aman kalau disimpan di celengan terbuka gitu. Langsung deh mami bilang Gavin uangnya disimpan di bank aja. Kita buka tabungan.

BTN Junior
Koin-koin hasil bongkar celengan, mari disortir

Alhamdulillah Gavin mau. Pokoknya dari sekarang nabung terus, nanti habis lebaran, kalau memang ada rezeki dan Allah mengizinkan, kita pergi ke theme park yang Gavin cita-citakan. Uang tabungannnya ditarik ya.

Karena semangatnya nabung, Gavin jadi teringat sama celengannya yang lain. Dari umur 1 tahunan Gavin sudah mulai nyeleng (nabung). Celengannya juga sudah beranak. Uang angpau lebaran Gavin biasanya juga mami masukin ke celengan. Dia pun kepo. Mau tahu celengannya di mana. Satunya celengan ayam dari tanah liat, satu lagi celengan kaleng.

Tiba-tiba di siang bolong mami lagi asik nonton tv, braak... celengan ayamnya  dibanting. OMG... untung mami nggak pingsan. Yak, uangnya langsung minta dihitungin dan digabung. Dan jumlah tabungan pun langsung melejit naik. Masih ada 1 celengan lagi dan sekalian dibuka juga.

Wah kalau begini, uangnya mesti cepet-cepet diamanin. Uangnya kan campur-campur, gampang berceceran. Belum lagi yang logam.

Mau nabung di mana ya? Kayanya yang ada tabungan anak itu Bank BRI. Nanya sama temen mama Agustus, dapet cerita kalau anaknya Mama Marlin nabung di CIMB Niaga. Terus mamanya Berlian, temen Gavin bilang kalau anaknya nabung di Bank BTN. Mikir mikir mikir.... yang paling dekat sama rumah adalah Bank BTN. Letaknya di perumahan sebelah.

Bank BTN
Formulir data nasabah, diisi dengan data Gavin

BTN Junior
Hai ini tabunganku, mana tabunganmu? :)

Akhirnya saya mutusin untuk nabung di bank terdekat. Pertimbangannya jarak. Nggak usah jauh-jauh supaya rajin nabung. Saya sendiri bisa nganterin kesana. Dateng deh kita ke Bank BTN di komplek tetangga. Setelah tahu persyaratannya, beberapa hari kemudian saya dan Gavin balik lagi.

Oh iya, sebelum menyetorkan uang hasil bongkar celengan, sebaiknya mama sudah menghitungnya di rumah ya dan pastikan sudah menghitung dengan benar.

Tips Menyetorkan Uang Tabungan dari Celengan ke Bank:
  1. Kelompokkan uang sesuai dengan pecahannya masing-masing. Misal, seribuan sama seribuan, 2 ribu, 5 ribu dan seterusnya. Simpan dalam amplop.
  2. Kelompokkan juga uang pecahan logam, sortir dan pisahkan ke dalam plastik kiloan.
  3. Jumlahkan uang logam per kelompoknya dan tulis dengan spidol pada bagian luar plastik.
  4. Jumlahkan keduanya: uang kertas dan logam.
  5. Catat jumlah uang tabungan pada amplop uang kertas.
  6. Setorkan ke bank
Jangan lupa membawa buku tabungannya waktu mau menabung.

Nah, setelah uang yang akan disetorkan saya kelompokkan dengan rapi dan memastikan hitungannya sudah benar, saya dan Gavin berangkat menuju Bank BTN. Tabungan yang tersedia untuk anak-anak seusia Gavin adalah tabungan BTN Junior. 

Bagaimana prosedur membuka tabungan tersebut? 
Pertama kita harus membawa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Untuk persyaratan membuka tabungan BTN Junior adalah:
1. Penabung adalah perorangan dan WNI usia di bawah 12 tahun
2. Menunjukkan kelengkapan dokumen asli sebagai berikut:
  • KTP dan NPWP Orang tua
  • Kartu Keluarga
  • Akte Kelahiran Anak
3. Membawa uang setoran awal minimum Rp 20.000,-
4. Mengisi formulir

BTN Junior

Sesampainya di Bank BTN, saya mengambil nomor antrian. Berhubung sepi, saya hanya menunggu sebentar sampai tiba giliran nomor saya dipanggil. Sebelumnya sambil menunggu saya sudah mengisi formulir pembukaan tabungan. Mbak CS meminta persyaratan yang sudah saya bawa lalu mengecek isian formulir.

Kemudian si mbak menjelaskan ketentuan tabungan BTN Junior. Tujuan dari produk tabungan BTN Junior adalah untuk mengedukasi anak usia balita dan sekolah dasar untuk belajar menabung. Untuk itu pada tabungan ini tidak dilengkapi dengan kartu ATM.

Setoran awal paling sedikit adalah 20 ribu rupiah dan untuk tabungan selanjutnya paling sedikit adalah 10 ribu rupiah. Bebas administrasi bulanan. Sehingga tidak ada potongan apa-apa setiap bulannya ((ini yang dicari :D)). Saldo minimum mengendap adalah 20 ribu rupiah. Sangat membantu untuk anak-anak yang ingin berlatih menabung di bank. Tidak dituntut menyediakan sejumlah uang yang begitu besar.  

Bank BTN
di Customer Service BTN

BTN Junior
Ketentuan produk tabungan BTN Junior

BTN Junior
Uang tabungan Gavin yang mau disetor
Setelah persyaratan lengkap, mbak CS menyiapkan sebuah buku tabungan nasabah. Kemudian saya diminta untuk ke teller dan menyerahkan setoran perdana tabungan Gavin. Syukur Alhamdulillah hitungan saya klop sama hitungan teller #lega =). Selesai. Prosesnya cepat sekali. Dari kedatangan hingga selesai menabung kira-kira hanya memakan waktu 30 menit. Alhamdulillah :)

Nah rencana selanjutnya, Gavin tetap menabung setiap hari di celengan Spidy, nanti setiap hari Jum'at sepulang sekolah kita setorkan ke Bank ya Gav. Sik asik asik nabung, bung nabung nabung asik~  

Semoga bermanfaat. Wassalam. 
be happy,
@deravee

You Might Also Like

5 comments

  1. Wah, nice info mbak. Kebetulan aku lagi cari - cari tabungan buat Hana. Ini BTN yang di perumnas 3 bisa gak ya? :D Syaratnya gampang banget ya, biasanya kalo buka tabungan anak, orangtuanya harus punya rekening di Bank tersebut. Tapi ini enggak ya. :D

    ReplyDelete
  2. Mba Ratih, kalo buka di wilayah yg alamat di ktpnya beda bisa ga ya? Misalnya ktpku alamatnya di A, sementara kantor btn buat bukanya di daerah F. Bisa ga ya?

    Jawabnya di message fb aja kali ya hehe...soalnya alamat rumah sama ktpku beda. Gitu..

    ReplyDelete
  3. Wuaaaah, gavin nabungin uang celengan yaaaa. Keren nih Gavin tabungannya banyaaaak.. hihihiii. Semangat nabungnya ya Gaviiinnn <3

    ReplyDelete
  4. adek gavin udah rajin menanbung sejak kecil ya mbk, aku dulu waktu SD juga sudah belajar nabung, tapi makin dewasa makin ilang rasa menabungku mbk.

    MAsak iya aku kalah sama adek Gavin hehe.

    ReplyDelete
  5. Di bank tempat aku kerja, HSBC, sebenernya ada jg tabungan utk anak.. Tp aku malah nyuruh anakku nabung di celengan juga :p. Apa gunanya ortunya kerja di bank kalo gt hihihi... Tp aku jg biasain anakku punya tabungan dr sjk lahir mba. Awal2 emg aku yg masukin duitnya.. Tp pas umur setahun aku ajarin tuh masukin duit k celengan, sampe akhirnya kalo si kaka udh ngerti nilai uang.. Kalo adeknya br tahap ngerti yg mana uang asli dan uang mainan :p maksdku sih supaya mereka tau dan lbh menghargai uang nantinya :D. Dan aku sama kyk kamu, ngajak ank nabung dgn iming2 mereka bakal bisa beli sesuatu yg mereka mau nantinya.. Si kaka udh sekali mecahin celengan utk beli tab buat dia sendiri, drpd minjem punyaku ato papinya trs :p

    ReplyDelete

Komen aja nggak papa kok jangan malu-malu. Pilih NAME/URL dan isi dengan URL blog ya, jangan url postingan. Terima kasih temaan....

@deravee

Subscribe