Anak Perempuan Itu Berlari Kegirangan Melihat Panda Lucu di Beijing Zoo China

Thursday, May 09, 2019

giant panda beijing zoo

Assalamu'alaikum,
Seperti anak perempuan kecil yang baru saja dibelikan boneka, setelah meronta-ronta pada sang mama seperti itu jugalah perasaan saya ketika melihat langsung seekor Panda. Mau lompat-lompat kegirangan, happy banget :'). Saya dan Gavin bersama seorang teman melihat maskot negara Tiongkok ini di Beijing zoo.

Waktu itu hari Minggu tanggal 5 Mei 2019. Sudah lama janjian mau pergi dengan Bu Afung, rekan ibu-ibu Indonesia yang sudah 20 tahun menetap di Beijing. Tadinya mau jalan-jalan melihat bunga Tulip, di tengah jalan rencana berubah. Jadi deh kita ke sini.

Dengan subway, rutenya yaitu menggunakan Line 4, turun di Beijing Zoo station dan keluar di Exit B untuk berwisata ke salah satu kebun binatang tertua di Cina ini. Setelah turun dan berjalan kaki sedikit,  teman-teman dapat langsung melihat gerbang Bejing Zoo, wuah legendaris banget. Loket pembelian tiket terdapat di sisi sebelah kanannya.
Kami membeli tiket masuk Beijing Zoo yang sekaligus visit rumah panda seharga 19 yuan. Harga tiket untuk paket lainnya tertera di papan keterangan loket. Anak-anak di bawah 120 cm masih gratis biaya masuk.

giant panda beijing zoo china
Gerbang masuk Beijing zoo
giant panda beijing zoo chengdu china
Loket pembelian tiket

Yang utama mau dikunjungi tentu saja panda. Panda House adalah wilayah khusus melihat panda dengan dua tipe kandang, indoor dan outdoor. Pada zona dalam (indoor) "Asian Games Panda House" kami melihat 2 ekor panda dan 2 ekor lainnya di kandang terbuka. Nah si gemash yang pertama kami lihat itulah yang sedang terjaga, 3 ekor lainnya sedang tidur.

Baca juga: Daftar Persiapan Merantau ke Beijing, China

Saat memasuki panda house ini saya belum mudeng banget kalau pandanya berada di ruangan tersebut. Dalam bayangan saya akan melihat beberapa panda bergelayutan di pepohonan. Lalu Bu Afung yang sudah seribu langkah di depan, melambai-lambai kepada saya dari depan sebuah kaca besar. Memberi tanda untuk segera menghampirinya.

Beberapa pengunjung lain juga terlihat berebut tempat, saya pun segera berlari. Ternyata benar...! Pertunjukkan sedang berlangsung, seekor panda besar sedang asyik berguling di sana. Sambil memegang erat dahan bambu penuh daun yang malah menutupi wajah imutnya.

panda di beijing
Kalo ini Pandanya lagi bobo, dalam ruangan berkaca

Ahh... gemaashh...! Besar, berbulu lembut, berwarna hitam dan putih. Tak menghiraukan kasak-kusuk komentar setiap mata yang memandangnya, yang penting makan siang jalan terus, mungkin begitu kata hatinya. "Subhanallah...!", ucap takjub saya dalam hati. Senangnya tak disangka bertemu si boneka hidup atau Xiong Mao, terjemahan panda dalam Bahasa Mandarin. Pengen meluk aja rasanya. Susah memang hanya dijelaskan pakai kata-kata, yuk kesini o:)

giant panda beijing zoo
Pintu masuk zona indoor "Asian Games Panda House"

giant panda beijing zoo
zona indoor: (atas) - si panda yang asik makan, (bawah) - panda yang tergelatak bobo pulas
beijing
zona outdoor, sleeping kungfu panda

 



Alhamdulillah ya masih ada yang bangun. Karena beberapa teman yang datang ke sini saat winter harus ikhlas hanya menonton panda bobo. Walaupun terlelap tapi gayanya lucu-lucu. Suka-suka gue dah kata si panda. Sayangnya mereka dekil-dekil. Hikss.... :(

Kebun binatang Beijing itu luas banget, 89 hektar (ha), jalannya lebar-lebar, kandang satwanya nyaris bagai lapangan. Matahari sangat terik kala itu, maklumlah sudah musim panas. Saya hanya pakai baju selapis layaknya outfit warga Jakarta, tidak bertumpuk mantel lagi. Pengunjungnya sedang tidak terlalu padat membuat kami dapat melenggang santai sambil menikmati suasana.




Baca juga: Potret Pasar di Antara Gedung Bertingkat

Ilustrasi informasi yang menarik, pepohonan yang rindang, serta sentuhan arsitektur khas budaya Cina yang selalu ada di setiap lokasi wisatanya membuat saya betah. Pun di Beijing Zoo ini, kolam, taman dan jembatan putih klasik kami jumpai setelah mengitari kawasan beruang. Kebersihannya juga terjaga. Kami juga melihat Polar Bear yang berenang di kandang raksasanya!     


giant panda beijing zoo
Map of Beijing zoo: East, West and North Department, super duper guede
giant panda beijing chengdu china
Jembatan tempo dulu ala-ala jaman kekaisaran Cina
 

giant panda beijing zoo
Terpana melihat polar bear :'

Saya bersender di deretan poster-poster beruang yang berisikan pesan moral

 

polar-bear-china
Polar Bear sedang menyelam di kolam
 

Setelah melihat 4 satwa, panda, beruang, monyet dan rubah kemudian saya, Gavin dan ibu pulang. Kalau mau diturutin sih masih semangat, tapi kami datangnya sudah kesorean. Gavin merajuk pingin ke kandang zebra dan singa dan ada pinguin juga loh, duh penasaran deh. Mungkin lain waktu datang lagi sedari pagi, sekalian bawa sepatu roda, lumayan kaki sudah benjut-benjut baru seperempat jalan. Sampai jumpa, semoga bermanfaat. Wassalam.

Love,
@deravee



You Might Also Like

20 comments

  1. suka banget dengan panda, hewan besar gitu makannay tumbuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi betul mba, masih bangsa beruang, tapi suka daun bambu

      Delete
  2. Ah serunya bisa langsung liat Panda dari asalnya. Bikin iri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa... Alhamdulillah :D semoga bisa lihat juga ya nanti

      Delete
  3. Whooaa pandanya imut banget
    sayang lagi tidurann..

    ReplyDelete
  4. Kapan bisa liat panda yang asli kayak itu

    ReplyDelete
  5. Wow, ini mbak Dewi memang tinggal di Beijing atau sedang ada program di sana? Aku pengen ke Beijiiinggg!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamiku bang Tius yang lagi dines di Beijing... wah iya, semoga bisa segera traveling ke Beijing... nanti info2 :)

      Delete
  6. Coba mbak dimandiin biar ga dekil-dekil. Xixi
    Tadinya ngebayangin yg putih bersih kayak si Kungfu Panda gt ya. Emm, mgkn mereka habis mainan seharian belum sempat mandi. Sudah hrs show lagi. Hehe

    ReplyDelete
  7. sayang pandanya dekil. mungkin dia belum dimandiin :D taoi teuteup cute pandanya

    ReplyDelete
  8. Aaa ... pengin banget lihat panda! Pasti gemes kalau lihat dari dekat.

    ReplyDelete
  9. Aku prnh nonton neh tempat ini di salah satu reality show korea. Memang harus banget ke cina lihat panda ya krn ikon. Lucu bnget pandanyaaaa.

    ReplyDelete
  10. panda itu aslinya galak nggak sih mbak..
    bayanginnya kan panda itu mukanya gemesin banget, pengen diuyel2 terus
    luas banget ya zoo 89 hektar, kandangnya segede lapangan, mudah2an di sini hewan2 sejahtera hidupnya

    ReplyDelete
  11. Ah beruntung sekali bisa ketemu panda beneran di kampungnya. Mereka itu beneran lucu bentuk sama kelakuannya yaaa

    ReplyDelete
  12. aku liat panda jug pas di beijing. tp kok ini temoatnya agk beda ya mba ama yg aku liat. apa ada temoat lain di sana utk liat panda? seingatku cm ada panda aja deh dulu. hrs obrak abrik file foto kalo mau liat nama tempatnya :D.

    akupun gemeeeeees ama panda2 ini. pgn peluk, tp ga bisa. katanya panda yg bisa dipeluk ada dibagian kota lain. tp mahaaaal :(. gemesin banget yaaaa panda2 ini.. pgn bawa pulang 1 hahahahaha

    ReplyDelete
  13. Lihat panda di Negeri Tirai Bambu mah mau banget ke sana.. Gemes dengan anak perempuan itu, hihi

    ReplyDelete
  14. Pandanya emang gemes banget. Pengen peluk2in si panda deh.

    ReplyDelete
  15. Wah, beruntung banget dapat kesempatan lihat panda di rumahnya langsung. Tingkah laku panda ini emang gemesin. Aku yang kiat di Instagram aja kadang suka geli sendiri, apalagi bisa melihat langsung ya.

    Twrima kasih sudah berbagi pengalamannya ya

    ReplyDelete
  16. Ya ampun Panda gemesin ya penampakannya padahal buas banget, kebun binatangnya bersih dan teduh, sukaa! Bikin betah berkeliling ya..

    ReplyDelete
  17. Besar banget ya pandanya. Iya sayangnya pada dekil gitu sih panda dan manda 😅 nggak ada yang bersihin bulunya apa ya.

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe