Tip Kreatif Yoris Sebastian

Tuesday, May 19, 2015

(gettyimages.com)

Lagi mati gayaa, lagi jenuh, pas banget ketemu kutipan tulisan praktisi kreatif, Yoris Sebastian... Sekalian di share aja yaa biar bisa berguna buat temen-temen:)

Di buku '101 Creative Notes' Yoris membagi beberapa tip dari pengalaman pribadinya yang membuatnya jarang 'mati angin'. Ini di antaranya!

7 Tip Kreatif dari Yoris Sebastian:

1. Break your routine & change how you do your routine.
Rutinitas adalah salah satu penghambat kreativitas. Jadi lakukan hal yang berbeda setiap hari. Mulai dari cara berpakaian, rute perjalanan ke tempat kerja, sampai menu makan yang bervariasi. Bagi yang bekerja 9 to 5, luangkan waktu istirahat di antara jam kerja. Membaca buku, minum teh atau kopi, atau apa saja sehingga tidak hanya duduk di belakang layar komputer.

2. Learn many others skills & train someone else.
Belajar hal baru atau melakukan suatu aktivitas yang menantang bisa membangkitkan 'gairah' tersendiri dan membuat kita semakin kreatif. Lakukan kegiatan yang selama ini Anda idamkan lalu cobalah mengajarkannya pada orang lain untuk terus memotivasi kita agar terus belajar dan kreatif.

3. Join creativity community & creative habitat.
Bergabunglah dengan komunitas yang sesuai passion kita atau dengan kelompok orang kreatif di lingkungan Anda. Biasanya kita ikut tertular menjdi kreatif nantinya.

4. Work in different areas.
Cobalah sesekali mengganti suasana tempat kerja Anda. Tempat kerja juga berpengaruh pada kretivitas.

5. Record your ideas.
Setiap ada ide baru atau hal menarik di sekitar Anda, usahakan untuk langsung menuliskan atau memotretnya di smartphone Anda. Yoris misalnya, memiliki folder 'Sleeping Ideas' di smartphone-nya.

6. Follow your passion & be creative to make it happen.
Kerjakan sesuatu yang selama ini kita suka dan bisa mengerjakan hal tersebut selama berjam-jam tanpa lelah. Tetapi lakukan passion itu dengan kreatif. Kalau saat ini masih bekerja di kantor, lakukan saat akhir pekan.

7. Write about creative things around you.
Zaman sekarang apa susahnya menulis di media sosial atau membuat blog? Awalnya mungkin hanya sekadar copy paste dari blog yang kita anggap inspiratif. Lama-lama kita bisa berkreasi sendiri asal sering melakukannya.

Bisa dicoba ya Mama. Buat saya kreatif menjadi ibu rumah tangga tentu penting. Kreatif biar ga cepet bosen ya ga, hahaha... Kreatif nyari cara supaya kerjaan rumah tangga bisa selesai lebih cepet, kreatif nyari cara ngatasin anak balita yang masih 'moody' banget, hiks *lah curcol :p

@deravee

Sumber:
101 Creative Notes (buku) - Yoris Sebastian. Praktisi kreatif pemenang International Young Creative Entrepreneur Award 2006 dari British Council, pemenang Asia Pacific Entrepreneur Award 2008 untuk kategori Most Promising Entrepreneur.

You Might Also Like

0 comments

Komen aja nggak papa kok jangan malu-malu. Pilih NAME/URL dan isi dengan URL blog ya, jangan url postingan. Terima kasih temaan....

@deravee

Subscribe