Melalui Bright Future Campaign, Dukung Masa Depan Anak Indonesia yang Cerah

Thursday, December 22, 2016

lifebuoy

Assalamu'alaikum,
Dalam keseharian sebagai ibu, saya selalu berusaha untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan pada buah hati. Nilai-nilai kehidupan yang sepertinya tidak terlihat tetapi sangat penting untuk dimiliki setiap insan. Bukan hal-hal besar namun perlu diterapkan sedari kecil. Semua dilakukan seiring dengan aktifitas yang kami lakukan. Misalkan, setiap hendak makan, saya memintanya untuk mencuci tangan, kemudian menjelaskan kepadanya pentingnya kebersihan. Contoh lain, ketika saya menggantikan bajunya, saya membiarkan Gavin meletakkan baju kotornya sendiri ke ember cucian. Di lain kesempatan, ketika Gavin asyik ngemil biskuit atau wafer, tak lupa saya berpesan agar sampah bungkusannya ia buang ke tempat sampah.

Hal-hal demikian merupakan sebagian kecil pedoman hidup yang wajib diajarkan orang tua kepada anak-anaknya. Kebiasaan yang perlu dipupuk agar hingga dewasa nanti ia mengerti arti pentingnya kebersihan, kesehatan, kedisiplinan dan hal-hal positif lainnya. Dengan bersih dan sehat, maka Gavin serta anak-anak Indonesia lainnya dapat menyongsong masa depannya dengan ceria.

Bahagia sekali rasanya ketika mengetahui ternyata Unilever juga mendukung peran setiap ibu untuk menciptakan masa depan anak yang lebih cerah. Karena apabila anak saya dapat hidup dengan baik, tentulah saya juga ingin lingkungan sekitarnya baik. Sejak tahun 2013, Unilever dalam program kampanyenya yang disebut Bright Future telah mengambil langkah-langkah besar untuk membangun kehidupan anak Indonesia yang lebih baik.

Saya pun mendengarkan langsung apa dan bagaimana program Unilever BrightFuture ini terlaksana pada acara TUMBloggers Meet Up, hari Sabtu, 17 Desember 2016 di D-Lab Menteng Jakarta. Acara yang dimulai sekitar pukul 1 siang hari ini dihadiri oleh mama bloggers. Acara dibuka oleh MC Mba Fika dan disambung dengan kata sambutan oleh founder dari The Urban Mama yaitu Teh Ninit Yunita.

unilever bright future
Mba Fika mempersilahkan Teh Ninit founder The Urban Mama memberikan kata sambutan (doc. theurbanmama)
masa depan cerah anak indonesia
Talkshow "Selamat Tinggal Dunia Lama". Dari kiri ke kanan: Mba Fika (MC), Mba Lany Rahayu (Blibli.com), Mba Disty (Unilever), psikolog Ibu Retno Dewanti (doc. theurbanmama)

Narasumber Mba Adisty Nila Sari selaku Media Relations Manager Unilever menjelaskan bahwa tahun ini Unilever Bright Future mengusung tema Selamat Tinggal Dunia Lama, Dukung Masa Depan Anak Indonesia Lewat Dunia yang Sehat dan Gembira. Yang dimaksud dengan Dunia Lama adalah dunia di mana permasalahan seputar kesehatan, lingkungan, dan pendidikan masih banyak dialami berbagai lapisan masyarakat.

Mba Adisty melanjutkan bahwa dari tahun ke tahun Unilever selalu peduli dengan permasalahan lingkungan yang ada dan melaksanakan berbagai program yang berbeda. Pada tahun ini kampanye difokuskan pada program kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan komunitas. Hadir juga 2 narasumber lainnya yaitu Mba Lani Rahayu, Senior Marketing Communication Manager Blibli.com dan psikolog Ibu Retno Dewanti Purba.

Dalam kampanye Bright Future, saat ini Unilever telah membangun taman bermain di 5 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar. Unilever juga memberikan fasilitas cuci tangan untuk bermain anak di taman serta melakukan edukasi kesehatan lingkungan melalui komunitas. Pembangunan taman diharapkan dapat menjadi ruang publik yang nyaman bagi anak dalam tumbuh kembangnya.

Penyuluhan bagi warga mengenai kesehatan dan lingkungan juga dilaksanakan secara periodik lewat komunitas seperti edukasi pentingnya mencuci tangan, sarapan di pagi hari, menggosok gigi dan lain sebagainya. Dengan kegiatan ini diharapkan hal-hal positif dapat tumbuh menjadi perilaku yang spontan melekat di masyarakat. Fasilitas yang telah dibangun dijaga dan dirawat dengan baik.

Seiring dengan program tersebut, Unilever juga ingin mengajak para mama, papa, kakak, adik semua agar turut andil dalam gerakan-gerakan positif di atas. Unilever dalam kampanye Bright Future kini menggandeng Blibli.com. Melalui Blibli.com masyarakat dapat berperan aktif dalam mendukung dunia yang lebih baik. Blibli sangat menyambut baik program Unilever-BrightFuture ucap Mba Lany.

Para mama di rumah biasanya menjadi penentu produk-produk yang digunakan oleh keluarga tercinta. Unilever sebagai penyedia kebutuhan rumah tangga berkeinginan agar setiap produk yang dikeluarkan tidak hanya bermanfaat tetapi juga memiliki tujuan yang mulia.

Untuk berpartisipasi dalam tujuan mulia bagi kehidupan yang lebih baik, mama dan anggota keluarga lainnya dapat memberi dukungan dengan cara membeli produk-produk Unilever tertentu yaitu, Lifebuoy, Pepsodent, Domestos, Vixal, Rinso dan Blue Band yang tersedia di Blibli.com periode 1-31 Desember 2016.

Karena setiap produk yang dibeli akan mendonasikan sebesar Rp 1.000,- untuk program edukasi kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan komunitas di sekitar area taman bermain di 5 kota di atas.

Wah asik deh jaman sekarang, belanja kebutuhan bulanan pun bisa online dan juga dapat melakukan misi sosial. Setiap 1000 rupiah yang disumbangkan akan berdonasi untuk masing-masing program sesuai produk yang dibeli. Sebagai contoh, 1000 rupiah dari pembelian deterjen Rinso akan digunakan untuk edukasi komunitas sekitar area bermain publik akan pentingnya mendukung anak bermain di luar ruang.

Program edukasi hasil donasi untuk produk Unilever lainnya dapat dilihat di https://www.blibli.com/promosi/unileverbrightfuture


 
lifebuoy pepsodent blue band vixal domestos
Mari mendukung masa depan cerah yang berkesinambungan

Sambil tetap kumpul bersama keluarga, mama bisa memilih keperluan rumah tangga serta berdonasi untuk kegiatan positif. Memang yang dikhawatirkan dari belanja online apabila kita kebablasan belanja. Tapi... tenang mama, saya punya tips kece loh buat mama-mama soal belanja. Tips penting yang disampaikan oleh  Mba Lany agar bijak dalam berbelanja online.

Pesan dari Mba Lany agar sebelum memutuskan memesan suatu barang, kita dapat membedakan, mana sih yang ingin dan yang betul-betul diperlukan. Dengan begitu mama dapat mensortir kembali daftar belanjaan mama dan tidak membeli barang di luar kebutuhan. Ada juga tips aman yang wajib jadi perhatian, yaitu, untuk tidak berbelanja online di jaringan wi-fi di tempat umum. Karena khawatir kerahasiaan data milik mama dicuri para hacker. Wooh, gitu ya, ngeri... harus selalu waspada ya mamas. Thanks banget tips kecenya Mba Lany.

Habis belanja trus ajak si kecil main di taman ya ma, hehe. Mama bisa mengajak anak ke salah satu taman yang sudah dibangun Unilever di Jakarta. Saya sudah lihat foto-fotonya via google. Seandainya deket, pingin banget ngajak Gavin main di sana, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kenanga, Cideng, Jakarta Pusat.

taman kenanga cideng
Taman Kenanga, bersih dan asri (sumber: jakarta.go.id) 

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa bermain sangat bagus bagi tumbuh kembang anak. Bener loh, Ibu Retno Dewanti pun menerangkan bahwa bermain adalah cara yang menyenangkan untuk belajar tentang hidup. Mama dapat menunjukkan papan-papan edukasi yang terdapat di taman. Sambil bermain, mama bisa menceritakan pentingnya mencuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan dan banyak hal lainnya.

Dengan bermain aktif, otomatis anak juga terhindar dari terus-terusan bermain gadget. Karena gadget juga dibutuhkan, Bu Retno bilang, kita sebagai orang tua bukannya 100% melarang anak memakai gadget, tetapi memberi dengan batasan. Yaitu membuat aturan-aturan sebagai pagar dalam penggunaan gadget oleh anak.

Untuk program edukasi komunitas sendiri akan berlangsung selama 6 sampai 12 bulan. Namun Unilever sangat berharap agar kampanye Bright Future - Selamat tinggal Dunia Lama dapat menggugah semakin banyak pihak lagi untuk memiliki kesadaran dan kepedulian yang sama untuk kehidupan yang lebih baik. Gerakan baik ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak orang dan tentunya juga berkelanjutan.

Tidak hanya sebatas saat kampenye, tetapi dilakukan secara terus menerus dalam keseharian masyarakat. Karena setiap tindakan sekecil apapun apabila dilakukan secara konsisten dan bersama-sama niscaya akan membawa perubahan besar.

Alhamdulillah banyak ilmu dan manfaat yang didapat setelah mengikuti acara The Urban Mama, Selamat Tinggal Dunia Lama. Saya juga ingin berkontribusi terhadap perubahan. Semoga donasi 1000 rupiah dari belanjaan saya, walaupun sedikit tetapi dapat memberi arti. Wassalam. @deravee

sabun lifebuoy
Belanja online produk Unilever dan berdonasi 1000 rupiah (sumber: blibli.com)
theurbanmana
TUMBloggers foto bersama selesai mendapat edukasi Unilever Bright Future (doc. theurbanmama)

You Might Also Like

8 comments

  1. Waahhh.... keren banget ya mami Dewi Unilever dan blibli.com, terharu deh bacanya, mau ikut donasi juga ah. selalu suka deh sama artikel - artikel mami Gavin :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tujuannya muliaa, semoga kita bisa mendukung yaa mak... Wah :") makasi mama Ayu.. Smg bermanfaat ya tulisannya

      Delete
  2. Penting sekali taman bermain untuk anak -anak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pending bgt untuk perkembangan generus bangsa kita ya mak

      Delete
  3. enak..bersih asry gitu tamannya..

    semoga program unilever ini nyampe ke daerah2 juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bikin betah main ya... Iya.. Semua prognya moga makin luas, utk iklan layanan masyarakat sendiri ud byk dilakukan unilever, yg tenth ke pelosok pun sampai

      Delete
  4. aku pingin bgt ikutan komunitas seperti ini ... selain bisa nambah teman juga bisa melakukan sebuah kebaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang gerakan kebaikan skrg juga tumbuh dimana2 ya, cus gabung komunitas Gan

      Delete

Komen aja nggak papa kok jangan malu-malu. Pilih NAME/URL dan isi dengan URL blog ya, jangan url postingan. Terima kasih temaan....

@deravee

Subscribe