Ajak si Kecil Lakukan 7 Hal Ini di Rumah, Anak Tenang Ibu Senang

Friday, August 05, 2016

kegiatan ibu dan anak

Assalamu'alaikum,
Pada masanya Gavin masih di bawah 4 tahun, Gavin belum mulai sekolah dan kegiatan bermain di luar rumahnya juga belum sebanyak sekarang. Berhubung teman-temannya juga sama-sama masih kecil, semua lebih banyak main dirumahnya sendiri. 

Saat di rumah, maminya harus bagi waktu untuk beresin kerjaan domestik, nggak selalu bisa ada disamping Gavin. Tapi, kadang-kadang pas ditinggal masak atau jemur pakaian, dikit-dikit alarmnya bunyi (manggil-manggil emaknya). Padahal sudah disediain mainan atau disetelin acara tv, tetep aja ada yang salah. Emang problematikanya anak pertama dan belum punya adik kali, temen mainnya belum ada, suka bosen kelamaan main sendiri, jadi dikit-dikit rewel, nyari perhatian.

membantu ibu

Maka saya pun mencoba untuk meminimalisir rengekannya dengan melibatkan Gavin pada aktivitas di rumah. Dengan begini mungkin Gavin tidak merasa terabaikan dan merasa punya peran penting sebagai anggota keluarga. Selain itu manfaat lainnya dapat membuat keterampilan motoriknya semakin terasah serta menumbuhkan jiwa sosial.

Bagi ayahbunda bisa juga mengajak balitanya melakukan hal-hal yang mudah untuknya seperti di bawah ini. Tidak hanya anak balita, anak yang lebih besar juga bisa diajak mengerjakannya. Sedari kecil mengenalkan anak untuk membantu orang tua mudah-mudahan dapat menumbuhkan kepekaannya terhadap keadaan di sekitar agar suka menolong.

7  kegiatan  rumah  tangga  yang  bisa  dilakukan  si  kecil:
1. Membereskan mainannya
Ajak buah hati sedini mungkin untuk bertanggung jawab membereskan mainannya setelah bermain. Tahap pertama ayah atau bunda harus mencontohkannya dulu ya dan mengajak anak untuk mengerjakannya bersama-sama. Nggak bisa serta merta nyuruh anak membereskan mainannya dan ngarep ia akan dengan manis melakukan. Perlu dicontohkan dulu beberapa kali, sampai ia dapat aktif mengerjakannya sendiri.

2. Menaruh baju kotor
Bila mau mandi atau berganti baju sepulang sekolah, pasti baju kotornya harus ditaruh di keranjang baju yang telah dipakai, sampaikan kepada si kecil untuk meletakkan baju kotor pada tempatnya.

3. Mengisi botol minum
Saya tidak memakai dispenser listrik di rumah. Agar punya stok air dingin, saya menyimpan botol-botol minum di kulkas. Kalau lagi ikut ngedapur, saya suka minta tolong Gavin untuk melakukannya.

4. Mengisi kotak es batu
Persediaan es batu kotak-kotak kecil di rumah perlu bukan? untuk sirup kalau pas ada tamu. Lagi-lagi Gavin yang saya mintai pertolongan untuk mengisinya. Sambil nemenin maminya ngupas-ngupas sayur, Gavin dapet tugas juga.

kegiatan anak di rumah

5. Menaruh telur di lemari es
Saya biasanya menyimpan telur di kulkas, sebelum itu telurnya saya cuci dulu lalu ditiriskan. Habis itu tinggal masukin, tapi suka males T_T.  Kadang ditunda-tunda sampe udah dipake setengah, baru deh dimasukkin. Ternyata kalau Gavin lagi nggak kooperatif bermain sendiri, dia semangat banget dimintain tolong yang satu ini. Memang was-was takut ada telur yang jatuh, pernah ada 1 yang jatuh waktu pertama mencoba membantu mami. Tapi nggak papa sih, lama-lama kalau tangannya sudah makin terampil, inshaa Allah aman :)

membantu ibu
6. Mengupas telur
Masih sama-sama berurusan dengan telur, anak bisa juga diajak untuk membantu mengupas kulit telur rebus. Biasanya kalau masak telur balado nih si mami, Gavin yang bagian ngupas. Hasilnya sih pasti nggak mulus, tapi Gavin sudah mau mengerjakannya saja saya sudah senang. Biasanya juga nggak sampai selesai, cuma 1 sampai 3 butir. Mengupas telur bisa mengasah keterampilan motorik halus tangan.

7. Menutup gorden
Pagi-pagi bagian mami buka gorden jendela, kalau mau maghrib, kadang-kadang Gavin yang saya minta untuk menutupnya. Nanti biasanya terbersit pertanyaan darinya, kenapa kalau malam harus tutup jendela. Saya pun menjawabnya... bla bla bla.

*   *   *

Ternyata sambil mengajak anak membantu pekerjaan di rumah, orang tua dapat sambil menstimulasi kecerdasannya ya, gak keluar biaya lagi <penting!>, karena selain tubuhnya aktif bergerak, anak dan orang tua juga bisa terlibat pada berbagai percakapan menarik. Asyik kan, kalau si kecilnya ayahbunda suka melakukan kegiatan apa nih di rumah? Yuk share bareng sama Mami Gavin. Semoga bermanfaat.

7 + 1
eits, TUNGGU, masih ada lagi,
Yang ini bikin Gavin nggak sabar pingin ikut gerecokin maminya, dari awal bulan pasti deh udah bolak-balik nanya, karena di rumah saya kerjaan ini cuma ada setahun sekali, yaitu Gavin menanti-nantikan untuk ikutan mengisi ketupat lebaran ^_^.

membantu ibu

Wassalam,
@deravee

You Might Also Like

21 comments

  1. Replies
    1. Boleh ditambahkan mas Bonadi :) baguss juga,sekalian ngenalin tentang kebersihan sebagian dari iman yaa

      Delete
  2. Iya ya, kenapa anak-anak pada seneng banget kalo diminta tolong bikin es batu. Malah suka ditungguin momen bikin es batu ini ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gitu ya Peh, hihi, baru tau juga banyak yang suka anak-anak, ngeliat tempatnya mungkin ya, jadi penasaran mereka

      Delete
  3. Beberapa kegiatan ada yang sama aku ajarkan untuk Narend. Sejak usianya 1 tahun aku juga secara tidak sengaja udah mengajarkan montessori di rumah. Dari hal2 kecil ternyata itu bisa jadi pembelajaran si anak ya.
    Pelajaran itu gak selalu melalui sekolah ternyata.
    Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pasti seru nih aktifitasnya Narend, setuju banget mak Oline, stimulasi di rumah justru bikin anak mudah belajar di sekolah nantinya ya, insya Allah... makasi udah mampir maak, salam kenal kembali :-*

      Delete
  4. Kalo anak usia menjelang 4 th sudah bisa naruh telur dgn benar ya.. Hahaha... aku suka takut, tar dia salah trs telurnya pecah. Anakku usia 3 th tepat, dan pernah nulis seperti ini juga, utk anak 2-3 thn. Dan jdi nambah ilmu ini utk yg anak 4 thn. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe gavin emang pernah mecahin satu mak Noni :D tapi setelahnya jadi hati2, aku anggep modal belajar aja biar ga senewen, hihi. suka lihat tulisan mak noni di timeline fb aku, dishare sama temen, Andina Hermana, kenal nggak yaa.... :D? trims kunjungannya mak

      Delete
  5. Anakku males banget disuruh beresin mainannya.
    Tapi kalo aku nyuci, dia mau bantu2 dorong keranjang baju cucian yg mau dijemur. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha, lucu banget mak...cucian dan mesin cuci itu emang menarik juga buat mereka yaa...klo disuruh beresin mainan biasanya berjuta alasan >.<

      Delete
  6. Kalau saya mah pernah yang masukin es air untuk dijadikan es batu mbak ternyata buat anak kecil itu menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi banyak anak-anak suka ngisi es batu ya kang Iman, akupun belum banyak tau, seru yaa buat mereka

      Delete
  7. Aku suka ngajak Luna ngepeeel. Walaupun tetep aja akhirnya aku ulang lagi ngepelnya. Hihii. Baru kepikiran yang naruh telur itu mak. Seru pasti ya utk anak-anak. Ngeri pecah ajaaa. Hihihii. Makasi sharingnya ya mak Dew

    ReplyDelete
    Replies
    1. kakak Unaa masih kecil udah rajin ya mak, sini donk ke rumah Gavin... main bareng kok, bukan ngepel :p :p sama-samaa mak Dian, makasi udah mampir

      Delete
  8. Bilqis sudah ku mibtain tolong menyapu mak, karena sudah 9 tahun . kadang dia mau bantuin mencuci, tapi belum saya perbolehkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mak Ria, ngurang2in tugas dikit, mamanya udah seneng :D stuju mak, klo nyuci masih berat, takut kecapean

      Delete
  9. Jadi ga sabar pengen ngajak anak main, semoga segera dipercayakanNYA juga biar bisa aplikasiin tips dari mbak Dewi ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. turut mendoakan ya Alma :) Amin YRA.... hehe iya, apa aja bisa dikerjain bareng nih, yang penting orang tua sempat mengarahkan. makasi udah mampir

      Delete
  10. Emank keren banget mami nya gavin.. top bgt deh. Emank panter kalau disalutin. Mba ratih emank TOP. Jd pengen cepet2 praktekin. Nti kalau udh dipercaya dpt buah hati aq pasti praktekin. Maacih mba ratih yg wokeh banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa ada aunty Mey, ko bisa nyampe sini :'D jadi maluu.... makasih udah mampir Mey, iya Amiin... Turut mendoakan ya... Ini nulisnya pake banyak contekan loh, yang keren contekannya hehehe :-*

      Delete
  11. Emank keren banget mami nya gavin.. top bgt deh. Emank panter kalau disalutin. Mba ratih emank TOP. Jd pengen cepet2 praktekin. Nti kalau udh dipercaya dpt buah hati aq pasti praktekin. Maacih mba ratih yg wokeh banget..

    ReplyDelete

Komen aja nggak papa kok jangan malu-malu. Pilih NAME/URL dan isi dengan URL blog ya, jangan url postingan. Terima kasih temaan....

@deravee

Subscribe