Tips Membuat Anak Tidur Nyenyak

Saturday, March 05, 2016

cerpen.co.id
Yang ngerasa ngacuuung...! (Photo credit: cerpen.co.id)

Tugas IBU
Waktu melihat gambar di atas yang terpasang pada Display Picture Blackberry Messenger(DP BBM) seorang teman, Saya langsung ngakak! Wkwkwkw... iya juga ya? Menjadi ibu yang dipikirkan soal anak setiap hari yang utama adalah makan, minum, tidur sama pupnya. Soal tidur ini nih, Saya sebagai ibu dari anak balita, mulai ngalamin sulitnya mengajak buah hati tidur, baik siang maupun malam. 

Memang di usia balita ini anak sedang aktif mengeksplorasi lingkungan dan mengembangkan keterampilannya, bawaannya mau main terus sampai tidak mau tidur. Tetapi bagaimanapun Saya selalu berusaha agar Gavin dapat tidur siang dan juga tidur cepat di malam hari, karena tidur sangat penting bagi seorang anak.

Pentingnya Tidur Bagi Pertumbuhan
Para ahli banyak mengulas bahwa tidur merupakan salah satu rangsang bagi tumbuh kembang anak. Menurut Kim West , MD., sleep coach dari Annapolis, Maryland, tumbuh kembang anak akan lebih maksimal bila Ia terbiasa tidur siang dan tidur nyenyak sepanjang malam. Karena di saat tidur, tubuh anak akan memproduksi hormon pertumbuhan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya (artinya: anak yang cukup istirahat akan lebih jarang sakit). 

Tidur juga berpengaruh bagi kecerdasan anak, karena saat tidur otak anak akan merekam kembali semua hal yang sudah dipelajari sebelumnya. Robert Beckerman, M.D., dokter spesialis gangguan tidur dari Children's Mercy Hospital and Clinics, Kansas City, Missouri mengatakan tidur berkualitas akan mempengaruhi kemampuan anak untuk berkonsentrasi, mengerti, bahkan melakukan hal yang mudah sekalipun.

Agar anak dapat tidur nyenyak, sebagai orang tua tentu kita harus membuat situasi senyaman mungkin, yaitu rumah yang bebas dari nyamuk. Sebelumnya Saya sudah pernah menuliskan tips 'Bagaimana membuat rumah bebas nyamuk.' Selain itu perlu juga menyiapkan dan menjaga beberapa hal agar anak tidur nyenyak. Saya ingin berbagi tipsnya disini berdasarkan pengalaman saya sebagai ibu:


tidur


Rahasia Agar Gavin Tidur Nyenyak:
  • Kamar serta kasur yang bersih. 
Masalah kebersihan sudah tentu wajib diperhatikan ya, tidak hanya berpengaruh untuk istirahat yang berkualitas tetapi juga bagi kesehatan. Walaupun di pagi hari Saya sudah membersihkan kamar, menyapu dan mengepel, setiap mau tidur, Saya selalu membersihkan kamar kembali dengan ngebutin (menyapu lidi) kasur dan menyapu lantai.

  • Kamar bebas dari nyamuk.
Kalau tidur digigitin nyamuk, gimana mau pules. Makanya sebelum tidur, Saya sudah mengusir nyamuk dengan Baygon Liquid Elektrik yang Saya pasang minimal 30 menit sebelum waktu tidur. Setelah memasang Baygon, kondisi kamar harus selalu tertutup, minimalkan frekuensi keluar-masuk kamar, agar nyamuk tidak masuk lagi.

baygon
Baygon Liquid Elektrik

  • Suhu kamar yang sejuk.
Supaya tidur nyaman dan nyenyak, nyalakan pendingin ruangan dengan suhu yang tidak terlalu dingin maupun terlalu hangat.

  • Mematikan lampu.
Kami sekeluarga selalu tidur dengan lampu dimatikan, sehingga Gavin pun sudah terbiasa dengan ritual mematikan lampu sebelum mau bobo, malah Saya yang kadang lupa mematikan lampu dan Ia pun langsung protes "Mi matiin lampunya donk", hihihi... "Siap bos!". Tidur dalam ruangan yang gelap adalah salah satu cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

  • Memakai baju tidur yang nyaman.
Baju tidur yang nyaman adalah yang bahannya tidak panas dan menyerap keringat, biasanya adalah baju kaos dengan bahan katun.

  • Sudah cukup makan.
Agar anak tidur pulas pastikan Ia sudah makan, supaya nggak rewel kelaparan karena perutnya dangdutan keroncongan. Memberi makan anak yang baik menurut tipsbayi.com adalah satu jam sebelum tidur.
  • Tidak terlalu lelah.
Sebelumnya pernah terpikir oleh Saya, jika seorang anak sudah sangat lelah, tentu akan tidur pulas. Namun tidak dengan pengalaman Saya, terlalu lelah justru dapat membuat istirahat Gavin tidak nyenyak. Biasanya membuat Gavin rewel di tengah malam atau mengigau, mungkin badannya pegal atau ada hal-hal yang tidak enak yang dialaminya dan terbawa dalam mimpi. Aktivitas anak balita yang banyak bergerak jelas sangat menguras energinya. Oleh karenanya disinilah pentingnya tidur siang, memulihkan tenaganya kembali dan menyegarkan otaknya. Walaupun di usianya saat ini Gavin mulai sulit diajak tidur siang, tetapi Saya selalu menyuruhnya untuk tidur, agar di malam hari tidurnya pun nyenyak. Kadang-kadang Saya sengaja pura-pura tidur terlebih dahulu dan lumayan berhasil, biasanya nggak lama Ia menyusul tidur juga.

  • Hari yang menyenangkan.
Membuat anak bahagia adalah memberikannya kesempatan bermain (beraktivitas) yang cukup, menyempatkan waktu untuk mengobrol dan mendengarkan ceritanya, juga mencukupi semua kebutuhan sehari-harinya dengan baik. Bila anak dalam keadaan murung dan sedih dapat terbawa dalam tidurnya, yang dapat mengurangi kualitas istirahat anak.

*  *  *

baygon liquid elektrik


Anak yang sehat, cerdas dan ceria merupakan dambaan setiap orang tua dan kebutuhan tidur anak menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhinya. Dengan tidur yang baik akan membuat tumbuh kembang anak semakin optimal. Semoga tips yang Saya bagikan dapat bermanfaat bagi Mama Papa semua. Selamat tidur dan mimpi indah. Mau bobo dulu ah #eeh.

Love,
DRP
Referensi:
  • http://www.ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/senang-tidur-larut-malamayahbunda: manfaat tidur untuk bayi
  • http://www.parents.co.id/2015/12/01/building-a-gimbal-in-rust-an-introduction/
  • http://www.klikdokter.com/healthnewstopics/topik-utama/tidur-di-ruangan-gelap-lebih-dianjurkan
  • http://www.tipsbayi.com/tidur-bayi-anda-tidak-nyenyak-ketahui-sebab-dan-solusinya.html

You Might Also Like

11 comments

  1. Terima kasih tipsnya. Iya bener dgn aktivitas cukup (yg bikin capek) biasanya sih anak2 lbh lelap tidur malamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb April..klo cukup aktivitas (yg bergerak terutama), energinya tersalurkan, hati bahagia, tidurpun tenang hehehe.. Sama2 mbaa

      Delete
  2. Ghifa saat ini baru berusia 6 bulan juga saya biasakan untuk teratur jam tidurnya. Soalnya kalau kurang nyenyak tidurnya dia juga rewel. Kan kasihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mak Ikaa, klo udah rewel jadwal harian anak smua2 buyar deh... Kiss buat dd Ghifa

      Delete
  3. yang paling menggangu tuh nyamuk dan panas. Cirebon tuh panas jadi buat anak gelisah. sampaia khirnya pasang AC

    ReplyDelete
  4. tengkiu tipsnya ya mak, berguna bgd nih bwt aku yg sering dihadapkn dg problema si ken yg susah diajak tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mak Inda..iya sama ya mak, urusan tidur aja penuh drama :D

      Delete
  5. Kalau saya kebalikannya Mbak...kebiasaan nyalain lampu saat tidur, kalau lampu mati malah sulit tidur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gitu yaa Ren..ayo dcoba bertahap pake lampu tidur dulu, hehe

      Delete
  6. Aku juga pakai baygon elektrik mba. Tp setelah diidupin 2jam-an gitu trus kumatiin. Lumayan membantu soale anakku tukang begadang semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mayang ya mb pada tukang begadang :D iya klo nyolok sampe pagi takut juga ya, makasi ud mampir mak Windi

      Delete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe