Bermain di Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta

Friday, July 31, 2015


Sejak membaca artikel tentang Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta di Theurbanmama, Saya bercita-cita sekali mengajak Gavin kesana. Menarik sekali, ada perpustakaan umum dan anak yang disertai area bermain di Indonesia yang dibuka secara gratis dengan fasilitas yang bagus juga lengkap.

Hari itu, Rabu, 23 Juli 2015 berangkatlah Saya, Gavin dan tante Farah ke lokasi. Kebetulan sekali hari itu adalah Hari Anak Nasional, spesial buat anak nih ceritanya, hehe... Lokasi Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta terletak di Cikini, di komplek Taman Ismail Marzuki. Mungkin warga Jakarta dan sekitarnya lebih mengenal komplek TIM dengan Planetarium.


PERPUSTAKAAN UMUM DKI JAKARTA
Kompleks Taman Ismaill Marzuki - Jakarta Pusat




Masuk dari gerbang Taman Ismail Marzuki, belok ke kanan, gedung perpustakaan ada di sebelah kanan gedung Planetarium. Beranjaklah kami kesana. Wah, kesan pertama adalah baguus! Dari depan memasuki gedung, tempatnya masih baru, bersih, dan terang. Dari lantai dasar kemudian kami masuk ke dalam, terdapat hasil karya gambar-gambar anak yang dibingkai apik dan dipamerkan disini. Lalu terus ke dalam lagi kami sampai pada loket pendaftaran perpustakaan.


CIKINI JAKARTA
Gedung Perpustakaan Umum DKI Jakarta - Cikini
 
Sebelum masuk perpustakaan, pengunjung harus mengisi buku tamu, menaruh ktp di loket, serta menitipkan barang bawaan di loker. Saya hanya membawa dompet serta handphone ke dalam perpustakaan. Perpustakaan umum terletak di lantai 1 dan perpustakaan anak di lantai 2. Kami naik tangga ke lantai 1, kemudian lanjut naik lift untuk mencapai lantai 2.



PERPUSTAKAAN JAKARTA
Lantai dasar - Pintu masuk perpustakaan


Loker penyimpanan barang bawaan


PERPUSTAKAAN DKI JAKARTA
Lantai I- Perpustakaan Umum

Ruang baca dan rak buku perpustakaan umum


Berhubung kami sampai di perpustakaan sudah pukul 15.00 WIB, jadi kami tidak banyak melihat-lihat maupun sempat membaca buku-buku di bagian perpustakaan umum. Saya hanya mendokumentasikan lokasi dan lanjut naik ke lantai 2 menggunakan lift. Kalau tidak salah ada Nursery Room juga di lantai ini, tetapi Saya tidak mengunjunginya.

Ini dia tempatnya, Gavin langsung heboh semangat bermain. Saya pun melihat-lihat ke kiri dan ke kanan. Di sebelah kiri terdapat area baca, ada rak berisi buku-buku dan meja lebar di lantai. Di depan kami terdapat meja dan bangku-bangku kecil untuk duduk-duduk bersama si buah hati dan di sisi belakangnya terdapat area mainan edukatif yang beralaskan karpet foam. Semua area ini sangat colourful, menyenangkan ya?! Gavin sampai bingung lho, main apa kemana Mi? Tanyanya pada Saya.


DKI JAKARTA
Lantai II - Perpustakaan Anak dan Playground


DKI JAKARTA
Area mainan edukatif

Kemudian kami masuk ke sisi kanan, melewati pintu kaca, takjub deh, luas banget. Di sini adalah area playground untuk anak. Di area playground ini ada mainan edukatif juga di sisi kiri depan ruangan yang diletakkan pada rak-rak. Lalu terdapat permainan mobil-mobilan dan motor listrik, serta otopet/skuter. Masuk terus ke dalam, playground anak-anak yang terdapat mainan seperti ayunan, perosotan, mandi bola dan sebagainya.


Playground anak yang luas


Rak berisi mainan edukatif di area playground


Playground anak dengan berbagai macam permainan


Mobil dan motor listrik



Anak-anak bermain skuter


PERPUSTAKAAN DKI
Go... Gavin.. Go...


Saya tidak sempat membaca bagaimana peraturan untuk peminjaman buku apabila dipinjam keluar perpustakaan, boleh ngganya pun belum tahu ya? Buku-buku anaknya lengkap, dari buku anak balita sampai buku-buku cerita remaja, dari yang berukuran kecil sampai besar. Semua masih bagus. Mainan edukatifnya juga banyak dan macam-macam jenisnya. Nyesel deh sampe sini udah mepet mau tutup. Padahal pingin ajak Gavin mainin semuanya. Saya juga pingin baca-baca buku, tapi ngga cukup waktunya, sibuk lari sana sini ngikutin Gavin yang kegirangan. 

Waktu kami datang pengunjungnya tidak terlalu ramai, mungkin karena masih suasana libur lebaran dan hari sudah sore. Melihat area permainan edukatif, memang disayangkan, banyak mainan yang tercecer tidak dengan padanannya. Diletakkan begitu saja setelah digunakan. Peringatan untuk kembali meletakkan mainan pada tempatnya sudah banyak tertera di sana. Semoga yang akan datang para pengunjung perpustakaan bisa lebih tertib demi menjaga dan merawat fasilitas yang sudah disediakan. Untuk area playground belum disediakan rak sepatu pengunjung, jadi sepatu-sepatu berserakan begitu saja. Tapi Saya yakin pasti ke depannya Perpustakaan DKI akan semakin baik lagi.

Walaupun pada jam layanan perpustakaan tertera dibuka sampai jam 8 malam, nyatanya sampai hari itu perpustakaan masih beroperasi hanya sampai jam 4 sore setiap harinya dan hari Sabtu, Minggu serta hari libur tutup. Wacana yang beredar sih sehabis HUT DKI katanya akan beroperasi sesuai yang tercantum pada brosur, ternyata belum. Alhamdulillah, kesampaian juga kesini, sayangnya ngga dari pagi, dan Gavin pun sempat ngambek karena harus pulang saat masih seru bermain. Sampai jumpa lagi, insya Allah kapan-kapan kami datang lagi ya... Sukes untuk Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta.



PERPUSTAKAAN DKI
Jam layanan perpustakaan sesuai brosur


With love,

@deravee

You Might Also Like

7 comments

  1. waah ratiiih..itu perpus baru?kok ga ngeh pas k planetarium kmrn ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke planetraium kapan taar? Wah padahal sebelahan doank loh. Maret taun ini klo ga salah dibukanya tar, lagi heitz ini

      Delete
  2. Wah, jauh lebih bermanfaat nih.

    Dari pada ke mall

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...nyaman utk anak, nyaman utk org tua juga..gratis lagi hehe

      Delete
  3. Saya setuju dengan ide Mbak Dewi. memperkenalkan tempat edukasi ke anak. meski hanya berkunjung saja.

    ReplyDelete
  4. keren banget ya perpustakaannya, ada ttempat bermain untuk anak-anak juga..

    ReplyDelete

Komen aja nggak papa kok jangan malu-malu. Pilih NAME/URL dan isi dengan URL blog ya, jangan url postingan. Terima kasih temaan....

@deravee

Subscribe