Ide Bermain: Tenda Selimut

Saturday, September 26, 2015

Gavin tertidur ditendanya (foto pribadi)

Lucu banget Gavin, sangking ngantuknya, sampai ketiduran di tenda. Mami lagi menyiapkan makan malam buat Gavin, karena tadi Gavin bilang mau makan lagi. Untungnya sore-sore sudah makan seperti biasa. Enak ya sayang tidur di tenda, kelihatannya nyaman banget. Seakan Gavin mempunyai tempat rahasianya sendiri.


photo credit: Velorutionary-flickr.com. edited by writer

Ceritanya sebulanan ini Gavin senang sekali minta dibuatkan tenda-tendaan di kamar. Sebelumnya Gavin memang pernah juga bermain tenda-tendaan, tapi lumayan sudah lama. Mungkin hampir setahun yang lalu. Tendanya juga bukan tenda sebenarnya, maupun mainan tenda-tendaan anak yang seperti tenda asli, hanya tenda dari kursi dan selimut.

"Tenda Penuh Cinta" lah namanya (daripada bilang tenda a la kadarnya) hihihi. Karena membuat tendanya hanya bermodalkan kursi meja makan dan selimut. Waktu dulu mainnya di ruang tengah. Kursi makan disusun menjadi tiang, lalu ditutupi selimut. Tadaa... Jadi deh si tenda penuh cinta. Gavin seneeng banget waktu pertama diajak main tenda-tendaan ini!

Seiring waktu, bermain tenda-tendaan dengan kursi makan terlupakan dengan sendirinya.

Lalu sejak awal bulan ini, ketika sedang santai pada malam hari di kamar, saya melihat Gavin sedang sibuk menarik-narik selimut. Selimut tersebut dimainkan bersama bantal untuk dibuat rumah-rumahan. Tiba-tiba saya terbersit ide, "Wah, buatin tenda ah buat Gavin di kamar" ujar saya dalam hati.

Saya langsung mengambil sebuah kursi kerja yang ada di kamar, menumpuk bantal-bantal di ujung tempat tidur, lalu saya bentangkan selimut diatasnya dan saya alasi lantai kamar dengan karpet. Jadi deh tenda-tendaan lagi. Yeay, Gavin semangat kepingin cepat-cepat masuk ke dalam tenda.

Dan sambil bermain pun sambil belajar. Saya mengajak Gavin berpura-pura (play-pretend) sedang berkemah. Inti dari kegiatan berkemah adalah bermalam atau menginap di dalam tenda. Maka sambil asyik bermain  saya pun menyisipkan tentang: 
- Adanya siang dan malam,
- Kondisi alam apa yang menjadi pembeda antara siang dan malam seperti matahari dan bulan,
- Juga apa saja kegiatan yang dilakukan antara pagi, siang dan malam.

Ditambah dengan berbagai imajinasi Gavin, seru banget! Bisa banyak permainan yang dilakukan. Anak senang ilmu pun bertambah, Alhamdulillah. Bahagia itu sederhana.

Hayoo siapa yang mau berkemah bareng Gavin?:)


Love,
@deravee

You Might Also Like

10 comments

  1. Duh Gavin. Bikin inget waktu kecil aja. Dulu aku juga suka main tenda2an loh. Terus komentar ibu yang saat itu maksudnya mungkin mau becanda, pernah bilang : Wah, ini rumah nenek sihir ya? Sejak itu aku suka ketawa sendiri kalau ingat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Ternyata nenek sihir tinggalnya di tenda ya Ipeh?hihi.. Emg seru ya main tenda

      Delete
  2. Klo kyk gitu berasa kemah2an ya plus anget tentunyah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya Gusti, berasa hangat dan privacy banget^^

      Delete
  3. Waah.. Naia juga suka nih maak main tenda2an gini. Paling sering pakai gantungan handuk, haha. Yuk main bareng yuuuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Naia, pengen liat donk tenda handuknya hehehe...ayoo qt main bareng:)

      Delete
  4. ikutan dunk Gavin..ini mainan ibu 3 boys dan adik2 waktu kecil nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memori masa kecil ya mak. Raffa main yuk bareng Gavin:)

      Delete
  5. Hlah.. ini mainan ane waktu kecil dulu :D hahaha

    ReplyDelete

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Komen yuuk.... :)

Cara isi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL blog yaa... jangan url postingan. Terima kasih temaan.... :-*

@deravee

Subscribe