Ayam Bakar Enak? Ini Rahasianya!

Wednesday, February 24, 2016

ayam goreng

Ayam bakar menjadi salah satu menu spesial di rumah Saya. Terdapat 2 tahap proses memasak untuk membuat ayam bakar. Pertama ayam di ungkep bersama bumbu-bumbu dan kedua adalah membakar/memanggang ayam. Resep Ayam Ungkep sudah Saya tuliskan dan dapat dilihat DISINI ya.

Dulu Saya kira membuat ayam bakar yang enak itu cukup dengan mengoleskan ayam pada kecap dan memanggangnya setelah ayam sudah diungkep. Ternyata Saya salah, ada tambahan bumbu rahasia yang akan membuat cita rasa Ayam Bakar menjadi sedap bak ayam bakar di restaurant! Rahasianya terletak pada bumbu yang DIOLESKAN sesaat sebelum ayam dipanggang. Apa sih RAHASIANYA?? Silahkan disimak ya...

Resep Membuat Ayam Bakar:
1. Sisihkan ayam yang sudah di ungkep.

2. Siapkan Bumbu Olesan Ayam Bakar, yaitu (*untuk 1 ekor ayam):
  • Haluskan 4 siung bawang merah, 3 buah cabai merah dan satu sendok teh terasi bakar,
  • Lumuri dengan kecap, aduk rata.

3. Oleskan ayam pada bumbu secara merata, diamkan sebentar, kemudian panggang sampai matang.

4. Angkat dan sajikan.

Saya biasa memanggang ayam menggunakan Happy Call, tetapi kadang kangen juga sama cita rasa khas ayam bakar yang dipanggang dengan arang. Kebetulan Saya pernah membeli penjepit untuk alat memanggang, berhubung untuk menyiapkan perlengkapan memanggang dengan arang cukup sulit dan memakan waktu, Saya mencoba memanggangnya di atas kompor. Ternyata bisa juga dan hasilnya tidak gosong, wuenak banget, haha. Yang penting ayam selalu di angkat ketika dipanggang, tidak langsung menempel pada tungku dan selalu di bolak-balik.

resep ayam bakar
Tak ada arang, kompor pun jadi :p

Memang sih jadinya banyak kecap yang menetes-netes dan mengotori kompor, tetapi cuma sedikit kok, lagipula nggak apa-apalah demi ayam bakar yang lezat hehehe. Setelah  itu langsung dibersihkan bisa cling lagi. Ingat, langsung dibersihkan yaa... Kalau ditunda-tunda nanti bisa terlanjur kering dan berkerak.

Ayam bakarku sudah matang. Siap santap bersama keluarga tercinta. Rasanya nikmat banget, tidak kalah enak sama ayam bakar di rumah makan, sedap dan aroma khas ayam pangggangnya itu loch...! Hmm... semerbak nan menggoda, nyaamm. Sajikan dengan nasi hangat, tahu-tempe, lalapan dan sambal terasi. Selamat mencoba.

ayam bakar
Ayam bakar siap dinikmati bersama keluarga tercinta

Love,
DRP

You Might Also Like

13 comments

  1. maknyus nih mbak...saya sedih juga gak punya bakaran hahaha
    @cputriarty

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iy mak smoga sih maknyus :p ga punya bakaran tapi punya oven yaa mak...ah suka gitu deh hihi

      Delete
  2. Saya gak punya bakaran, apalagi hepikol, tapi ada wajan flat gtu bisa gak ya, yg flat kyk hepikol cuma gak double pan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat grill fillet ya klo yg flat gitu mak? Aq jg blom bisa jwb nih, haha, baiknya d coba dulu aja mak :D bisa juga sih, pakai api besar dan dtutup

      Delete
  3. memang bumbunya yang bikin enak. Jaman jadi mahasiswa kalau bakar2 ya cuma pakai kecap doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya maak,, wah dulu d kosan aq juga suka bakar2 mak, nostalgia deh :)

      Delete
  4. Saya kalau bakar ayam langsung pakai wajan grilled pan itu mak :) maklum, ga punya jaring pengapit yang kaya di gambar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihh mak Ipeh, yg itu justru lebih kece mak, hihihi

      Delete
  5. waah makasih resep dan tipsnya ya, pengen langsung cobain ah buat makan siang anak-anak :)

    ReplyDelete
  6. Sama2 mba Zata...mau donk dkirimin hehe

    ReplyDelete
  7. sebagai penggemar ayam bakar, bahagiaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduhayy,jingkrak2 deh aku bikin bahagia mak seleeb :D:D

      Delete
  8. wahh, tidak memakai arang pun masih bisa ya menggunakan kompor, tapi mungkin akan lebih enak bila memakai arang..

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe