10 PROGRAM ISTIMEWA UNTUK PERUBAHAN

Monday, January 25, 2016

lomba blog


Kalau mengingat awal mula saya membuat blog, rasanya jadi malu sendiri. Waktu itu tujuan saya membuat blog sama sekali bukan untuk ngeblog sebagaimana fungsinya, malahan hanya untuk menyimpan foto-foto, dangkal banget tujuannya. Sebabnya karena untuk melakukan “pemindahan data”  dengan handphone (hp) yang saya gunakan sulit sekali, tidak sesederhana memasang kabel data dan menyambungkannya ke laptop. Sementara memori hp sudah penuh, saya butuh space untuk mengambil foto-foto baru maupun menggunakan aplikasi. Saya merasa lebih mudah mengaksesnya kembali jika menyimpan foto di blog dibandingkan bila saya menyimpannya di storage online seperti dropbox, i-cloud ataupun album foto online seperti flickr dan photobucket, singkat pikiran saya.

Selama ini saya tidak begitu perhatian dengan blog orang lain, tetapi setelah saya membuat sebuah akun blog, walaupun tidak sesuai pada kegunaannya, tiba-tiba saya mulai tertarik mengintip blogger lain. “Wow, keren-keren banget sih, isinya berbobot!”, saya terkejut. Alamak.. gimana kalau sampai orang lain melihat blog saya? Isinya postingan asal-asalan yang hanya memajang foto-foto tidak beraturan. Aduh, malu-maluin banget. Saya bergegas menghapus foto-foto tersebut. Setelah menghapusnya, saya mulai tertarik untuk menulis juga, sekadar menyimpan kenangan dari hal-hal yang saya alami atau kerjakan, niat saya. Alhamdulillah jika sekiranya dapat juga bermanfaat untuk khalayak banyak seperti blog orang-orang. Maka saya pun memulai blog saya dengan tulisan amatir nan sederhana berupa foto dengan 2 atau 3 kalimat yang mendeskripsikannya. 

Pada suatu saat ketika sedang blogwalking, saya terdampar pada sebuah blog yang eye-catchy, bila saya sebutkan ciri-cirinya, mungkin emak-emak juga mengenalnya. Blog tersebut adalah blog dengan template berwarna coklat dan berlatar belakang siluet kota New York pada waktu itu. Isinya bercerita tentang petualangan ibu dan anak pada tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi, seru sekali. Saya jatuh hati dengan desainnya juga kisahnya, asyik sekali ya bisa mendokumentasikan petualangan pribadi, saya jadi kepingin juga. Kemudian mata saya pun menyapu seluruh halaman dan langsung terpaku pada sebuah banner berlogo Kumpulan Emak Blogger. Apa ini? Rasa ingin tahu seketika menghinggapi, tanpa berlama-lama saya langsung meng-klik logo itu dan segera berada di website dengan nama yang sama yang tertera pada logo tadi: Kumpulan Emak Blogger (KEB). “Wah bagus banget”, ujar saya, tak lama kemudian saya pun  menuju menu “About” untuk mencari tahu lebih jauh dan tanpa tergoda untuk membuka situs lain, jari saya segera meng-klik “Cara Gabung”.

Oke, setelah saya baca dengan seksama, salah satu syaratnya adalah memiliki minimal 5 tulisan. Saya bergegas mengecek postingan sendiri, yang ternyata memang pas-pasan berjumlah 5 tulisan. Cuss... saya pun langsung melayangkan permohonan bergabung (waktu itu masih lewat Facebook/FB kepada salah satu makmin lewat inbox FB personalnya). Maka Saya segera mengajukan permohonan kepada mak Mira Sahid. Alhamdulillah, si empunya blog ala kadarnya ini beruntung juga dapat diterima. Saya pun mulai bisa mengikuti kegiatan yang ada di KEB dan melihat up-date dari tulisan anggota KEB lainnya. Wuahh… disaat itulah saya kembali mendapat kejutan.

dewi ratih
Inbox konfirmasi dari Makpon Mira Sahid yang kunanti-nanti

Bagaimana tidak, setelah saya berada di grup KEB dan dapat mengunjungi blog emak lain, disitulah saya baru mengetahui, betapa emak-emak disini “kaya” dengan segala pernak-pernik dunia blog-nya, sedangkan saya, penulis dengan desain blog awut-awutan, konten amatir serta tanpa prestasi. Oalaah, ternyata… saya baru  sadar sekarang, saya ini nekat juga nyemplung di sini, di antara orang-orang hebat, tanpa ada modal ilmu apapun soal ngeblog, mulai dari membuat tampilan blog yang menarik, foto-foto yang berkualitas, teknik SEO dan sebagainya. Lalu keberuntungan saya pada waktu itu dapat bergabung di dalam Kumpulan Emak Blogger segera berganti dengan ketakjuban kepada emak-emak luar biasa disini. Ini cerita saya apa adanya, mungkin semua keterkejutan saya adalah hal biasa bagi orang lain, tetapi bagi saya tidak. Maka saya pun mendokumentasikan kejutan-kejutan sebagai pendatang baru di KEB sebagai berikut.

7 Kejutan Masuk Kumpulan Emak Blogger:
1.    Desain blog emak-emak sungguh cantik.
Melihat desain blog teman-teman KEB yang cantik dan keren-keren rasanya jauh sekali dari tampilan blog saya.
2.    Tulisan para emak yang berkualitas.
Tulisan emak pada masing-masing blognya betul-betul sarat ilmu dan  informasi.
3.    Kreativitas
Foto-foto yang ditampilkan emak KEB selalu bagus dan penuh kreasi.  “Apa bisa Saya bikin kaya gitu juga?”
4.    Adanya artikel yang ditulis untuk berlomba. Saya benar-benar baru melek soal ini sejak masuk KEB, ternyata banyak sekali kesempatan mengasah kemampuan di dunia blog dengan mengikuti kompetisi.
5.    Adanya artikel yang menulis tentang suatu produk (review). Saya juga baru mengetahui hal ini, adanya teman emak-emak yang mendedikasikan diri khusus untuk mengulas suatu produk, terutama produk kecantikan, sesuai dengan dunia emak-emak.
6.    Dapat membaca sharing ilmu (artikel) soal ngeblog. Ilmu-ilmu baru untuk meningkatkan kualitas blog sangat banyak dan tersedia di KEB.
7.    Adanya kesempatan untuk menghadiri event, baik event perkumpulan blogger, blogging workshop, undangan launching produk dan lain-lain.

Semuanya sangat menarik dan seru. Tidak heran untuk seorang saya sampai terkaget-kaget setelah berada di antara emak KEB. Kemudiaaannn…. MINDER, huhuhu…  Ya pasti banget, melihat blog-blog super kece, membaca ilmu-ilmu ajib seputar blogging, lah guwee??! Nyungseb aja deh. Nggak tahu apa-apa, nggak ngerti apa-apa, nggak ada apa-apanya, berasa jauhh banget.
* * * 
Minder lalu nggak berbuat apa-apa? Wis, mana pantes jadi anggota KEB, berarti saya menyia-nyiakan kesempatan dan kepercayaan yang diberikan makpon Mira Sahid serta Board KEB dong. Ayo bangkit, bangkit, bangkit, yel yel di kepala saya. Ya sudah, ngapain baper lama-lama, nulis mah nulis aja, begitu tekad saya. Toh niat awal saya mulai mengisi blog adalah menyimpan momen-momen yang saya lalui dalam hidup bersama keluarga tercinta. 

XL 4G LTE
Online pakai internet XL 4G LTE andalan, bisa cek status kuota, sisa pulsa, dan masa aktif di my.xl.co.id

Alhamdulillah, nggak sampai mundur, walaupun dengan blog dan kemampuan seadanya, saya tetap online dan ngeblog melalui tethering internet dari hp dan dukungan paket data XL 4G LTE yang handal. Saya pun tidak mau terpuruk begitu saja dalam keterbatasan sedangkan kesempatan belajar terbuka lebar di depan saya. Pelan-pelan saya mulai merapihkan tatanan blog, membaca artikel seputar blogging, dan mulai memberanikan diri mengikuti kompetisi blog.

dewi ratih purnama

Saya belajar pelan-pelan tentang blogging sambil mempraktekkannya. Cara belajar pun masih online, belum sempat mengikuti workshop offline, tak ketinggalan saya juga selalu menyempatkan blogwalking, menimba ilmu dari tulisan para emak lainnya. Kalau orang lain bisa, mengapa saya tidak, semangat saya, sama sekali bukan ke-pede-an, karena sampai sekarang pun saya masih tidak pe-de, masih banyak yang harus diperbaiki dari blog saya, saya juga bukan blogger dengan latar belakang penulis atau jurnalis, tidak pernah belajar teknik menulis yang baik, juga tidak punya kemampuan desain grafis, tetapi saya meyakini Allah menciptakan akal dan pikiran kepada setiap hambanya, itu sudah merupakan anugerah luar biasa yang harus kita syukuri dan pergunakan dengan sebaik-baiknya dan juga selalu ada jalan untuk hambanya yang berusaha dan tawakkal.

“Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar” – Pepatah.

Saya tidak ambisius tetapi saya tidak pantang menyerah, jalani dengan mengalir saja. Saya senang sekali dan bersyukur bisa menjadi bagian dari Kumpulan Emak Blogger yang banyak membawa perubahan dalam hidup saya.

Perubahan yang saya rasakan setelah menjadi anggota KEB:
  1. Perubahan yang paling berharga tentunya dengan semakin banyak tulisan yang saya buat. Hal tersebut saya rasakan terutama lebih sebagai penghargaan terhadap diri sendiri dan harapan saya semoga juga dapat memberikan manfaat positif bagi orang lain.    
  2. Bertambahnya ilmu pengetahuan dari proses belajar mengenai pengembangan blog juga blogwalking.
  3. Makin banyak teman dan saudara sesama blogger.
  4. Berkah rezeki dari kompetisi blog.
Mungkin saja pengalaman yang saya rasakan juga pernah dirasakan emak lain, yang pasti jangan pernah merasa malu untuk terus menulis, karena berada di KEB adalah untuk sama-sama belajar dan berkarya. 
* * *

KEB digagas oleh emak blogger Mira Sahid pada tanggal 18 Januari 2012 melalui laman group Facebook dan dalam waktu 1 hari 100-an lebih blogger perempuan bergabung di group ini. Sekarang jumlah anggota KEB bahkan sudah mencapai angka 2009 (per tanggal 22 Jan. 2016). Subhanallah, emak-emak segitu banyak kalau berkumpul semua seperti apa ya. Emak-emak KEB ini tersebar di seluruh penjuru negeri bahkan juga di luar negeri.  Dalam jumlah yang terus menerus bertambah, keragaman domisili dan latar belakang anggotanya yang beraneka ragam bahkan minat menulis yang berbeda satu sama lain tentu bukanlah hal mudah bagi para Makmin dan Board KEB mengelola semua aspirasi para emak. 

mira sahid makpon

Demi memfasilitasi aspirasi serta keinginan belajar para emak yang berbeda-beda ini, KEB pun tidak kekurangan strategi. Program-program menarik ada di KEB, apa saja program tersebut? Yuk disimak:

10 Program Istimewa Untuk Perubahan – Kumpulan Emak Blogger: 
1.    Workshop offline dengan nama Arisan Ilmu dan hastagh-nya #ArisanIlmu. Arisan Ilmu adalah kopi darat dan workshop berbagi ilmu seputar optimasi dunia blogging yang diadakan oleh KEB bergilir di beberapa kota setiap satu bulan sekali.
2.   Artikel Berbagi dengan hastagh-nya #ArtikelBerbagi. Artikel Berbagi adalah artikel yang ditulis oleh kontributor emak dan di publish di Group Facebook KEB setiap hari Senin. Sesi tanya jawab juga dilangsungkan dengan emak penulis Artikel Berbagi setelah tulisan di publish.
3.      Blog Of The Month atau BOTM adalah pemilihan terhadap salah satu blog emak yang menginspirasi yang diadakan satu bulan sekali oleh KEB. KEB juga mengadakan sesi tanya jawab dengan Emak BOTM di Twitter.
4.   Program RETWEET blog para emak di Twitter oleh Makmin Twitter KEB. Bagi para emak yang memiliki postingan terbaru, KEB memberikan kesempatan kepada emak untuk men-tweet judul serta link blog emak dan mention ke akun Twitter KEB di @emak2blogger dengan hashtag #UpdateEmak. Makmin yang bertugas dengan sukarela akan me-RETWEET update dari link postingan kita, hal ini membuka kesempatan luas blog kita mendapatkan pengunjung.
5.   Artikel-artikel bermanfaat tersedia di website KEB, tidak terbatas hanya bagi emak anggota KEB tetapi siapa saja dapat membacanya. Artikel tersebut merupakan tulisan emak kontributor terpilih di KEB.
6.    Info lomba blog dan giveaway yang selalu dibagikan oleh sesama anggota KEB maupun oleh makmin di dalam Group FB KEB.
7.   File-file dari Artikel Berbagi terdahulu yang bebas dibaca kapan saja demi meningkatkan kemampuan ngeblog para emak.
8.  Undangan untuk mengikuti event. Hampir setiap minggu KEB selalu mengajak anggotanya untuk menghadiri suatu event dimana event tersebut bukan hanya diselenggarakan di ibu kota, tetapi juga di berbagai kota lainnya.
9.    Menjembatani para emak untuk dapat bekerjasama dengan brand-brand terkemuka. Emak dapat mengulas dan menyebarluaskan suatu produk dengan timbal balik penawaran istimewa oleh agency kepada para emak sebagai kontribusinya. 
10. Memfasilitasi para emak untuk menyebarkan postingan blognya pada timeline Group Facebook KEB, sehingga setiap emak memiliki kesempatan untuk dikunjungi dan mengunjungi.

Bagaimana? Luar biasa dan betul-betul menarik bukan apa yang disuguhkan oleh para srikandi Kumpulan Emak Blogger, pokoknya keren banget, asyik banget, seru banget, semuanya yang T-O-P deh untuk Board KEB. Sebagai hiburan untuk anggotanya, KEB juga sering loh mengadakan quis berhadiah. Poin-poin di atas adalah catatan saya pribadi sebagai anggota KEB, mohon dimaafkan  apabila ada kata-kata maupun keterangan yang salah, saya siap menerima koreksinya dan jika ada yang terlewat mohon ditambahkan ya Mak.

http://emak2blogger.com
Sumber: http://emak2blogger.com/

Program-program terbaik yang diberikan oleh tim KEB hadir demi mengembangkan aspirasi dan memfasilitasi potensi menulis dari setiap anggotanya. Maka semua usaha para makmin cantik pun memberikan perubahan yang sangat berarti untuk para emak yang secara keseluruhan juga memberikan dampak positif di dalam dunia ilmu pengetahuan dan informasi di masyarakat.

Berbagai karya sudah dihasilkan oleh para emak KEB mulai dari menjuarai kompetisi menulis dan memberikan kontribusi ide kreatif bagi penyelenggaranya, menjadi penulis di media cetak dan online, menerbitkan novel, buku, antologi dan lain sebagainya. Semua tulisan yang dihasilkan oleh lebih dari dua ribu emak yang tergabung dalam KEB merupakan karya-karya yang sangat bermanfaat, menginspirasi, dan memberi perubahan.

Hal tersebut tentu tidak lepas dari dukungan dan peran serta komunitas Kumpulan Emak Blogger. Perbedaan yang sangat banyak di antara kami emak KEB justru menjadikan kami saling melengkapi dan mendukung satu sama lain. Masing-masing emak mempunyai kemampuan yang mumpuni dibidangnya tetapi selalu ada untuk saling mendukung. Kumpulan Emak Blogger sesuai tagline-nya yaitu Inspirasi Perempuan, Kami Ada untuk Berbagi. Maka dalam berbagai indahnya perbedaan, KEB akan terus berkarya dan berbagi, menciptakan tulisan-tulisan yang membawa perubahan bagi dunia di segala bidang. Salam sukses dan maju terus untuk KEB, tetap semangat menulis emak-emak kesayangan. Tak lupa saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sudah menerima saya sebagai bagian dari keluarga KEB. Bagi teman-teman yang mempunyai minat di bidang tulis-menulis, yuk bergabung dan maju bersama KEB. Selamat ulang tahun yang ke-4 Kumpulan Emak Blogger.

 Kumpulan Emak-emak Blogger

http://emak2blogger.com
Facebook : http://facebook.com/groups/emak2blogger
Twitter : @emak2blogger
Email : emak2blogger[at]gmail[dot]com

http://emak2blogger.com/2016/01/20/lomba-blog-4tahunkeb-dan-xl-berhadiah-lebih-dari-rp-10-juta/
Love,
DRP

Referensi:
http://emak2blogger.com
http://facebook.com/groups/emak2blogger
http://mirasahid.com/cerita-di-balik-blog-inspirasi-mama/

You Might Also Like

19 comments

  1. blog saya sendiri masih acak-kadut, isinya masih jauh disebut berkualitas, inginnya berubah menjadi lebih baik lagi, pelan-pelan saja. Saya percaya komunitas yang menggiring kita menuju arah yang baik pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi aku mak, hehe..masih lebih kepingin nulis apa adanya yg dipikiran. Mak Lidha blognya mah unyuu, asik diliatnya, makasi mak ud berkunjung

      Delete
  2. Yaa ampun mak dewi kereeennn banget info dan ulasannya. Mak Dewi,blognya asoy geboy gini juga :-),, aku mau donk banyak belajar sama emak.. Ilmuku masih dikit banyak, baru tau blog aja tahun kemarin.. Ayoo mak ajarin aku.. #ngarep

    SUKSES MAK..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amiinn...makasi banyak yaa mak Fera,ihihi,nyomot gbr2 HD aq mak,biar ikut kliatan bagus blognya wkwk.yuk mak bljr bareng

      Delete
  3. Oo banyak manfaatnya y gabung KEB. Ulasannya bagus Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mak Wid, insyaAllah betah ya:) apalagi klo rajin ngubek file2nya, makin kepo deh, makasi ya udah main2

      Delete
  4. Lengkap ulasannya yah mak dew, salam kenal. Aku baru2 aja gabung di KEB padahal taunya udah lama hehe. .klo mba udah dari lama yaaa pasti serruu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mak Suci, salam kenal ya:) hihi makasih, aq ud setaunan lah mak, tp ga ngikutin awalnya, baru rutin update grup2 bulanan ini..iya seruu, selamat bergabung ya mak

      Delete
  5. Udah ada pemenang nya belum makk? Aku gak ikutan sih.. Hehehe.. Tapi member KEB kece kece blog nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum nampaknya Ast..setuju bgt, member KEB si mastah2, hehe...

      Delete
  6. I love your website, I would appreciate it for a good read this...!!!
    Do not forget a visit back to my website: www.exotismabes.com

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe