Rasakan 13 Hal Istimewa Ini Ketika Menaiki Business Class Garuda Indonesia

Tuesday, July 12, 2016

Business Class Garuda indonesia

Assalamu'alaikum wr.wb,

Hai, selamat lebaran semuanya, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Selamat hari raya Idul Fitri 1437 H. Selamat merayakan kemenangan dan berkumpul bersama keluarga setelah sebulan penuh menjalankan ibadah bulan Ramadhan.

Adakah yang memanfaatkan libur lebarannya untuk pelesiran bersama keluarga? kemana? Kalau saya baru kali ini menyempatkan ngebolang disela-sela kepadatan makan ketupat di berbagai rumah kerabat. Lebih tepatnya nyuri-nyuri waktu karena acara silaturrahmi keluarga yang beruntun.

Kebetulan suami lagi penasaran banget sama kuliner satu ini. Makanan khas daerah dengan bahan dasar ikan yang penyajiannya disiram dengan saus dari gula merah. Tebak-tebak buah manggis dialah pem-pek. Jadi deh kami ngabur sekejap ke kota Palembang, Sumatera Selatan.

Kami berangkat pada hari Jum'at 8 Juli 2016. Besoknya, Sabtu 9 Juli 2016 kami sudah pulang ke Jakarta. Singkat cerita ketika penerbangan pulang kami berkesempatan menaiki Business Class maskapai Garuda Indonesia.

Terdapat berbagai layanan istimewa bagi pemegang tiket Business Class, mulai dari proses check-in, saat berada di pesawat maupun setelah mendarat di bandara kota tujuan. Perjalanan kami, Palembang-Jakarta termasuk dalam kategori penerbangan jarak pendek karena waktu tempuhnya kurang dari 3 jam.

Fitur kabin serta pilihan makanan dan minuman pada setiap penerbangan Business Class mungkin berbeda untuk setiap jenis pesawat (www.garuda-indonesia.com). Selain itu ragam fasilitas yang diberikan kepada penumpang juga dipengaruhi oleh jarak tempuh perjalanan.

Secara umum penumpang Business Class akan mendapatkan pelayanan prima seperti di bawah ini.  

Garuda Indonesia Flight GA103
Business Class
Boeing 737-800
Palembang (PLM)  - Jakarta (CGK)
9 Juli 2016
Lama perjalanan: 1 Jam 10 Menit.

13 HAL ISTIMEWA BUSINESS CLASS GARUDA INDONESIA
1. BUSINESS LOUNGE
Business lounge adalah lounge khusus bagi penumpang Business Class selama menunggu untuk dipanggil masuk ke dalam pesawat. Di bandara Soekarno-Hatta terdapat Business Lounge. Tetapi di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang sepertinya belum tersedia lounge eksklusif ini.

Waktu itu kami menunggu panggilan masuk pesawat di departure gate seperti para penumpang lainnya. Bila sempat memasuki lounge khusus ini, penumpang Business Class dapat bersantai di sofa untuk menunggu waktu penerbangan, menikmati menu buffet, serta menggunakan toilet tersendiri lengkap dengan kamar mandi dengan shower.

2. ANTRIAN KHUSUS MASUK PESAWAT
Diberikan jalur khusus bagi penumpang Business Class ketika akan masuk ke dalam pesawat. Berhubung penumpang di kelas bisnis lebih sedikit apalagi hanya beberapa seat yang terisi, maka tanpa berbaris panjang kami cepat lolos pengecekan boarding-pass dan langsung bergegas menuju pesawat.

3. WELCOME DRINK DAN HANDUK HANGAT
Setelah menempati bangkunya, penumpang Business Class akan ditawari minuman selamat datang, pilihannya jus apel, jus orange, teh, susu ataupun air mineral. Kemudian pramugari akan datang lagi memberikan handuk hangat dan wangi. Bisa dipakai untuk lap muka atau lap tangan.

Garuda Indonesia
Minum jus apel sebelum pesawat take-off

4. DIBAWAKAN SURAT KABAR
Selesai menawarkan minum dan memberikan handuk hangat, kakak pramugari kembali lagi menawarkan berbagai surat kabar untuk penumpang yang ingin membacanya.

5. KURSI YANG LUAS DAN JUMLAHNYA TERBATAS
Bangku Business Class pada Boeing 737-800 hanya berjumlah 12 sehingga memberikan suasana yang lebih privasi. Terbagi dalam 3 baris, dengan jumlah bangku masing-masing baris adalah 4: 2 bangku di sisi kiri dan 2 bangku di sisi kanan. Jarak antar bangku penumpangnya sangat lega, dengan bangku yang memiliki banyak pengaturan, dari pengaturan senderan kepala hingga pengaturan kaki. Kursinya tebal dan empuk serta dilengkapi bantal.

Business Class Garuda indonesia
Foto dari baris paling belakang Business Class Boeing 737-800
Garuda Indonesia
Tempat duduk yang nyaman dan ruang kaki yang luas
Business Class Garuda Indonesia
Ragam pengaturan kursi terdiri dari pengaturan sandaran kaki, sandaran punggung dan sandaran badan

6. LEBIH BANYAK JENDELA
Dari setiap tempat duduknya, penumpang Business Class akan mendapatkan 3 jendela untuk melihat pemandangan di udara.

Garuda Indonesia
Melihat keluar lebih leluasa

7. BAGASI KABIN LEBIH BESAR
Komparten di kabin Business Class dapat memuat lebih banyak bawaan masing-masing penumpangnya.

Business Class Garuda Indonesia
Bagasi kabinnya besar

8. IN-FLIGHT ENTERTAINMENT
Berbagai hiburan dapat dinikmati melalui LCD-touchscreen dengan menggunakan headphone. Penumpang dapat menonton film, video clip atau bermain games, juga terdapat hiburan untuk anak. Umumnya LCD touchscreen di Economy Class berada di senderan belakang dari bangku penumpang yang ada didepannya, untuk Business Class layar hiburan ini dikeluarkan melalui kursi penumpang.

 
Garuda Indonesia
LCD touchscreen untuk menonton hiburan saat di udara


Business Class Garuda Indonesia
Posisi LCD ketika dilipat disisi bangku

Garuda Indonesia
Headphone yang digunakan untuk mendengar suara LCD

9. MENU ISTIMEWA
Menu spesial yang dinanti-nanti, kebetulan laper banget karena nggak sempat sarapan. Pagi itu di flight GA 103 pramugari membawakan hidangan lontong opor ayam, lalu ada buah dan air mineral serta minuman lainnya. Pramugari mempersilahkan penumpang untuk memilih minuman tambahan antara teh manis, kopi maupun susu.

Makanan disajikan dengan peralatan makan piring dan gelas kaca eksklusif serta sendok-garpu stainless steel dan serbet putih tebal pada nampan tersendiri. Berbeda dengan penyajian di Economy Class yang menggunakan dus sekali pakai. Meja lipat untuk makan berada di bagian senderan tangan penumpang. Dikeluarkan dengan cara menarik dan mengangkatnya dari dalam kompartemen kecil di bangku penumpang seperti mengambil LCD-touchscreen.

Garuda Indonesia
Menu istimewa olahan chef andalan

Garuda Indonesia
Pilihan gula rendah kalori

10. IN-FLIGHT MAGAZINE: Colours + Arcade
Majalah yang disediakan ada 2, Colours dan Arcade. Colours berisi informasi seputar wisata dalam dan luar negeri serta berbagai layanan yang dimiliki maskapai Garuda Indonesia sedangkan Arcade merupakan katalog belanja dari produk-produk kenamaan yang dapat dibeli penumpang selama berada di atas pesawat (shopping on board). Majalah Colours juga terdapat di semua kursi penumpang Garuda Indonesia di kelas manapun.

Majalah Colours dan Arcade. Majalah Colours boleh dibawa pulang
11. KELUAR LEBIH DULU
Penumpang Business Class dipersilahkan untuk keluar pesawat terlebih dahulu apabila pesawat telah tiba di tujuan.

12. JEMPUTAN TERSENDIRI
Setelah mendarat di bandara Soekarno-Hatta, para penumpang GA103 harus turun melalui tangga pesawat karena pihak pengelola bandara tidak menyediakan garbarata untuk armada yang kami tumpangi. Kemudian penumpang diarahkan untuk naik jemputan bandara yang disediakan untuk masuk ke terminal. Bagi penumpang Economy Class disediakan shuttle bus dan penumpang Business Class dijemput dengan mini van.   

Jemputan bandara Business Class GA103

13. PENGAMBILAN BAGASI TERPISAH
Petugas khusus akan memisahkan bagasi para penumpang Business Class dan menunggu sampai pemiliknya datang untuk mengambil di tempat yang terpisah dari pengambilan bagasi umum. Sehingga penumpang kelas bisnis tidak perlu menunggu bagasinya keluar dari conveyor belt.

*  *  *

Akhirnya tibalah kami di bandar udara Soekarno-Hatta Cengkareng. Alhamdulillah. Pelayanan istimewa serta awak kabin yang ramah akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi kami. Tulisan di atas merupakan catatan pribadi.

Untuk mengetahui berbagai syarat dan ketentuan mengenai penerbangan Business Class serta keistimewaan layanannya secara lebih lengkap dan lebih jelas dapat menghubungi call center Garuda Indonesia di nomor 0 804 1 807 807 atau (021) 2351-9999. Informasi harga tiket dapat dilihat di www.garuda-indonesia.com. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Be happy,
@deravee

Referensi:
www.garuda-indonesia.com

*Semua foto adalah dokumentasi pribadi.

You Might Also Like

18 comments

  1. Mba Dewi, mohon maaf lahir dan batin :)

    Wah pas banget Mba, kemarin suamiku juga baru berkesempatan naik GI Business Class waktu tugas ke Sing beberapa hari sebelum lebaran. Berasa banget waktu di imigrasi gak pake rempong karena passenger Business Class.

    ah aku jadi mupeng.... >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Wurii...mohon maaf lahir batin juga yaa...kapan kopdaran di bekasi, hehehe... wah iyaya, smua serba diduluin ya mba :") BC yang ke LN aku belum pernah nih hihi,semoga kecipratan nyicipin next time ya mba :D

      Delete
  2. Mak dew kepalembang cuma garagara mau makan pempek aja? Ya ampuuuunnnnnnnnnn enak bener sih jadi mak dewiii. Dirimu luar biasaaaak. x) mohon maaf lahir batin juga ya mak dewi dan gavin :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahaha miss lebay coming :p luar biasa macam mana maak?luar biasa lebaynya ya? #kan ga mau kalah wkwk... sama-sama mak Dian, maapin akuuhh yang lebay ini yaa the awesome mahmud :-*

      Delete
  3. Garuda memang makin keren. Crewnya juga terpilih lagi sebagai the best crew attendant.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mak Ratna, semoga selalu jadi maskapai kebanggaan bangsa yang berprestasi ya, iya crewnya pun dapet penghargaan terus. makasi udah mampir mak

      Delete
  4. Aaaaaaaaa' ngileeeerrrr, nanti ah kalau dinas dari kantor mau coba GA Businessnya, keren banget lhooo.... Makasih Mak Dewi sudah berbagi pengalaman ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya dinees kemanaa mak Ayuu? hihi...Amin, siapa tau yaa nanti :) sama-samaa bumil, maaci udah mampir :-*

      Delete
  5. Hmmmm... berapa harga tiketnya? (Dan kemudian baper di pojokan) 😂

    ReplyDelete
  6. Keren mak, dulu waktu jaman masih ada pesawat Merpati saya pernah sekali-kali nya naik kelas bisnis. Mupeng euy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, mari dukung maskapai milik bangsa :) wah mak, aku ngga pernah naik merpati dulu, ceritain dong :D

      Delete
  7. Wihhh, berasa asyik baca pengalaman nya, kek tuan ratu :>

    Buleipotan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga bermanfaaat maak...ahahaha tapi tuan ratu yang beneran naik pesawatnya ga rame2

      Delete
  8. Garuda memang terkenal dengan fasilitas dan pelayanannya yang bagus banget, ya. Baca ini jadi pengin ngintip website pembelian tiket. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sesuai harapan para penumpang selalu ya Fah...ihihi, iya tolong dianalisa ya Fah, sebanding ngga harga sama servisnya :D

      Delete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe