Happy Ending Manasik Haji di Islamic Center Bekasi

Wednesday, November 09, 2016

manasik haji

Assalamu'alaikum,
Bertempat di Islamic Center Bekasi, siswa-siswi dari Taman Kanak-kanak yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Bekasi melaksanakan kegiatan Peragaan Manasik Haji pada hari Selasa, 25 Oktober 2016. Termasuk taman kanak-kanak tempat Gavin bersekolah.

Melalui acara ini diharapkan para siswa sejak dini sudah mengenal ibadah haji sebagai salah satu dari 5 rukun islam yang wajib ditunaikan apabila sudah mampu. Dalam kegiatan ini, siswa laki-laki memakai pakaian ihram seperti naik haji yang sebenarnya dan siswa perempuan memakai baju muslim putih seragam sekolah.

Tempat peragaan manasik di Islamic Center masih dalam tahap pembangunan, belum 100% rampung. Tahun lalu memang kegiatan manasik siswa TK belum diadakan di sini melainkan di kantor pemerintah kota Bekasi. Terdapat replika ka'bah di dalam area manasik Islamic Center. Siswa dituntun untuk memeragakan urutan ibadah haji seperti tawaf, sa'i dan melempar Jumrah.

Pesertanya sangat ramai karena di sini berkumpul murid-murid dari berbagai Taman Kanak-kanak yang berada di kota Bekasi. Siswanya banyak, gurunya banyak, emak-emaknya yang ikut nganter juga banyak.

Usaha membawa Gavin manasik ini, ampyuun deh. Dari jauh-jauh hari sudah penuh drama. Gara-garanya Gavin nggak mau pakai baju ihram. Katanya nanti aku diketawain pamer-pamer begini. Maksudnya, Gavin malu takut dikira pamer aurat yaitu pundak :))

Dan bener deh, sampai harinya berangkat manasik, kumpul di sekolah dan ganti kostum ihram, masih juga ngambek. Menolak pakai baju ihram dengan sejuta alasan: malu, gerah, lama. Pusiing maminya. Sudah bolak-balik diberi pengertian masih manyun juga *order stok sabar.


 islamic center bekasi
 
manasik haji

islamic center bekasi
Kapan senyumnya bro?
islamic centre bekasi
murid bersama para guru
Baju ihram pun dipakai dengan terpaksa. Untungnya di perjalanan lama-lama Gavin lupa juga sama ngambeknya karena asyik bercanda dengan teman-teman. Rombongan kami, murid, guru dan pendamping berangkat bersama menggunakan bus.

Sampai di tempat, ibu guru langsung membawa anak-anak ke zona miqat (pemberangkatan). Saya dan ibu-ibu yang ikut mengantar menunggu di teras masjid besar di Islamic. Dari situ kami dapat melihat jalannya peragaan manasik yang sedang berlangsung.

Setiap TK bergantian menuju ka'bah buatan. Antriannya lumayan lama, karena pesertanya begitu banyak. Cuaca cerah dan panas terik. Peragaan dilakukan sesuai urut-urutan beribadah haji. Terakhir setelah selesai melempar Jumrah, murid-murid mendapatkan sekantung kecil kurma dari panitia. Saya sudah khawatir sekali Gavin akan kepanasan dan uring-uringan. Saat saya bertemu kembali dengannya, ternyata,

"Asik Mi manasik, tadi dikasih ini", ucapnya sambil tersenyum dan menunjukkan kurma pada saya.

Huwaa... thanks God, Alhamdulillahirabbil'alamin. Surprise banget akhirnya Gavin enjoy mengikuti acara manasik. Selamat ya Pak Haji cilik ^^. [Happy Ending].

Selesai manasik, rombongan kami melanjutkan perjalanan untuk piknik ke Taman Wiladatika Cibubur, hore... refreshing dulu kita. Bye bye. Wassalam.

kota bekasi

islamic center bekasi

baju ihram

manasik haji

islamic center bekasi

islamic center bekasi

islamic center bekasi


Lagu anak mau ke Mekkah ini bagus sekali, langsung jadi favorit Gavin


jalan Ahmad Yani, Nomor 22, Kota Bekasi, Jawa Barat. - See more at: http://bimasislam.kemenag.go.id/post/berita/islamic-centre-bekasi-oase-islam-di-pusat-kota#sthash.5pwtujhF.dpuf
Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 22
Kota Bekasi, Jawa Barat
Telp. (021) 884 0451

You Might Also Like

13 comments

  1. Aku gagal fokus. Malah merhatiin fotofoto Gavin. Awalnya manyun gitu ya whuahahaha.. lama-lama eh kok fotonya senyum. jadi berasa ikut merasakan isi hatinya gavin deh.. kereeeen, Nak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... makasih tante hujan...Amiin;) anak kecil bisa punya alasan sendiri ya,prinsip pokoknya hehehe

      Delete
  2. Kegiatan seperti ini pastinya jadi pengalaman menarik buat anak-anak ya. Bakal membekas dengan manis dalam benak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, nambah banyak pengalaman ya mereka lewat study tour kaya gini, makasih udah mampir:)

      Delete
  3. Haahaahaa...
    Jadi pundaknya Gavin itu "aurat", yaa...
    Pantesan susah senyum di fotonya.
    Jadi inget dulu anakku pas ikutan manasik haji di lapangan kotamadya Tangerang, mbak Dewi.

    Lucu2 sih yaa anak2 TK itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.... iya miss.. pokonya berpegang teguh pada prinsipnya hehehe.. wah pengalaman si kakak pasti seru juga nih:)

      Delete
  4. Ingat latihan manasik Haji kaka GAvin teringat sulung saya dulu yang juga antusias ikutan manasik haji di PG/TK Umar Bin Khataab dulu, meski masuk angin dan ada bekas kerokan di sana sini.Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi... ya ampun, saking semangatnya ya mba Tanti, seneng sama energinya anak-anak.. walopun punggung banyak asesoris tetep berangkat :))

      Delete
  5. Anakku jg kmrn abis manasik haji. Lucu2 ya mereka. Hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa hihihi... sama yaa mba, yang nomor berapa? 2 ya? hehe, tebak2 berhadiah ;P

      Delete
  6. Waaaah rame pasti ya mak di Islamic Centernyaaaa. Seruuuuuwww. Horeeee, akhirnya gavin bisa senyum juga yaaa... Walaupun ngambek tapi tetep mau difoto ya, kalo iki mah.. Kabur langsung ketemu kamera kl lagi ngambek.. Hihihiii.

    ReplyDelete
  7. Mampir lagi, suka banget liat ekspresi happy anak kecil. Ceritanya asik dibaca mbak.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete
  8. Gav, mirip mamanya ya hihihi..
    Ga sabaran pengen nunggu anak gede, pasti nggak kalah seru kayak kakak gav 🙎

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe