RESEP Pudding Istimewa Keluarga

Friday, September 08, 2017

resep pudding coklat

Assalamu'alaikum...!

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H. Telat sedikit nggak apa-apa ya ucapannya :) Selamat bagi yang sudah menunaikan ibadah Qurban. Mikir-mikir pas lebaran Idul Adha kemarin saya mau bawa apa ya untuk kumpul keluarga di rumah MIL.

Jika di momen Idul Fitri saya memang rutin membuat ketupat dan lain-lain, baca keseruannya di artikel MENU LEBARAN DAN MEMASAK KETUPAT. Maka di Idul Adha saya tidak terlalu repot karena tidak masak-masak besar.

Tiba-tiba teringat, oh ya bawa dessert saja. Kan cocok tuh habis makan ketupat buatan Mama Mertua terus menikmati pudding sebagai pencuci mulut. Aha... Paass banget, saya baru saja mendapat warisan resep pudding beserta vla-nya waktu KUMPUL IBU MUDA DAN PARA MAMA.

Resep dari adik sepupu dan juga tante. Annisa memberikan saya resep Pudding "Pink" Strawberry dan Tante Inka memberikan resep Pudding Cokelat dan Vla. Beberapa waktu sebelumnya saya sudah membeli agar bubuk Swallow merah. Jadi saya memutuskan untuk mencoba membuat Pudding Pink terlebih dahulu. Resepnya adalah sebagai berikut:

resep pudding strawberry

Resep Pudding Annisa @annisaanggady
PUDDING "PINK" STRAWBERRY
Bahan-bahan:
1    bungkus agar-agar bubuk Swallow merah (red)
1    kaleng susu kental manis
1    gelas susu UHT plain/putih
4    SDM gula pasir
3,5 gelas air putih

Cara Memasak:
Campur semua bahan menjadi satu di dalam panci lalu masak sampai mendidih
*saat memasak tidak boleh ditinggal, harus terus di aduk hingga mendidih
*saya mengaduknya menggunakan centong kayu
*jika menggunakan vla, tidak perlu penambahan gula pasir

Aduk terus hingga mendidih, kurang lebih 15 menit
Angkat
Diamkan beberapa saat hingga suhu panas menurun
Tuang ke cetakan

Tante saya biasanya mencampur semua bahan, baik dalam membuat pudding maupun vla menggunakan mikser. Maka hari itu saya juga mengandalkan mikser. Bila tidak ada mikser di rumah puddingnya dapat di aduk biasa dengan sendok. Setelah larut semua bahan kemudian baru di masak. Dan untuk vla bisa dicampur menggunakan whisk atau alat pengocok telur. 


Lanjut ke resep dari Tante Inka

PUDDING COKLAT
Bahan-bahan:
1      bungkus agar-agar bubuk coklat atau putih
3,5   SDM bubuk coklat
1      kaleng susu kental manis
4,5   gelas air

Cara memasak:
Campurkan semua bahan, aduk rata
Masak hingga mendidih 
Angkat
Diamkan hingga suhu panas menurun
Tuang kedalam cetakan

VLA
Bahan-bahan:
1      kaleng susu kental manis
1/2   gelas gula pasir
4     SDM Maizena
2     kuning telor
6     gelas air putih

Cara Memasak:
  • Siapkan gelas belimbing untuk menakar bahan
  • Siapkan wadah mangkok mikser
  • Masukkan bahan-bahan vla ke dalam wadah dengan urutan:
    • Sendokkan maizena ke dalam mangkok
    • Masukkan setengah gelas gula pasir yang ditakar dengan gelas belimbing
    • Masukkan kuning telor
    • Masukkan air sebanyak 6 gelas menggunakan gelas bekas menakar gula
    • Aduk dengan mikser
    • Masukkan susu kental manis
    • Aduk semua sampai rata
  • Tuangkan ke panci
  • Masak hingga matang dan mengental  
  • Angkat 
resep pudding strawberry

resep pudding coklat
 
resep pudding keluarga

Saat membuat vla kemarin, saya hanya membuat setengah resep agar tidak kebanyakan karena menyesuaikan jumlah anggota keluarga. Cara menakar gula terlebih dahulu dan setelah itu gelasnya digunakan kembali untuk menakar air putih gunanya agar tidak ada gula tersisa di dalam gelas. Efisien dan gelas bersih kembali.

Proses memasaknya dengan cara diaduk terus di atas api sedang. Tidak boleh ditinggal agar tidak pecah susu. Aduk menggunakan sutil kayu. Lama memasak sekitar 20-25 menit. Selesaai....

Yummie... Enak loh rasanya, Alhamdulillah. Pudding bisa dikreasikan juga dengan menambahkan buah-buahan atau biskuit sesuai selera. Terima kasih resepnya tanteku dan sepupuku. Yuk ah dicoba dicoba dicoba yaa di rumah. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Love,
deravee

'   ' follow aja twitter dan instagramnya  >> @deravee

You Might Also Like

16 comments

  1. Replies
    1. yeeyy... Alhamdulillah:) makasih banyak Mba Putu

      Delete
  2. Kebetulan udh lama ngK bikin puding neh saya. Jarang sih bikin vla , tapi resepnya gampang juga ya. Bikin ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikk... bikin ya mbaa... selamat mencoba ^^

      Delete
  3. Wuih,aku suka sekali pudding.
    Biasanya buat yang simple aja.
    Ini boleh dicoba deh resep nya.
    Kelihatan lezat sekali pudding nya ini yah mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohyaa...wahh boleh juga aq intip2 kalo punya resep pudding juga mba:) Alhamdulillah resep ini rasanya lezato mbaa..semoga cocok ya ^^

      Delete
  4. nah kalau bikin puding aku suka krn sangat mudah ya dan enak lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering buat pudding ya mamah Tira...iya ternyata gampang banget,enak dan bisa dinikmati rame-rame ^^

      Delete
  5. Wah terimakasih resepnya ya. Keliatannya enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-samaa ya mbaa...inshaa Allah enak mba... selamat mencoba ^^

      Delete
  6. puding itu mudah dibuat dan nikmat ya, Mba.

    Kapan-kapan bikin ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget ya mba, mudah dan asik buat dinikmati bersama yaa...met mencoba mbaa

      Delete
  7. Keliatannya enak banget mba. Makasih ya resepnya.. Salam kenal mba Dewi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaak nih mba, hehehe...inshaa Allah... Salam kenal mba Sarah ^^ makasi ud mampir

      Delete
  8. Wah boleh di coba. Oiya mbk kalo agar-agarnya diganti dengan nutrijell boleh nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom pernah denger sih mba :D karna swallow sama nutrijell setau aq punya hasil yg beda ya, kalau pudding kan lembut, nutrijell lebih kenyal dan padat..mungkin bisa dicoba dulu aja mba :) trims udah mampir ^^

      Delete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe