Ide Bermain: Ayo Naik Lift Dirumah

Monday, January 12, 2015

"Gavin aja Mi... sini Mi... berapa Mi..." duh repotnya nanggepin Gavin begitu diajak naik lift, maunya harus dapet bagian untuk mencet tombol lift. Gitu dehh anak-anak...rata-rata semangat banget ya ikut mencetin kalo diajak naik lift:)

Gavin semangat menekan tombol lift

Nah...untuk anak seusia Gavin (3 tahun) atau usia pra sekolah, aktivitas ini tentu menjadi salah satu sarana belajar untuk menghafal angka. Oleh karenanya saya mendapat ide untuk membuatkan Gavin "lift" pribadi di rumah aka "lift" mainan.

"Lift" mainan ini yang saya buat hanya bagian "tombol"nya aja loch.. ;) jadi saya buat semacam tombol lift yang ditempel di samping kanan pintu kamar kami. Model tombolnya lebih mirip susunan kalkulator nampaknya ya, hehe... 

Bahan-bahan yang diperlukan:
- kertas karton
- spidol 
- penggaris
- kain flanel
- lem 

Cara membuatnya:
1. Buat kotak angka dari 1 sampai 9 pada kertas karton persegi, bagian bawah saya buat 3 kotak untuk huruf LG, UG, dan GF, kepanjangan dari low ground, under ground, dan ground floor. 

2. Potong kain flanel membentuk  angka 1-9 dan juga huruf LG, UG, dan GF.

3. Tempelkan flanel angka-angka dan huruf tersebut sesuai posisinya masing-masing pada kertas karton. Bagian atas tombol lift boleh diberi judul sesuka hati:)

Kain karton dipotong persegi dan ditulis angka 1-9

Tombol lift di kondominium Gavin

Cara bermain:
- Bermain imajinasi: jadi dengan adanya tombol lift ini, saya mengajak Gavin untuk menentukan, mau kemana dan di lantai berapa setiap keluar kamar. Biasanya kalau mau keluar kamar, main di ruang tengah atau ke kamar mandi, lalu Gavin akan memencet tombol sesuai imajinasinya, di lantai berapa ruangan tersebut.

- Angka-angkanya serta huruf L, G, dan F sengaja saya tempel dengan kain flanel, agar sambil memencet tombol, saraf sensorik jari meraba dan merasakan alur dari bentuk angka-angkanya/huruf yang ada pada tombol lift #sensory play#

Ayoo sini siapa yang mau main ke kondominium Gavin...silahkan naik lift terlebih dahulu yaa.... :)

Selamat mencoba Mama! @deravee

You Might Also Like

0 comments

Komen aja nggak papa kok jangan malu-malu. Pilih NAME/URL dan isi dengan URL blog ya, jangan url postingan. Terima kasih temaan....

@deravee

Subscribe