Sehat dan Cerdas Bersama Papan Permainan "Indomilk Jagoan BoBoiBoy"

Friday, April 01, 2016


indomilk jagoan boboiboy
Gambar: indomilk.com


Kartu “Indomilk Jagoan BoBoiBoy”
Pada hari Rabu, tanggal 16 Maret 2016 PT Indolakto berkerjasama dengan Animonsta, meluncurkan Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy” di Jakarta.

Sebelum menghadiri launching papan permainan tersebut, putra Saya, Gavin sudah mengetahui permainan ini. Ia melihatnya saat iklan Indomilk tayang disela film favoritnya BoBoiBoy. Saya sendiri baru mendengarnya dari Gavin, anak balita begitu peka terhadap informasi baru disekitarnya.

Beberapa waktu setelahnya, saat Saya ada keperluan ke mini market, Gavin minta dibelikan Indomilk Kids UHT susu cair kepada Saya. Tentu Saya menyetujuinya dengan senang hati. Alangkah baik sekali, permintaannya adalah minuman yang menyehatkan. Sesampainya di rumah langsung disruput habis.

Indomilk Jagoan BoBoiBoy

Susu Indomilk UHT sangat lezat dan sehat, mengandung vitamin D,
sumber Kalsium, Fosfor, Vitamin A, B1, B2, B6, dan  E
*  *  *

Habis Mi, ayo digunting”, ujarnya. Ha? Saya bingung, kok digunting?

Itu kan ada kartunya Mi”, jelas Gavin.

Oohh...”, maka Saya pun memutar bola mata pada bagian yang ditunjuknya dan memperhatikan dengan seksama bagian dari Indomilk Kids tersebut.


Akhirnya Saya mengerti *Alhamdulillah*, bahwa pada bagian belakang kemasan tercetak sebuah kartu jagoan lengkap dengan gambar gunting sebagai tanda batas kartu dan garis putus-putus tanda bagian yang dilipat. Kesempatan berikutnya cuci mata di mini market, Gavin tidak lupa minta dibelikan Indomilk Kids UHT seri jagoan BoBoiBoy lagi.

Kartu jagoan Gavin sudah ada 2, tetapi belum ada papannya.

Ayo Mi kita main”, tiba-tiba Ia meminta Saya menemani bermain waktu di rumah.

Saya manut-manut, siap! Silahkan Bos kecil yang memberi instruksi. Seperti biasa, kalau ditemani bermain, pasti aturannya ditentukan oleh Gavin. Mainnya masih suka-suka. Saya pun anteng mendengarkan Gavin cuap-cuap, di momen sederhana ini Saya dapat melihat semangatnya, perbendaharaan kosa katanya, serta keinginan berbaginya agar aturan main yang dimaksud dapat dimengerti oleh Mami sebagai teman mainnya.


Sederhana tetapi penuh makna, dapat mengamati tumbuh kembang buah hati dari waktu ke waktu.

Lihat dulu yuk cara mengambil potongan kartu BoBoiBoy dari kemasannya oleh Mami dan Gavin.




Peluncuran Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy”
Peluncuran Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy” diadakan di sebuah restoran bernama Bunga Rampai beralamat di Jalan Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat pada hari Rabu, 16 Maret 2016.

Saya pun baru tahu, bahwa kartu jagoan BoBoiBoy ternyata dimainkan pada sebuah papan permainan sebagai arenanya. Saya segera bertanya pada Gavin, mau tidak menghadiri acara tersebut. Tak perlu ragu, Gavin langsung meng-iyakan dengan bersorak sorai. Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy” ini seperti menjawab kehausan Gavin akan keingintahuannya memainkan kartu jagoan BoBoiBoy.


Saya dan Gavin berangkat menuju lokasi menggunakan moda transportasi Commuter Line dari arah Bekasi dan berhenti di Stasiun Cikini. Sepanjang perjalanan Gavin sudah tidak sabar ingin cepat-cepat sampai. Untungnya restoran Bunga Rampai sangat mudah dijangkau karena letaknya tidak jauh dari Stasiun Cikini. Kami tiba tepat pukul 09.00 WIB dan langsung mengisi daftar hadir di pintu masuk.


Bunga Rampai
Restoran Bunga Rampai


Menginjak ke dalam ruangan kami disambut papparazi yang mendadak jeprat-jepret Saya dan Gavin *ahay*. Maksudnya pas masuk kita langsung bertemu photobooth “Indomilk Jagoan BoBoiBoy” lengkap dengan fotografer yang siap mengabadikan momen spesial hari itu, hehehe! Saya dan Gavin langsung berpose bersama karakter-karakter BoBoiBoy yang mejeng di sana. Fotonya dapat diambil nanti setelah selesai acara, wow! Melihat para jagoan di pintu masuk ini saja Gavin dan Mami sudah hepi berat, eh bisa foto bareng juga *makin hepi*.


Indomilk Jagoan BoBoiBoy
Photobooth "Indomilk Jagoan BoBoiBoy" keren banget


Sebelum memasuki ruang duduk Press Conference, kami diajak melewati area display Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy”. Disinilah pertama kali Saya dan Gavin melihat bentuk dari papan tersebut. Kami mendapat penjelasan cara bermain Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy” oleh kru Indomilk. Gavin langsung menggebu-gebu ingin mencoba memainkan kartu jagoan yang sudah berbaris rapi. Bersama Rizqi anak dari Mama Dian, kedua balita ini langsung sibuk menjalankan para superhero. Rasanya seperti memasuki dunia BoBoiBoy sungguhan, karena dari awal kami sudah disambut oleh BoBoiBoy dan kawan-kawan serta melihat gambar jagoan BoBoiBoy terpampang dimana-mana.


Indomilk Jagoan BoBoiBoy
Gavin dan Rizqi pertama kali mencoba Papan Permainan "Indomilk Jagoan BoBoiBoy"


Tak ketinggalan kakak-kakak dari Indomilk juga menawarkan setiap tamu yang datang untuk menikmati susu UHT Indomilk Full Cream, segar dan lezat.


Indomilk Jagoan BoBoiBoy
Dokumentasi: Indomilk
Setelah Gavin bermain, kami memasuki ruangan tempat konferensi pers akan berlangsung. Acara dibuka oleh Mbak Nova Rini sebagai MC. Mbak Nova Rini pun mempersilahkan para pengisi acara satu persatu naik ke panggung.




Indomilk Ajak Anak Indonesia Main Bareng Dengan 
Papan Permainan 
“Indomilk Jagoan BoBoiBoy”


Ibu Vanda Ratana, Marketing Manager Indomilk Liquid PT Indolakto, memberikan pemaparan tentang kampanye terbaru dari Indomilk.

“Indomilk selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada keluarga Indonesia melalui rangkaian produk yang berkualitas. Sehingga selain mendukung kelengkapan gizi anak bangsa, Indomilk juga peduli terhadap tumbuh kembang anak Indonesia.

Maka pada kesempatan ini, melalui Indomilk Kids UHT susu cair, PT Indolakto meluncurkan sebuah permainan edukatif yaitu Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy” untuk mendukung kemampuan kognitif dan kemampuan berinteraksi anak.”-- Vanda Ratana.


Melalui papan permainan ini Indomilk ingin mengajak orang tua untuk aktif mendorong anak-anak agar menerapkan prinsip bermain yang seimbang sehingga anak-anak dapat mengasah kemampuannya dalam real-life game maupun digital game.


Indomilk Jagoan BoBoiBoy
MC Mbak Nova Rini dan Ibu Vanda Ratana


Turut hadir juga perwakilan dari Animonsta, Ibu Rina Novita selaku CEO DNA Production, pemilik karakter BoBoiBoy yang menerangkan bagaimana BoBoiBoy dapat menjadi teman bermain anak Indonesia melalui Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy”. Ibu Rina mengatakan bahwa Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy” adalah sebuah alternatif permainan edukatif bagi anak-anak.


BoBoiBoy sebagai tokoh utama dalam film animasi BoBoiBoy adalah seorang superhero yang mempunyai 4 sahabat karib bernama Fang, Gopal, Ying, dan Yaya. Mereka berlima selalu kompak bersatu padu dengan semangat dan kuasa (kekuatan) unik yang berbeda satu sama lain untuk mengusir alien bernama Adudu yang ingin menguasai koko (cokelat) di bumi.

Spirit BoBoiBoy adalah kebersamaan, maka berangkat dari spirit dan nilai yang sama dengan BoBoiBoy, Indomilk ingin membawa semangat dan nilai pertemanan yang energik, aktif, imajinatif dan fun melalui permainan ini kepada anak-anak Indonesia.
BoBoiBoy Fang Gopal Ying Yaya
Karakter "Indomilk Jagoan BoBoiBoy" :
BoBoiBoy and Friends: BoBoiBoy, Fang, Gopal, Ying, Yaya.
Power dan Kuasa unik tiap jagoan terdapat di bagian bawah kartu


Selain itu, BoboiBoy merupakan salah satu dari lima besar karakter animasi yang disukai anak-anak Indonesia, bahkan BoBoiBoy juga merupakan animasi favorit di Asia, tutur Ibu Rina. Sehingga papan permainan edukatif jagoan BoBoiBoy ini diyakini juga akan mudah mendapatkan perhatian anak-anak karena sudah sangat dekat dihati mereka.


Indomilk Jagoan BoBoiBoy

Talk show Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy”  (kiri ke kanan): 
MC Nova Rini, Ibu Vanda Ratana (Marketing Manager Indomilk Liquid PT Indolakto),
Ibu Rina Novita (CEO DNA Production) dan Psikolog Anak Saskhya Aulia Prima M.Psi,. 
(Dokumentasi: Indomilk)


Indomilk Turut Menstimulasi Tumbuh Kembang Anak

Dewasa ini, hampir setiap anak suka bahkan sering bermain gadget dan memiliki waktu bermain aktif yang semakin menurun. Kemajuan teknologi komunikasi dan internet telah mempengaruhi perilaku sosial yang menyebabkan anak cenderung asyik bermain dengan dirinya sendiri sehingga mengurangi waktu anak untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

Padahal, Psikolog Saskhya Aulia Prima M.Psi,. mengatakan untuk memaksimalkan tahap perkembangan anak, diperlukan media permainan edukatif. Ia menjelaskan salah satunya adalah melalui papan permainan agar anak dapat main bareng. Saskhya mengatakan apa saja manfaat dari papan permainan bagi tumbuh kembang anak.

“Permainan edukatif akan memberikan banyak manfaat bagi anak, seperti perkembangan berpikir (kognitif), perkembangan fisik, dan perkembangan sosial dan emosi (socioemotional). Media ini akan memberikan kesempatan bermain yang menyenangkan dan mereka dapat berinteraksi bersama teman-temannya.” -- Saskhya Aulia Prima, M.Psi,.
Saskhya Aulia Prima
Manfaat Permainan Edukatif menurut Saskhya Aulia Prima, M.Psi,.

Manfaat Permainan Edukatif Bagi Tumbuh Kembang Anak:
1. Perkembangan berpikir (kognitif)

Dengan bermain Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy” kemampuan kognitif anak berkembang karena anak akan berpikir bagaimana menentukan strategi agar Ia dapat memenangkan permainan, jagoan mana yang harus maju terlebih dahulu, menghitung power siapa yang lebih kuat dan sebagainya.


2. Perkembangan fisik

Bermain Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy” akan membuat anak melakukan kegiatan fisik, mereka akan bergerak mulai dari mempersiapkan semua perlengkapan bermain, baik kartu, papan, maupun meja (apabila diperlukan) dan saat permainan berlangsung, anak akan memindahkan para jagoannya dengan gerakan tangan. Melalui permainan ini keterampilan motorik anak semakin terasah.


3. Perkembangan Sosial

Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy” dapat dimainkan berdua. Ketika bermain suasana akan semakin menyenangkan diiringi dengan obrolan dan senda gurau bersama teman atau keluarga, dari sini anak merasa terhibur dan juga dapat mengembangkan kemampuan bersosialnya melalui interaksi dan kontak mata dengan teman. Teman bermain pun dapat berganti-ganti sehingga lingkup sosial anak juga semakin luas.


4. Perkembangan Emosi

Melalui papan permainan, perkembangan emosi anak akan ikut terlatih untuk menghadapi kemenangan maupun kekalahan dalam permainan. Mereka dapat belajar artinya sportivitas dan melatih diri untuk berlapang dada apabila kalah serta belajar untuk tidak tinggi hati apabila memenangkan permainan.

*  *  *

Gavin sendiri sudah mengenal BoBoiBoy dari salah satu stasiun TV swasta di Indonesia yang menayangkannya. Saat talkshow masih berlangsung, Gavin mulai tidak bisa diam dan merengek kepada Saya, “Mana BoBoiBoy-nya Mi?”. Karena dalam benaknya Ia berpikir akan betul-betul bertemu dengan sang superhero disini. Wah Saya mulai panik.


Saved by the bell, tahu-tahu Ibu Rina mengajak para tamu untuk berkenalan dulu dengan BoBoiBoy. Sebuah video teaser (VT) ditayangkan di tengah acara, menceritakan bahwa BoBoiBoy adalah superhero yang memiliki 5 elemen kekuatan yaitu: tanah, angin, petir, api dan air. Selain itu juga ditampilkan VT cara bermain Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy”. Wah, Gavin seneng banget, huft... lega. 

Indomilk Jagoan BoBoiBoy
Video teaser animasi BoBoiBoy dan Cara bermain "Indomilk Jagoan BoBoiBoy"
menghibur anak-anak dan para tamu


Manfaat Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy”

Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy” dapat dimainkan oleh anak-anak usia sekolah dasar. Permainan edukatif ini berbentuk seperti papan catur dan dapat dimainkan oleh dua orang. Tetapi karakter animasi BoBoiBoy yang menarik dan penuh persahabatan sangat mudah mengambil hati anak balita. Seperti Gavin dan Rizqi yang baru berusia 4 tahun. Walaupun belum mengerti ketentuan bermain secara keseluruhan, tetapi mereka tetap terhibur dengan aturan main sesuai imajinasinya sendiri.

Psikolog yang meraih gelar sarjana dan masternya di Universitas Indonesia ini menambahkan bahwa terdapat 10 manfaat positif dari permainan tersebut.

Indomilk Jagoan BoBoiBoy


Psikolog Saskhya juga memberikan himbauan bahwa memperkenalkan permainan edukatif kepada anak dibutuhkan peran orang tua. Ayahbunda agar turut aktif memberikan papan permainan sebagai media bermain yang positif. Hal ini sangat penting untuk mengimbangi aktivitas anak dari bermain gadget.

Ibu Rina Novita mengajak para tamu menyerukan motto BoBoiBoy “Terbaik”! bersama-sama, yang memiliki makna agar anak-anak Indonesia menjadi yang terbaik serta memiliki nilai-nilai persahabatan, kebersamaan, jangan patah semangat serta respek terhadap orang tua sebagaimana kearifan orang timur dalam kesehariannya.

Setelah sesi talkshow selesai, saatnya door prize. Alhamdulillah....! Nama Mami Gavin ikut disebut oleh Mbak Nova Rini dan Saya pun mendapatkan hadiah berupa voucher belanja Indomaret, terima kasih Indomilk dan BoBoiBoy. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ohya, anak-anak juga diberikan kesempatan bertanya loh, Gavin ikutan nanya! 

Katanya, “Kenapa Adudu pingin cokelat terus?”. Hahaha, pertanyaan buat Ibu Rina nih. 

Ibu Rina pun menjawab, “Karena cokelat di bumi sangat enak.” 

Hore Gavin berani maju, Mami proud of you.


Indomilk Jagoan BoBoiBoy


“Di Bawah Langit Yang Sama”
Wah acara sudah selesai, sudah bagi-bagi voucher, hehe. Tunggu dulu, ternyata masih ada D’Masiv band yang siap menghibur para. Aah yang bener, masa sih D’Masiv? Saya langsung stand bye untuk mengabadikan penampilan salah satu band papan atas Indonesia ini dan menikmati lagunya. Rian dan kawan-kawan membawakan 3 lagu dan lagu berjudul “Di Bawah Langit Yang Sama” adalah OST film “BoBoiBoy The Movie” yang akan tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada April 2016 mendatang.


D'Masiv


Seru banget ya acaranya, semua berlangsung tertib dan nyaman selama kurang lebih 3 jam, mulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Setelah hiburan berakhir, para tamu dipersilahkan untuk menikmati jamuan makan siang yang sudah disiapkan oleh Restoran Bunga Rampai. Dalam perjalanan pulang, Saya tak lupa menyempatkan mampir ke tempat fotokopi untuk melaminating Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy” arena ANTARIKSA yang kami dapatkan dari goodie bag acara, agar papannya awet dan lebih enak digunakan.


Bunga Rampai Menteng
Suasana jamuan makan siang di Bunga Rampai


Bermain Papan Permainan "Indomilk Jagoan BoBoiBoy"

Untuk mendapatkan karakter Indomilk Jagoan BoboiBoy, keluarga Indonesia hanya perlu membeli susu cair Indomilk UHT 190ml dan Indomilk Kids 115ml rasa apa saja. Sedangkan papan permainannya bisa diunduh melalui website www.indomilk.com/boboiboy/ atau memperolehnya di toko yang berpartisipasi. Terdapat 5 jenis papan permainan, yaitu: Arena Samudra, Arena Taman, Arena Antariksa, Arena Angkasa, Arena Antartika.


Indomilk Jagoan BoBoiBoy
Sumber: www.indomilk.com/boboiboy/

Cara bermain Papan Permainan "Indomilk Jagoan BoBoiBoy" secara rinci dapat dilihat pada halaman dibalik arena jagoan pada papan permainan, pada website Indomilk atau melalui video tutorial di YouTube.

Setiap pemain mempersiapkan sedikitnya 5 jagoan yang masing-masing dapat berjalan 1 langkah ke segala arah, untuk memenangkan permainan Ia harus berusaha agar salah satu jagoannya dapat sampai ke kubu lawan atau dapat merobohkan kelima lawannya terlebih dahulu. Nah apabila 2 jagoan saling berhadapan, kamu dan lawan bisa adu power atau suit untuk mengalahkan lawan. Simak videonya di bawah ini ya:



Video Cara Bermain Papan Permainan “Indomilk Jagoan BoBoiBoy”  
(Sumber: Siaran Pers PT. Indolakto-Animonsta: 16 Maret 2016)


Gavin sendiri langsung bersemangat mengumpulkan kartu jagoan BoBoiBoy. Ia juga sibuk bercerita mengenai acara BoBoiBoy yang sudah didatanginya kepada teman-teman dan mengajak mereka bermain.Yeay, kartu "Indomilk Jagoan BoBoiBoy" Gavin sekarang sudah banyak.


Indomilk Jagoan BoBoiBoy
Seru banget bermain Papan Permainan "Indomilk Jagoan BoBoiBoy" bersama teman


Ohya, Saya juga ikut mengajak Gavin untuk menggunting kartu jagoan dari kemasan dan melipatnya. Kegiatan ini dapat bermanfaat sekali untuk motorik halus Gavin yang masih usia dini yaitu dapat melatih kekuatan otot jari tangan yang nantinya diperlukan dalam proses belajar tulis menulis. Papan Permainan "Indomilk Jagoan BoBoiBoy" memang penuh manfaat ya! Pas untuk keluarga Indonesia. Yuk buruan kumpulkan 24 jagoannya dan mainkan! Tonton juga film “BoBoiBoy The Movie” yang segera tayang.

Indomilk Jagoan BoBoiBoy
Terima kasih Indomilk dan BoBoiBoy, TERBAIK...!

Love,
DRP


Referensi:
Siaran Pers PT Indolakto-Animonsta: Jakarta, 16 Maret 2016
http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id

Foto-foto:
Logo Indomilk Jagoan BoBoiBoy dari: www.indomilk.com/boboiboy/
Semua foto selain dokumentasi Indomilk adalah foto pribadi

You Might Also Like

11 comments

  1. Cakep Mak videonyaaaa. Hihihi. Review acaranya juga oke nih mak. Padet. Aku sepertinya ga bisa nih bikin kaya gini, bisanya cerita panjang lebar doang. Wehehehehehee. Mudah-mudahan menang lomba blognya ya Maaaaaakkk. Hihihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasii banyaak mak Diaan..ahh suka gitu deh, hihi..ini kan berkat support dirimu :-* Amiin..semoga menang juga ya maak..

      Delete
  2. asyik ya mbk main pakai papan permainan ini, apalgi kartunnya kartun kesukaan si kecil. boboboy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ni mak Inda, asyikk..karakternya banyak :) yuk main sm si kecil ^^

      Delete
  3. Wah, telat bacanya. Padahal anak saya suka banget karakter Boboboy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka juga yaa mak si kecil.. Ikut kumpulin kartu jagoannya yaa :)

      Delete
  4. Mainan board gamenya emang seru ya mbak. Anak saya juga senang maininnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru y mak, jagoannya keren2..yuk2 main bareng, hehe

      Delete
  5. asyik ya, jadi inget dulu lagi anakku masih kecil, suka dapat permainan dari produk susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mah Tira, dulu juga beli susu suka byk hadiah. Skrg makin kreatif brandnya ya

      Delete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Komen aja nggak papa kok jangan malu-malu. Pilih NAME/URL dan isi dengan URL blog ya, jangan url postingan. Terima kasih temaan....

@deravee

Subscribe