Ayo Bermain

Thursday, December 04, 2014

Play is the work of the child – Maria Montessori.

Kenangan Manis Masa Kanak-kanak
Sebelum menjadi orang tua saya tidak menyadari arti pentingnya bermain pada masa kanak-kanak. Yang pasti saya ingat adalah masa kecil saya penuh dengan kenangan manis bermain bersama teman-teman. Main apa saja? wah banyak! Rupa-rupa permainan tradisional atau orang bilang mainan anak kampung! Dari mulai bermain petak umpet, petak jongkok, petak gunung, galasin, bermain ulek-ulekan (mengulek batu bata), main ibu-ibuan dan boneka, bahkan main hujan-hujanan! Jadi kangeeenn masa-masa kecil..

Play is the highest form of research – Albert Einstein.

Menggagas Ide-ide Baru

Alhamdulillah, sekarang saya sudah menjadi orang tua dan memiliki seorang Putra. Saya dapat melihat bagaimana bermain dapat memberikan banyak manfaat bagi seorang anak. Pendapat saya sebagai orang awam manfaat bermain yang saya lihat pada Gavin diantaranya, Gavin menjadi tambah pinter, tambah cerewet, dapat menggagas ide-ide baru untuk permainannya, kreatif, imajinatif, terampil, sehat dan senang tentunya.
 
GettyImages 
Ilustrasi

Berikut beberapa pendapat para ahli tentang bermain: 
"Bermain dapat membangun intelegensi anak, imajinasi, kemampuan motorik, interkasi sosial, dan perkembangan emosi" - Dra. Ratih Ibrahim MM, Psi. Psikolog Klinis dan Perkembangan.

"Selain menyenangkan, bermain memiliki berbagai manfaat untuk perkembangan anak, baik dalam aspek fisik-motorik, kognitif, maupun sosial-emosional" - Dra. Mayke, dosen psikologi Universitas Indonesia.

"Bermain merupakan sarana yang baik untuk mengembangkan fungsi kognitif, afektif, serta psikomotorik anak" - DR. Seto Mulyadi, Komisi Nasional Perlindungan Anak.

Tantangan saya seperti juga Mama dan Papa kini adalah bagaimana agar anak tidak terus bermain gadget. Maka supaya kegiatan bermain Gavin di rumah dapat bervariasi, saya mencari-cari inspirasi melalui sosial media instagram. Pada tulisan-tulisan berikutnya saya ingin mencoba berbagi kegiatan bermain yang saya lakukan bersama Gavin, semoga dapat bermanfaat bagi Mama dan Papa. @deravee

Sumber informasi: 
http://www.oneperfectdayblog.net/2013/02/21/quotes-about-the-importance-of-play/
http://yokimirantiyo.blogspot.com/2012/12/alasan-anak-perlu-bermain.html
https://belajarkesehatan.wordpress.com/2009/05/01/dalam-bermain-anak-belajar/ 

You Might Also Like

4 comments

  1. kunjungan pertama..salam kenal ya mak :)

    ReplyDelete
  2. bermain adl hal yg menyenangkn buat anak2,menyediakan mainan edukatif tentu lbh baik ya mak?salam kenal mak...^_^

    ReplyDelete
  3. salam kenal mak... saya dulu suka engklekk mak haha

    ReplyDelete
  4. @mak enny:salam kenal..makasih yah:D @mak aira:iya setuju mak.@mak agustian:wah aq ga nyobain main engklek huhu

    ReplyDelete

Komen aja nggak papa kok jangan malu-malu. Pilih NAME/URL dan isi dengan URL blog ya, jangan url postingan. Terima kasih temaan....

@deravee

Subscribe