Permainan Masa Kecil Tak Terlupakan

Monday, January 11, 2016

bermain


Inget-inget masa kecilku... adalah dunia kanak-kanak yang penuh warna dan keceriaan. Masa kecilku diisi dengan hari-hari bermain dan bersenda gurau bersama teman-teman. Beruntungnya aku waktu kecil karena tempat tinggal keluarga kami termasuk wilayah padat penduduk, sehingga aku mempunyai banyak teman untuk bermain bersama. Berbagai macam permainan masa kecil sempat aku cicipi. Walaupun banyak juga permainan anak-anak yang tidak pernah kumainkan. Diantaranya permainan yang menggunakan bambu, soalnya nggak ada bambu nganggur di sekitar rumah yang dapat dipakai. Bagiku sampai sekarang permainan-permainan itu masih menjadi sesuatu yang sangat menarik.


  Nggak kesampaian bermain ini:
tradisional
Belum pernah bermain egrang dari bambu kaya gini (Gambar dari SINI)


maluku
Permainan tradisional loncat bambu,
aku juga belum pernah bermain ini (Photo credit: +Barry Kusuma )


Permainan kanak-kanak yang sering aku mainkan bersama teman-teman diantaranya petak jongkok, petak umpet, galasin, engklek, benteng, main karet, ular naga, congklak, main ibu-ibuan, main ulek-ulekan dan masih banyak lagi. Huaaa... banyak ya ternyata, ah bikin kangen masa-masa itu. Waktu masih SD sekitar kelas satu sampai kelas tiga paling sering bermain petak jongkok dan petak umpet, mulai agak gedean, lebih sering bermain galasin dan benteng. Inget banget kalau main benteng dan anggota kita ada yang ketangkep musuh, harus cari strategi jitu untuk ngebebasin temen tersebut dan keseruannya waktu berhasil ngebebasin temen yang ketangkep itu.. Wiih.. penuh sensasi banget! *saelah*.

Lalu ada dua permainan yang selalu teringat-ingat olehku. Entahlah, satu dari permainan ini termasuk kategori permainan masa kecil atau enggak ya? Bagi aku dan teman-teman permainan ini sangat dinanti-nanti. Pasalnya kalau mau main harus di rumah salah seorang teman, mau nggak mau harus menunggu pulang sekolah, baru kami menuju rumah tersebut, spesial banget kan. Permainan ini sangat fenomenal bagi kami, nama permainannya adalah "kebo bunting". Hahaha, nggak enak didenger namanya, lagipula sama sekali nggak ada hubungannya dengan kebo yang lagi "bunting".

Cara bermain "kebo bunting" yaitu:
1. Peserta dibagi ke dalam 2 kelompok, kelompok pertama akan menjadi kebo dan kelompok kedua akan menjadi penunggang kebo.
2. Kelompok pertama harus berbaris dengan posisi membungkukkan badan, kepala anak yang berada di belakang teman lain harus masuk di antara kedua kaki teman yang di depan, kedua tangan berpegangan pada kaki teman yang berada didepannya tersebut. Kebo paling depan posisinya berdiri menyandar pada tembok.
3. Lalu anak-anak dari kelompok kedua akan melompat menaiki punggung para kebo yang sudah berbaris membungkuk.
4. Pemain pertama dari kelompok penunggang harus bisa melompat sejauh mungkin hingga dapat menaiki atau mendekati kebo paling depan agar semua teman kebagian menaiki kebo yang ada.

Kemenangan dalam permainan ini diperoleh apabila kelompok kebo berhasil tidak roboh sampai selesai dinaiki oleh kelompok penunggang. Berarti permainan berlanjut dengan bertukar posisi, grup kebo menjadi grup penunggang dan sebaliknya. Apabila barisan kebo roboh pada saat permainan belum selesai, artinya kelompok kebo kalah dan harus kembali menjadi kebo di ronde berikutnya.


dewiratihpurnama
Gambar kerbau: http://dianauliaaswari.blogspot.co.id/2011/05/cerpen-balada-kebo-dan-ayam-jago-by.html.
Diedit oleh penulis.


Hahaha, jadi geli sendiri ngingetnya. Gawat juga mainnya anak-anak cewe ini, tapi seru dan selalu bikin ngakak. Trus kalau yang naikin kita badannya guede banget gimana?? *hororr..*. Biasanya kalau yang ceking kurus kaya aku gini jarang dinaikin pas giliran jadi kebo *demi keamanan*. Alhamdulillah, sepanjang kami bermain "kebo bunting" nggak pernah ada peristiwa cidera atau fatal lainnya, yang ada adalah kebersamaan penuh canda tawa dan kebo bunting selalu menjadi topik hangat ketika kami reunian.


friends
Gambar dari SINI. Diedit oleh penulis


Permainan selanjutnya yang masuk menjadi kategori tak terlupakan untukku adalah bermain ulek-ulekan. Waktu main ulek-ulekan ini kisaran umurku masih lebih kecil dari masa bermain kebo bunting. Kira-kira waktu umur lima sampai tujuh tahun. Bagaimana sih caranya bermain ulek-ulekan? Bermain ulek-ulekan itu ngulek batu-bata dengan batu, terkadang juga ngulek bunga atau daun-daunan. Mainnya di jalan depan rumah bersama tetangga. Masih ingat jelas, temen setiaku bermain ulek-ulekan namanya Indri, Yuni dan Wanti, tetangga-tetangga sebelah rumah. 

Nanti batu-bata yang diulek itu kan jadi berupa bubuk halus berwarna oren, waktu kecil aku bilang hasil ulekan batu-bata itu adalah bedak, karena suka melihat bedak Mama, warnanya mirip-mirip oren batu-bata ini. Pada suatu hari, aku bermain ulek-ulekan batu-bata, terus aku mencari tempat bedak Mama, aku masukkan hasil ulekanku, dalam hatiku berujar "Jadi banyak deh bedak Mama!", Ooemjiii.. kelakuan masa kecil, sstt... jangan bilang-bilang Mama ya!


ulek-ulekan
Warning: Adik-adik, boleh bermain ulek-ulekan batu-bata, tapi jangan dijadiin bedak ya..!


Seru, seneng, capek dan segala kegembiraan lainnya hadir di setiap waktu bermainku. Banyak manfaat yang didapatkan dari permainan masa kanak-kanak. Alhamdulillah aku pun dapat mengalaminya. Mana kenal gadget dulu *tebak angkatan berapa yaa...*. Permainan anak-anak seperti yang aku sebutkan lebih banyaknya dilakukan di luar ruangan, secara bersama-sama dan menuntut fisik aktif bergerak, sehingga dari permainan ini kemampuan motorik anak berkembang, kebutuhan sosialnya terpenuhi dan semakin meningkat kemampuannya, serta jasmani dan rohani yang sehat.


http://www.lidyafitrian.com/2016/01/giveaway-permaianan-masa-kecil.html#more


Ini sebagian ceritaku tentang masa kecil, masih banyak cerita-cerita permainan masa kecil lainnya dari teman-teman Mama Calvin dan Bunda Salfa. Kamu pasti juga punya cerita seru kan? Yuk berbagi cerita masa kecilmu dengan ikutan Giveaway Mama Calvin dan Bunda Salfa. Harapanku semoga permainan masa kecil yang aku mainkan tetap ada sampai seterusnya, karena permainan tersebut memberikan manfaat positif yang besar.


"Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway 
Permainan Masa Kecil 
yang diselenggarakan oleh 
Mama Calvin dan Bunda Salfa" 


Love,
DRP

You Might Also Like

29 comments

  1. masa kecil memang masanya bermain yah Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mak ira, puas2in main selagi kecil ya:)

      Delete
  2. Hihihi, lucu nama permainannya Mba, kebo bunting..Ah, jadi nget masa keciiil nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaa mak Ety..jadi baper ya klo ngomongin masa kecil, makasi kunjungannya maak

      Delete
  3. Wkwkwkwkkwkwk aduuh aku ngakak nih bayangin yg main ulek2an, trs ditambahin k bedak mamamu :D. Hihihihi.... Ga kebayang mukanya deh.

    Aku juga suka main ulek2 an. Tp biasanya daun2an yg diulek, trs kita anggab itu bumbu masak.. Kalo yg kebo bunting aku tau mba. Tp dulu temen2 ku blgnya main benteng, bukan kebo bunting :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...semoga ga sampe d pake mamaku ya, aq juga udah lupa mak.. sukur ada yg tau juga, xixixi..makasi mak Fan kunjungannya

      Delete
  4. Ahhhh..jadi kangen jg ni mbak dewi sama masa2 kecil, seruuuya masa kecil kitaa..dulu aku menang terus loh mbak kalo main benteng makanya banyak yg mau sekelompok sama aku..hahaha *pamerr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...wah mantep nih Fera:D iya seru bgt, kenang2an bgt ya

      Delete
  5. Ya ampun, Mbak, iseng banget. Hahahaa.. Btw si mama enggak sadar gitu kalau bedaknya bertambah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Reema: Hahahaha, dulu msh 4 apa 5 taun gitu Ma, smangat bgt tiap ngulek batu bata, smoga ga sempet d pake ya :D

      Delete
  6. Aku gatau itu mainan kebo bunting belum pernah. tapi kayanya rame yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @syarifatul: iya byk yang gtau juga yaa, coba gogling, ternyata ada loh, hehehe

      Delete
  7. mmg tak kan pernah terlupakan. selalu mnjadi kenangan. indah sekali ketika masa kecil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu bro, permainannya seru2, smoga tetep lestari

      Delete
  8. Hehe bedak Mamanya jadi nambah banyak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mak Heni,banyak dan gratis ya :p

      Delete
  9. Sebelum adanya gadget emang sungguh indah ya. :D

    ReplyDelete
  10. permainan loncat bambu, kalo gak salah dulu saya pernah maininnya di sekolah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo ga salah biasanya pas pramuka ya mba, ih penasaran deh aq ;)

      Delete
  11. tulisan kebo bunting membuat saya bertanya2, apa gitu ya namanya kalu disini..pernah mainin tapi lupa. Kalau enggrang favorit banget ^^ pake kayu aja, ih jadi pengen

    ReplyDelete
  12. haahhaa..kalo dulu ulek2an bata buat gosok gigi katanya biar putih hihiuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa, wkwkwk, lebih parah ni mba hanie x)

      Delete
  13. haahhaa..kalo dulu ulek2an bata buat gosok gigi katanya biar putih hihiuu

    ReplyDelete
  14. nama permainanya lucu kebo bunting, pernang dengar juga sih dulu Ulek2an sama dengan teh enchi katanya dulu kalau udah di ulek bisa mutihin gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb Lid, aq sd d bekasi, ga tau dr mana,tau2 pd main ini,sepertinya emg byk yg main ini d bekasi,hehe.. hihi, sampe beneran dcoain k gigi ngga mb?

      Delete
  15. Dulu di kelas kalo ada yang main kebo bunting, pasti langsung dipanggil guru. Gak sopan katanya.. xD

    Dulu banget tapi.. duluuuu.. sekarang kayaknya udah gak ada yang kenal ya mainan ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha, iya mak Pungky, bahaya lagi ya.. eh tapi adik aku lulus sma 2 taun lalu,aq tanya ternyata main juga,masih awet mungkin d bekasi, hehe

      Delete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe